Subhanallah, Jepang Mulai Manga-nisasi Al-Quran!!

Al-quran diadaptasi menjadi manga. Bagaimana hasilnya?

Penerbit East Press pada hari Minggu, 15 Februari 2015 merilis manga terbaru dari serial Manga de Dokuha. Biasanya seri Manga de Dokuha ini menerbitkan versi manga dari karya-karya literatur dunia yang terkadang juga merupakan karya kontroversial. Misalnya saja manga yang telah terbit antara lain merupakan adaptasi dari novel komunis Kanikōsen, Das Kapital karya Karl Marx, hingga Mein Kampf karya Adolf Hitler.

judul manga al-quran dari jepang

Namun kali ini Manga de Dokuha merilis manga yang merupakan adaptasi dari… Al-quran. Al-quran versi manga iniberjudul Manga de Dokuha: Quran, manga ini berisi adaptasi Al-quran yang susun oleh Team Bakimasu.

varian judul al-quran versi manga

Jika dilihat dengan mengubah pewarnaan bayangan di cover, akan terlihat jelas karakter-karakter di manga ini, antara lain seorang laki-laki tua, sesosok jin, dan nuansa padang pasir.

Pada situs resminya, East Press memberi penjelasan antara lain:

Al-Qur’an adalah pondasi dari kehidupan dan ideologi beragama bagi para pemeluk agama Islam. Nama Islam sering terdengar di berbagai berita, namun karena masyarakat Jepang tidak begitu mengenal Islam, gambaran yang salah atau dikaitkan dengan terorisme menjadi hal yang biasanya ada di benak masyarakat. Jadi apa sebenarnya yang diajarkan dalam Islam? Apa yang ada di pikiran umat Muslim? Untuk lebih mengerti tentang komunitas modern Islam, mari coba menelaah sumber ajaran Islam yaitu Al-quran dimana semua hal tentang Islam tertulis.

Manga ini akan bercerita tentang percakapan seorang laki-laki tua dengan sesosok tokoh jin yang mendampinginya. Laki-laki tersebut ceritanya sedang dalam perjalanan menuju Mekah. Percakapan tersebut sendiri akan membahas tentang ajaran Islam dalam Al-quran serta bagaimana proses kemunculan Al-quran tersebut.

Isi manga Al-Quran Jepang Isi Manga Al-Quran Jepang Halaman 2 isi konten manga al-quran

manga alquran (4)

Tentunya bagi kita umat Muslim mengharapkan agar Al-quran versi manga ini tidak melanggar kaidah Islam dan juga dapat membantu masyarakat Jepang yang awam tentang agama Islam untuk bisa lebih mengenal tentang kaum Muslim. Mengingat saat ini kaum Muslim sedang jadi sorotan Jepang setelah insiden penculikan dan eksekusi warga Jepang oleh kelompok ekstrimis ISIS.

Seri Manga de Dokuha pertama kali terbit pada tahun 2007. Manga pertamanya adalah adaptasi buku Ningen Shikaku karya Dazai Osamu. Sementara manga adaptasi Al-quran ini merupakan manga ke-133 dalam seri ini.

sumberEast Press