Fitur Final Fantasy XV Seperti Tales dan Monster Hunter! Semoga Inilah Final Fantasy Terbaik!

Dan semoga hasilnya sesuai ekspetasi… awas kalau PHP lagi lho Square Enix! *ngancem*

Sebagai game open-world, dunia Final Fantasy XV sangat luas... area Duscae sendiri digambarkan sebagai daratan, yang juga dihiasi bukit dan pegunungan. Berlari-lari di area yang luas pasti melelahkan bukan?

Sebagai game open-world, dunia Final Fantasy XV sangat luas… area Duscae sendiri digambarkan sebagai daratan, yang juga dihiasi bukit dan pegunungan. Berlari-lari di area yang luas pasti melelahkan bukan?

Ini yang membuat kami maklum, kenapa semua karakter kalian pria, yang berpotensi sangat cocok menjadi chef ganteng yang handal gak cuma di medan perang, namun juga di dapur (pria idaman wanita, jelas!). Karakter kalian memiliki Cooking Level-nya sendiri (hmm, jadi mengingatkan kami pada serial Tales nih, Square Enix!). Dan bergantung pada seberapa tinggi level memasak karakter, mungkin dalam hal ini hanya Ignis saja yang memiliki level tersebut (atau level tersebut terdistribusi ke semua karakter), mereka bisa membuat menu yang lebih sehat dan sempurna. Misalnya, mereka bisa menggunakan bahan seperti “Gighee ham” dan “Aepyornis eggs” untuk membuat menu “Fuwatoro Eggs on Toast.”

Bahan-bahan tersebut didapatkan dari bertarung dengan musuh, atau membelinya di kota (kalau ini, pengumpulan bahan dari membunuh musuh, mengingatkan kami pada Monster Hunter). Dengan makan, karakter bisa memperkuat statusnya.

Namun lelah kalian dijamin bakal terobati kalau sudah bertemu dengan Cid... eh, Cidney di SPBU... sebagai mekanik terbaik, pelayanannya pada kendaraan yang dipakai karakter Pasti Pas!

Namun lelah kalian dijamin bakal terobati kalau sudah bertemu dengan Cid… eh, Cidney di SPBU… sebagai mekanik terbaik, pelayanannya pada kendaraan yang dipakai karakter Pasti Pas!

Masih berhubungan dengan memulihkan stamina karakter, hal itu tidak hanya bisa dilakukan dengan berkemah saja. Kalian masih bisa tidur di penginapan, seperti tipikal RPG lainnya. Kemudian karakter bisa mengunjungi SPBU alias gas station, yang sepertinya buka 24 jam (dan mungkin juga berlogo “PASTI PAS”), karena tempat tersebut akan terus menerima karakter meskipun malam tiba. Bisa jadi penginapan sepaket dengan gas station ini, dan Cidney atau Cindy yang dipastikan kalian temui selama demo Final Fantasy XV Episode Duscae juga berada di sana (lihat trailer di halaman pertama). Oh ya, Square Enix lebih merekomendasikan penginapan, karena musuh menjadi lebih beringas saat malam tiba. [Baca: Sambut Cid Wanita Pertama, Mari Kita Tengok Para Cid dari Berbagai Final Fantasy].

Gua seperti ini banyak ditemui sepanjang permainan... Dan Noctis, karakter kalian di atas, sudah siap sedia senter untuk membantu menerangi isi gua... siapa tahu, nemu harta karun di sana!

Gua seperti ini banyak ditemui sepanjang permainan… Dan Noctis, karakter kalian di atas, sudah siap sedia senter untuk membantu menerangi isi gua… siapa tahu, nemu harta karun di sana… atau justru, Behemoth!

Selain daratan yang kami lihat berulang kali melalui trailer Square Enix, area Duscae juga memiliki bagian pegunungan dipenuhi dengan pepohonan rindang. Dan mengukuhkannya sebagai game open-world, jika kalian nganggur, menyusuri setiap sisi bukit dan pegunungan, bisa saja kalian menemukan gua berisi harta karun tersembunyi, hingga musuh yang lebih kuat dari yang biasa ditemui di luar.

Baca: Square Enix Emang Jago PHP, Demo Final Fantasy XV Buang Opsi Nyetir Mobil Mewah!

Ini monster legendaris lho... dan biasanya ditempatkan di akhir area Final Fantasy klasik... seperti selalu nongol di tiap langkah kalian ketika berada di area terakhir (Lunar Subterrance) selama memainkan Final Fantasy IV... inget gak kalian dongkolnya ketika ketemu om Behemoth ini? Kali ini bahkan dia berkeliaran di awal-awal permainan lho! mentang-mentang game open-world, musuh kuat pun bebas ditempatkan dimana aja oleh Square Enix!

Ini monster legendaris lho… dan biasanya ditempatkan di akhir area Final Fantasy klasik… seperti selalu nongol di tiap langkah kalian ketika berada di area terakhir (Lunar Subterrance) selama memainkan Final Fantasy IV… inget gak kalian dongkolnya ketika ketemu om Behemoth ini? Kali ini bahkan dia berkeliaran di awal-awal permainan! Mentang-mentang game open-world, musuh kuat pun bebas ditempatkan dimana aja oleh Square Enix!

Sebelumnya Square Enix juga menunjukkan jika kalian terkadang bakal bertemu monster kuat Behemoth selama berjalan di atas area Duscae (buka tautan “Square Jago PHP di atas). Jika kalian bernyali dan ga mau sekadar ngeles saja, ajak monster legendaris Final Fantasy tersebut. Namun Square Enix mewanti-wanti, agar kalian menyiapkan diri dengan baik. Menantangnya saat status karakter masih cupu, dengan mudah kulit cantik mereka tergores parah lho… dan kalian pasti ga mau itu terjadi. Namun syukurlah, Square Enix punya fitur Final Fantasy XV yang baru, dimana rekan pria kalian yang sering menghabiskan waktu tidur bersama tadi bisa menyelamatkan karakter yang sekarat, atau bahkan HP-nya sudah habis. Belum dijelaskan apa maksud menyelamatkan ini. Apakah mereka teleport mendekat terus kabur begitu saja seperti yang dijelaskan dalam artikel ini, atau ada mekanis lainnya.

Final-Fantasy-XV-7

Area Duacae juga memiliki bagian pegunungan yang ditumbuhi banyak pohon seperti ini… kalian harus jeli melihat ke semua sudutnya, siapa tahu nemu gua… nemu harta… atau nemu malapetaka (musuh kuat!)

Final-Fantasy-XV-11

Eh, ternyata Pertamina buka cabang di dunia Final Fantasy XV… SPBU banyak kalian temui di sepanjang permainan… Dan sepertinya hanya satu saja yang dihuni Cidney… namun semuanya menjadi lokasi yang baik ketika karakter mencari tempat yang aman selama mengukur daratan Duscae.

Masih ada waktu sebulan sebelum Final Fantasy Type-0 HD, dan kami tidak sabar memainkan demo ini. Semoga saja, hasil akhirnya sesuai dengan ekspetasi, dan ini bukanlah akhir dari Final Fantasy.

TENTANG PENULIS
Doni

Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.