Sistem Baru Disgaea 5 Membuat Karakter Bertubuh Chubby Menjadi Tidak Menarik

Disgaea-5-4

Lama dinanti, Disgaea 5 Alliance of Vengeance dikonfirmasikan Nippon Ichi Software awal September 2014 lalu selama konferensi pers Sony Computer Entertainment Japan Asia. Seri kelima strategy RPG ini akan dirilis eksklusif untuk PlayStation 4 26 Maret 2015 mendatang, dan versi Amerika Utara juga disebutkan tidak perlu menunggu lama, karena bakal dirilis di tahun 2015 ini juga, atau setidaknya akhir tahun ini. Versi translasinya tersebut belum dipastikan tanggalnya, yang jelas akhir tahun 2015 mendatang.

Disgaea-5-22

Disgaea 5 ditangani langsung oleh sang presiden Nippon Ichi Software, Sohei Niikawa. Namun untuk menjaga ciri khas serial Disgaea, desainer karakternya tetap dipegang Takehito Harada, dan komposernya juga masih Tenpei Sato. Dengan sutradara yang baru, maka kita bisa berharap ada sesuatu yang baru. Apa yang sudah terungkap, tidak seperti game sebelumnya, maka di sini kalian bisa berkelana menyusuri beberapa setting Netherworld berbeda dengan tujuan untuk menjatuhkan Overlord dan juga mengajak pemimpin dari dunia yang berbeda untuk bergabung dalam melawan Void Dark.

Disgaea-5-23

Kemudian sistem gameplay-nya akan berbeda dari serial Disgaea sebelumnya. Seperti jumlah musuh yang muncul pada satu layar selama pertarungan bisa mencapai 100 (10 diantaranya party karaktermu). Bandingkan saja dengan 10 karakter yang bisa nampang dalam satu layar untuk seri Disgaea PlayStation 3. Hal itu jelas bisa dicapai berkat kekuatan prosesor PS4 yang meningkat pesat dibanding konsol sebelumnya. Dan bukan hanya jumlah musuh dalam satu pertarungan, damage yang mampu dihasilkan sebuah serangan pun sudah pasti, jauh melampaui 9,000!!

Kenali Tiga Musuh Utama Disgaea 5

Disgaea 5 Alliance of Vengeance definitely over 9,000!
Baca Juga

Sistem Squad


Disgaea-5-14

Berhubungan dengan banyaknya unit yang muncul dalam satu pertarungan tersebut, developer menerapkan Squad System. Dengan sistem ini, kalian bisa menugasi satu karakter sebagai pemimpin sebuah pasukan yang tipenya bisa berbeda-beda, tergantung pada pilihanmu, dan hal itu mempengaruhi anggota pasukan dengan beragam perk. Pada ulasan sebelumnya kami menuliskan jika salah satu musuh utama, Majorita bisa menghabisi musuh, dan menjadikannya bawahanmu. Karakter kalian juga memiliki bawahannya sendiri selama bertarung.

Disgaea-5-17

Misalnya dalam sebuah “Rookie Squad,” bawahan karakter bakal mendapatkan sedikit tambahan experience yang dinilai berdasarkan seberapa aktif karakter atau atasannya yang menjadi pemimpin pasukan beraksi selama pertarungan. Kemudian dalam “Foot Soldier Squad,” status pasukan di-boost bergantung pada berapa banyak karakter yang menjadi bagian dari pasukan tersebut. Dan karena ini sebuah Disgaea, maka jangan heran jika ada jenis pasukan seperti “Flat Squad.” Sesuai namanya, yang rata atau mugil badannya bakal diuntungkan disini. Khususnya karakter wanita yang tidak termasuk kategori montok, bakal mendapatkan tambahan status.

Disgaea-5-20

Disgaea-5-15

Squad juga bisa naik level dengan menawan musuh selama pertarungan. Hal itu hanya bisa dilakukan dengan skill yang tepat, dan terkadang tawanan bisa didapatkan begitu saja sebagai reward setelah bertarung. Musuh yang tertangkap kemudian bisa dijadikan bagian Squad, sebagai cadangan, sekaligus memperkuat barisan pasukan, dan itu yang mempengaruhi naiknya level Squad. Unit musuh yang ditawan tadi, bisa saja dibiarkan begitu saja untuk berkontribusi menaikkan level pasukan. Namun yang lebih penting, kalian bisa mempengaruhinya agar bisa bekerjasama, karena itu bisa memberi dukungan lebih selama proses menaikkan level. Naiknya level pasukan memberi beberapa keuntungan lain, seperti kalian bisa membagi experience point antara peminpin dan bawahan, sekaligus juga unit pasukan dan perk yang meningkat.

Disgaea-5-16

Selama bertarung, Squad bisa melancarkan Squad Skill, jenis kemampuan dimana semua unit yang masuk menjadi satu Squad menyerang Squad musuh bersamaan. Hal itu sekaligus melukai semua unit dalam Squad musuh, sangat efektif daripada kalian menyerang unit mereka satu-per-satu menggunakan serangan standar. Squad Skill juga meningkat kekuatannya seiring makin banyak musuh yang ditangkap dan menjadi backup, serta juga makin kuat seiring setiap unit yang menjadi anggotanya makin menguat.

Disgaea-5-18


Sistem Double Magichange


Disgaea-5-19

Magichange yang diperkenalkan mulai dalam Disgaea 3, di sini juga mendapatkan pembaruan. Kini disebut sebagai Double Magichange, yang memungkinkan karakter melakukan Magichange dua kali pada monster, khususnya untuk menempa senjata yang besar, membuat senjata tersebut menjadi lebih kuat. Bukan sekadar senjata tersebut berubah bentuknya bergantung pada monster yang menjadi dasar untuk merubah menggunakan Double Magichange, namun skill Magichange karakter juga menjadi lebih ampuh.

Disgaea-5-21 Disgaea-5-24


SHARE
Previous articleSquare Enix Tawarkan Tiga IP Klasik Eidos Kepada Para Developer Indie!
Next articleInternet Cafe Tradisional di Jepang Ini Bakal Bikin Kamu Nggak Mau Pulang ke Rumah!
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.