Kenalan Dengan Job Class Terbaru Bravely Second End Layer, Cat User dan Exorcist

Bravely-Second-End-Layer-6

Square Enix menyebutkan jika subtitle “End Layer” untuk Bravely Second berhubungan dengan kelanjutan kisah serial Bravely, meskipun sejauh ini kami belum mendapatkan kejelasan apa maksudnya. Namun Bravely Second End Layer, RPG yang dikembangkan oleh Silicon Studio dan dikonfirmasikan September 2013 lalu ini tetap on-track dirilis untuk Nintendo 3DS pada 23 April 2015 mendatang. Jika sebelumnya kami informasikan apa yang bisa kalian dapatkan sebagai pemain awal game tersebut nantinya (dengan sedikit usaha menyimpan data save Bravely Default versi Jepang, tentunya), kami bakal ulas Asterisk Holder dengan beberapa job baru yang sudah dikonfirmasikan melengkapi petualangan kalian. Dimulai dengan Cat User dan Exorcist.

Baca: Pengen Kostum Gratisan Untuk Bravely Second End Layer? Siapkan Data Save Bravely Default!

Minette Goroneze

Bravely-Second-End-Layer-19

Minette Goroneze (disuarakan oleh Misaki Kuno) merupakan Asterisk Holder dan juga mewakili job class “Cat User,” yang memiliki spesialisasi serangan jarak dekat dan bersenjatakan kapak. Gadis 17 tahun dari imperial soldier yang menyebut dirinya “King of Cats” ini memiliki beberapa ability class yang juga sudah diketahui. Seperti Cat High Arts, sepertinya serangan terbaiknya, butuh dua item untuk men-summon sepasang kucing yang melancarkan gerakan yang kuat. Serangan ini digunakan untuk meningkatkan BP party sejumlah 1. Kucing yang muncul bergantung item yang digunakan, dan item yang digunakan hanya bisa didapatkan melalui side-quest membangun kembali rumah Magnolia di bulan.

Bravely-Second-End-Layer-12

Bravely-Second-End-Layer-11

Selain serangan terkuatnya itu, ada juga beberapa gerakan standar Cat Arts, diantaranya “Consume,” “Slugger,” “White Window,” dan “Book Burning,” yang hanya membutuhkan satu item untuk dilakukan oleh kucing yang di-summon. Cat User juga bisa membuat semua musuh tertidur dengan ability Nenneko, meningkatkan pertahan fisik dan sihir melalui Lie Down, serta ability Dig yang belum dijelaskan seperti apa eksekusinya (masuk ke dalam tanah?). Yah, setidaknya cat girl-nya Square Enix ini lebih keren lah desainnya dibandingkan cat girl-nya Bandai Namco dalam Tekken 7 [Baca: Seekor..eh..Seorang Cat Girl Jadi Petarung Baru di Tekken 7!].

Kalian bisa belihat aksi Cat Girl tersebut melalui video di bawah ini:

Kenalan Dengan Job Class Terbaru Bravely Second End Layer, Cat User dan Exorcist

Satunya menyerang dengan kucing, yang lain mampu mengembalikan waktu...

Abaikan

Geist

Bravely-Second-End-Layer-15

Asterisk Holder baru bernama Geist ini adalah seorang Exorcist (disuarakan Takumi Yamazaki). Job class ini memiliki ability spesial untuk “membangkitkan apa yang sudah hilang,” atau mudahnya, mengembalikan waktu. Job command-nya mewakili jelas kemampuan tersebut, seperti “Undo,” yang bisa meng-cancel damage yang bakal diderita karakter, sekaligus juga memulihkan HP, MP, dan BP hingga tiga giliran sebelum damage yang dimaksudkan tadi terjadi — jadi job ini lebih dari sekadar pemulih health nih!

Bravely-Second-End-Layer-14

Bravely-Second-End-Layer-17

Ability-nya juga bisa diterapkan ke musuh, sehingga jika mereka berusaha memulihkan dirinya sendiri, kalian cukup meng-undo musuh tersbut, dan memulihkan lagi damage yang sudah kalian berikan ke mereka. Untuk mengeluarkan skill Undo tersebut tidak banyak, sehingga kalian tidak perlu kuatir berniat menyimpannya untuk keadaan krusial. Masih ada ability lainnya dari job ini, namun belum diungkapkan oleh Square Enix.


SHARE
Previous articleAngkatan Darat Jepang Bikin Patung Salju Star Wars Raksasa!
Next articleValentine Day Kali Ini Bakalan ‘Basah’ Duluan
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.