Joker Akhirnya Muncul Di Serial TV Gotham?

Tahu serial TV Gotham? Serial yang tayang di Fox ini mengisahkan tentang petualangan James Gordon muda, sebelum dia menjadi komisaris, di kota Gotham yang tanpa Batman. Sejauh ini Gotham sudah diisi oleh versi muda dari karakter seperti Riddler, Catwoman, Poison Ivy, hingga Penguin, yang tampil sebelum tubuhnya membengkak. [Baca: Beberapa Foto Shooting Gotham, Serial Kehidupan Gotham Sebelum Kemunculan The Dark Knight]

gotham1

Nah, sepertinya akan ada versi muda dari penjahat ikonik Batman lagi sebelum season 1 serial ini berakhir. Dalam preview episode selanjutnya, yang kira-kira akan tayang pekan depan, kamu bisa melihat Gordon menginterogasi seseorang yang… cukup familiar. Rambut pirang kecokelatannya terlihat agak kehijauan karena efek kamera, kulitnya pucat, dan dia tertawa aneh.

Joker Akhirnya Muncul Di Serial TV Gotham?

Dalam preview, terlihat sosok yang mirip dia! Apakah keputusan ini tepat?

Abaikan

Ya, tampaknya Joker datang lebih awal ke Gotham. Sebelumnya, Executive Producer serial ini, Bruno Heller, memang menjanjikan Joker akan datang di season satu. Sekarang pun beliau menegaskan lewat wawancara yang disajikan Hollywood Reporter kalau ini bukan tipuan, dan episode mendatang memang akan menjadi awal plotline Joker di Gotham ini.

Apa ini keputusan yang tepat? Penulis sendiri merasa sebenarnya tidak, ini bukan keputusan yang tepat. Rasanya tim Gotham terlalu cepat mengeluarkan Joker. Memang, dalam serial Batman terbaru (Batman: Endgame) ada petunjuk kalau Joker sebenarnya memiliki kemampuan regeneratif dan sudah hidup sejak ratusan tahun lalu. Tapi keberadaan Joker biasanya identik dengan Batman. Bahkan dalam origin versi New 52 pun Joker tetap tak menunjukkan aktivitas publik hingga Batman tampil terlebih dahulu. Dan memang, interaksi antara Batman dan Joker-lah alasan utama mereka menjadi pasangan hero-villain paling terkenal di DC, mungkin melebihi Superman-Lex Luthor. Agak aneh bila Joker muncul saat Bruce Wayne masih kecil.

Dengan memunculkan Joker terlalu awal, ada kesan kalau Fox hanya ingin memancing fanboy cepat-cepat demi rating, tanpa memikirkan konsekuensinya di masa depan. Memang, ada kemungkinan kalau Joker di serial ini dapat ditampilkan dengan sangat baik, seperti Penguin muda yang berhasil menarik perhatian berkat akting Robin Lord Taylor.

Tapi setidaknya, dari artikel Hollywood Reporter ada hint kalau Monaghan tidak akan tiba-tiba menjadi Joker. Heller menjanjikan sebuah “long game,” yang bisa diinterpretasikan kalau si “Joker” ini bisa menjadi salah satu karakter utama Gotham sebelum motivasinya jelas. Seperti yang biasa dilakukan untuk event seperti ini, kita harus terlebih dahulu melihat eksekusinya sebelum menyimpulkan.


SHARE
Previous articleHoi Mblo, Game Ini Bisa Bikin Kamu Punya Pacar di Hari Valentine Lho!
Next articleTukeran Coklat Udah Biasa, Valentine’s Day Bersama Dragon Nest INA Baru Luar Biasa!
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.