Kategori Baru di App Store Ini Hanya Berisi Game Tanpa iAP!

Apple

Lagi asyik memainkan sebuah game mobile, eh tiba-tiba di pertengahan permainan kita harus membayar sekian rupiah lagi untuk membuka level selanjutnya. Padahal kamu sudah membayar sekian rupiah untuk membeli game tersebut. Merasa sering tertipu seperti itu? Tenang saja, karena Apple kini menyiapkan satu kategori baru untuk iTunes App Store yang akan membedakan mana game yang hanya membutuhkan satu kali pembayaran dengan game yang berbayar sekaligus mengimplementasikan in app purchase di dalamnya.

Sebenarnya, iTunes App Store sudah memberitahukan kepada kita mana game yang memiliki in app purchase dengan mana yang tidak melalui daftar in app purchase yang ada di halaman setiap aplikasi. Namun, rupanya daftar tersebut masih sering dilewatkan oleh orang, dan Apple ingin lebih memperjelas kategorisasi tersebut. Dengan kategori baru dari Apple yang disebut dengan Pay Once & Play ini, kamu bisa melihat game dan aplikasi apa saja yang hanya membutuhkan satu kali pembayaran dan tanpa ada in app purchase satupun di dalamnya.

Kategori baru iTunes

Sampai artikel ini ditulis, kategorisasi baru ini sudah diimplementasikan di App Store Inggris dan dalam waktu dekat akan diimplementasikan ke App Store di negara lainnya. Kebijakan baru ini mengikuti kebijakan Apple sebelumnya yang menghilangkan label free dan menggantikannya dengan microtransaction untuk game dan aplikasi yang freemium (gratis, tapi ada in app purchase-nya). Hal yang sama juga sudah dilakukan oleh Google Play Store yang memberikan label tambahan untuk menandai aplikasi dan game gratis yang menawarkan in app purchase.

Minggu kedua Februari ini Apple rupanya rajin dalam memberikan kebijakan baru di iTunes App Store. Sebelumnya seperti yang diberitakan beberapa hari lalu, Apple mulai menolak aplikasi dan game yang menggunakan ikon dan screenshot bernuansa kekerasan dan senjata. [Baca: Apple Mulai Tolak Ikon dan Screenshot Game yang Berunsur Kekerasan]


SHARE
Previous articleDalam Bravely Second End Layer, Kalian Harus Meraba Agnes Kalau Mau Selesaikan Game
Next articleIni Lho Para NPC dan Job Class Bravely Default yang Kembali Dalam Bravely Second End Layer!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.