Bikin Game dengan Unreal Engine 4, dan Dapatkan Pendanaan hingga Rp 600 Juta!

unreal engine logo

Ada banyak cara mendapatkan dana guna mewujudkan proyek game yang selama ini diimpikan, mulai dari menggandeng investor hingga sistem “patungan” dalam crowdfunding. Nah, kali ini Epic Games, developer dari Unreal Engine 4 memberikan tawaran dana yang cukup menggiurkan. Mereka menyiapkan total US $5 Juta atau sekitar Rp 60 Miliar bagi developer yang ingin mengembangkan game menggunakan Unreal Engine 4 lewat program Unreal Dev Grants!

Tentu tidak semuanya diberikan kepada satu developer. Nantinya, setiap developer akan mendapatkan dana dengan jumlah yang beragam, mulai dari US $5000 (sekitar Rp 60 juta) hingga US $50.000 (atau sekitar Rp 600 juta). Dana ini nantinya bisa digunakan developer untuk membantu mereka merealisasikan proyek game yang mereka kembangkan hingga akhirnya bisa dinikmati oleh para konsumen.

Tekken 7
Tekken 7, salah satu game yang dikembangkan dengan Unreal Engine 4

Funding yang kecil untuk sebuah proyek bisa membuat perbedaan antara sukses dan gagal,” ungka founder dari Epic Games, Tim Sweeney seperti dikutip dari Gamasutra. “Dana ini bisa digunakan oleh developer sesuka mereka,” lanjutnya.

Yang menarik, Epic Games tidak meminta kompensasi apa-apa dari developer yang menerima funding ini! “Terdapat banyak sumber pendanaan di industri game, tetapi banyak dari mereka yang memiliki syarat mengikat. Jadi, kami ingin memberikan sesuatu yang ringan, yang bisa membantu developer, kami dan juga komunitas,” ungkapnya lebih lanjut.

Tertarik untuk mengikuti program Unreal Dev Grants ini? Yang perlu kamu lakukan hanyalah membuat sebuah prototype playable dengan menggunakan Unreal Engine 4. Selanjutnya, buat sebuah video dari prototype tersebut, dan berikan deskripsi singkat plus beberapa aset yang menunjukkan kerennya prototype buatanmu. Video yang sudah dibuat selanjutnya harus kamu kirimkan ke unrealdevgrants@epicgames.com.

tech demo unreal engine 4
Salah satu screenshot tech demo dari Unreal Engine 4

Siapa saja bisa mengikuti program ini, termasuk yang saat ini masih berkampanye di Kickstarter, IndieGogo atau Steam Greenlight sekalipun. Nantinya, semua prototype yang masuk akan dinilai oleh sebuah tim kecil dari Epic Games, dan selanjutnya prototype yang terpilih akan langsung mendapatkan pendanaan tersebut. Belum punya Unreal Engine 4? Kamu bisa mendapatkannya secara berlangganan dengan biaya US $19 atau sekitar Rp 230.000 per bulannya, plus 5% dari pendapatanmu setelah game-nya jadi dan dirilis di pasaran.

Tertarik?

[Sumber: Gamasutra]


SHARE
Previous articleForsaken World, Satu Lagi Game Online yang Ditutup Layanannya
Next articleIni Harapan Industri Game Indonesia untuk Badan Ekonomi Kreatif
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.