Peramal, Orang Indigo Hingga Tukang Kue! Job Terbaru Bravely Second Ini Makin Aneh Saja!

Bravely-Second-End-Layer-30

Square Enix menyebutkan jika subtitle “End Layer” untuk Bravely Second berhubungan dengan kelanjutan kisah serial Bravely, meskipun sejauh ini kami belum mendapatkan kejelasan apa maksudnya. Namun Bravely Second End Layer, RPG yang dikembangkan oleh Silicon Studio dan dikonfirmasikan September 2013 lalu ini tetap on-track dirilis untuk Nintendo 3DS pada 23 April 2015 mendatang. Jika sebelumnya kami informasikan apa yang bisa kalian dapatkan sebagai pemain awal game tersebut nantinya (dengan sedikit usaha menyimpan data save Bravely Default versi Jepang, tentunya), kami bakal ulas Asterisk Holder dengan beberapa job baru yang sudah dikonfirmasikan melengkapi petualangan kalian. Setelah Cat User dan Exorcist, berikut Astrologer, Tomahawk dan Pastry Chef.

Baca: Pengen Kostum Gratisan Untuk Bravely Second End Layer? Siapkan Data Save Bravely Default!


Mysterious Elder

Bravely-Second-End-Layer-28

Mysterious Elder merupakan Asterisk Holder dan juga mewakili job class baru, Astrologer. Dia digambarkan sebagai seorang peramal dengan badan berukuran besar yang sangat fokus selama dia bekerja. Begitu dia terbenam di dalam proses meramal, tidak ada yang bisa mengalihkan perhatiannya.

Bravely-Second-End-Layer-29

Para Astrologer dibekali dengan banyak ability buff, seperti untuk meningkatkan serangan, pertahanan, serta yang mampu meningkatkan ketahanan atas elemen tertentu. Mereka juga mampu membantu untuk meningkatkan rasio suksesnya ability yang berbasis kesempatan, sekaligus juga membuat job ini sangat efektif untuk mendukung karakter seperti Tomahawk selama pertarungan.


Amy Matchlock

Bravely-Second-End-Layer-24

Amy Matchlock merupakan Asterisk Holder dan juga mewakili job class baru, Tomahawk. Wanita yang tinggal di tengah suku yang tinggal di kedalaman hutan Flowell dan sangat jarang populasinya. Suku tersebut memiliki keunikan tersendiri, yaitu berkomunikasi dengan roh mereka yang sudah meninggal. Dia menggunakan senjata pistol yang bentuknya klaisk, serta memiliki tombak di ujungnya, yang biasanya memang digunakan oleh para guardian suku tersebut. Jika kalian mencari job class fokus untuk menyerang, maka Tomahawk ini menjadi satu pilihan baru yang tepat. Serangannya banyak menggunakan pistol, dan ada yang menggunakan seluruh kemampuannya, kemudian Tomahawk juga memiliki beragam skill pendukung.

Bravely-Second-End-Layer-26


Angelo W. Panettone

Bravely-Second-End-Layer-25

Angelo W. Panettone merupakan Asterisk Holder dan juga mewakili job class baru, Pastry Chef. Namanya cukup menjelaskan seperti apa job unik ini. Dia dikenal karena kelihaiannya membuat kue, yang rasa manisnya mampu mempesona hati banyak wanita.

Bravely-Second-End-Layer-27

Pastry Chef memiliki Command khusus Confection. Namun keseluruhan dia memiliki banyak ability yang mampu menimbulkan efek status merugikan, seperti poison, paralysis, dan silence kepada musuh, sekaligus juga mampi men-debuff status mereka, membuat job yang satu ini efektif diposisikan sebagai support selama pertarungan.

Ability Pastry berada seputar pada membuat snack, seperti ability Patisserie yang memungkinkannya menggunakan bahan yang ada untuk membuat kue. Kue ini beragam jenis dan efeknya, seperti Poison Cake, Blind Cake, dan bahkan juga ada Fire Cake, yang bisa menyerang langsung pada titik lemah musuh. Selain itu Pastry Chef juga memiliki ability berguna lainnya, seperti yang membantu kalian mengambil item, dan lainnya untuk memilih anggota party mana yang harusnya lebih sering diserang — cocok diarahkan ke mereka yang memiliki pertahananan tinggi, atau karakter dengan ability counter. Keseluruhan ability mereka ini bervari, dan lebih bersifat teknis, serta ada yang berfungsi mem-buff dan debuff.

Charm Cake yang terlihat di atas melalui screenshot digunakan untuk memberikan efek charm pada semua musuh, sedangkan Pie Meteor secara random memilih target dan menurunkan status musuh dengan terus menerus melemparkan pie ke arah mereka — baru ada kali ini makanan semanis pie bisa menurunkan status.

Baca: 9 Fakta Terbaru Bravely Second yang Perlu Kalian Ketahui


SHARE
Previous articleSubhanallah, Petarung Arab Ganteng Ini Tega Banget Hajar Bapak-Anak di Arena Tekken 7!
Next article10 Alasan Kenapa Seorang Gamer Layak Jadi Pacar Idaman!
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.