Meme Lion Air Jadi Pelampisan Kekesalan Netizen

“Maskapai saya paling buruk di dunia, tapi Anda tak punya pilihan!”

Luar biasa hebat Rusdi Kirana, sosok pemilik Lion Who Makes People Fly ini. Ketika begitu banyak penumpang yang kecewa akibat delay belasan jam kemarin, anggota Dewan Pertimbangan Presiden Republik Indonesia (Wantimpres) ini berani membuat pernyataan yang GREGET!

Kepada [outbound_link text=”Intisari Online” link=”http://intisari-online.com/read/rusdi-kirana-di-balik-lion-air-3-maskapai-saya-paling-buruk-di-dunia-tapi-anda-tak-punya-pilihan”], Rusdi menyatakan:

“Airlines saya adalah yang terburuk di dunia. My airlines is the worst in the world, but you have no choice. Makanya ada yang bilang, Lion Air dibenci tapi dirindu.”

You have no choice, katanya. Kamu. Ya kamu. Tidak punya pilihan!

Mau delay belasan jam, kemudian dibatalkan, dan diberi ganti rugi hanya 300 ribu pun, kamu tidak punya pilihan. Kamu tetap bakal naik Lion Air. Lha wong [outbound_link text=”keuntungan Lion Air saja 20 kali lipatnya Garuda Indonesia” link=”http://indo-aviation.com/2014/05/28/rusdi-kirana-sesumbar-untung-lion-air-20-kali-lebih-besar-dari-garuda/”].

Meme Lion Air

Tapi kata Pak SBY, presiden kita terdahulu yang sudah mulai kita rindukan belakangan ini: [outbound_link text=”Selalu ada pilihan!” link=”https://www.goodreads.com/book/show/20642262-selalu-ada-pilihan”]

Pilihan itu setidaknya adalah meme Lion Air. Ya, maskapai ini kini menjadi bulan-bulanan di jejaring sosial. Meme tersebut menyikapi penerbangan pesawat yang delay atau mengalami penundaan sampai belasan jam. Rupanya, kemarahan masyarakat terhadap maskapai tersebut tidak hanya terjadi di Bandara Soekarno Hatta, tapi juga di dunia maya.

Cerita soal penerbangan yang delay itu dimulai pada Rabu hingga Kamis ketika Imlek kemarin. Puncaknya, ribuan penumpang berbagai tujuan mengamuk di Terminal 1 dan 3 Bandara Soetta, Kamis malam. Penumpang yang harusnya berangkat 07.00 WIB terpaksa harus terbang ke Lombok pukul 23.00 WIB. Mereka pun tak langsung ke Lombok, namun transit di Bali dan mengulang tidakjelasan nasib selama menunggu. Tak sedikit yang mengalami sakit karena tidak terurus akibat kelelahan menunggu.

Penyebab delay masih simpang siur. Ada yang mengatakan pesawat tersebut delay karena seluruh pilot dan crew-nya mogok. Namun belum ada pernyataan resmi dari perusahaan berlambang singa tersebut.


CONTINUE READING BELOW

Delay Lion Air atau Lie On Air?

Setidaknya dalam kasus delay Lion Air ini kita bisa memetik pelajaran berharga: Bahwa di-PHP bukanlah akhir dunia. Jadi marilah kita berpikir positif.


Kekacauan di bandara ini pun menjadi perhatian para netizen. Mereka marah dan menumpahkan uneg-unegnya di Twitter. Tak hanya mengkritik pedas, netizen pun kreatif membuat meme Lion Air untuk menyindir maskapai milik Rusdi Kirana itu. Hampir semua netizen mengecam sikap manajemen maskapai yang dinilai tidak peduli dengan calon penumpangnya, juga respon lambat pemerintah.

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan juga terkena sasaran karena tidak bertindak tegas terhadap Lion Air. Jonan dianggap takut menghadapi sang pemilik maskapai yang juga anggota Wantimpres.

Berikut ini meme Lion Air delay:

meme lion air 01

Saya juga sedih, bu polwan…

meme lion air 02

Metromini saja tidak mau disamakan dengan Lion Air!

meme lion air 03

Ah, embak bisa aja :3

meme lion air 04

Kalau mbak di atas tadi, saya berani!

meme lion air 05

Aduh pakkk!!

meme lion air 06

Iya, bu. Iya. Saya paham.

meme lion air 07

Lumayan lah!

meme lion air 08

Alhamdulillah…

meme lion air 09

Kan kita tidak punya pilihan?

meme lion air 10

SETUJU!!

meme lion air 11

Hus! Angkot aja nggak mau disamakan dengan Lion Air!

meme lion air 12

Ga. Punya. Pilihan!

meme lion air 13

We make people angry

meme lion air 14

Delayion Air

meme lion air 15

Jujur itu indah!

Berikut respon meme Lion Air dari jagad Twitter:

[embedly url=”https://twitter.com/GerryS/status/569037987964542976″]

[embedly url=”https://twitter.com/GerryS/status/569058846196436992″]

[embedly url=”https://twitter.com/kompasiana/status/569058249271455745″]

[embedly url=”https://twitter.com/thejakartaglobe/status/568815573011812352″]

[embedly url=”https://twitter.com/jokoanwar/status/569052189944991745″]

Bapak Rusdi Kirana yang terhormat, kami selalu punya pilihan. Ingat, pak, social justice is very powerful. Kita lihat saja nanti.


CONTINUE READING BELOW


 

Share this article

TENTANG PENULIS
GrandC

Mengawali karier menulisnya pada tahun 1997 sebagai kontributor rubrik game majalah Mentari Putera Harapan. Namanya mulai dikenal setelah dia turut membidani lahirnya majalah game pertama di Indonesia, Game Master. Begitu banyak majalah yang lahir dari buah pemikirannya. Sebut saja Game Master, 3D Magazine, Ultima Nation, hingga Zigma dan Omega. Tidak hanya dikenal sebagai jurnalis dan konseptor, GrandC juga seorang penulis cerita. Saat ini dia banyak disibukkan dengan pengembangan Vandaria, dunia fiksi ciptaannya.