Batman Arkham Knight akan Mendapat Rating Dewasa!

Batman Arkham Knight - Cover

Untuk pertama kalinya dalam seri Arkham, Batman Arkham Knight akan mendapat rating dewasa!

Sebelumnya, seri Arkham sudah cukup puas dengan rating ESRB Teen. Nuansa yang ditampilkan sudah cukup kelam dan kamu menjumpai banyak kematian di sana-sini. Kamu pun akan menemukan versi disturbing dari karakter seperti Riddler dan Calendar Man, yang dari tingkah mereka di game, dialog serta rekaman, terasa sekali lebih sadis dari versi mereka yang lain. Namun ketiadaan darah dan adegan seksual vulgar menahan masing-masing judul untuk dibandrol rating yang lebih tinggi. Ini tidak jauh berbeda dengan taktik Christopher Nolan untuk Dark Knight Trilogy. Namun rupanya Rocksteady ingin membuat cerita yang lebih menantang, karena baru saja Rocksteady mengumumkan Batman Arkham Knight memperoleh rating M! Sudah ada beberapa media yang membahas info mengejutkan ini, termasuk comicbook.com.

batman arkham knight

Rating ESRB ini sendiri tak diperhitungkan oleh Sefton Hill, pendiri Rocksteady. Menurut beliau, dalam wawancara dengan IGN, timnya tidak sepenuhnya ingin menarget rating tersebut untuk Batman Arkham Knight ini. Namun beliau tidak ingin melakukan perubahan terhadap cerita yang sudah disusun untuk timnya dengan maksimal.

“I’m not blind to the fact that [the M rating] does mean some fans will miss out… I don’t want to be oblivious to that fact. It would have been wrong to water down the game and deliver a story we didn’t believe in to keep the game ‘mass market’ or enable it for more people. We feel that’s the wrong way to go about it. We said we love the story and we don’t want to jeopardize that.”

Usut punya usut sih, ini bukan berarti tiba-tiba Batman Arkham Knight akan menjelma menjadi game fan service seperti Dead or Alive atau kelewat sadis. Rating M ini diterima gamenya karena konteksnya yang jauh lebih kelam dari Arkham Asylum, Arkham Knight, juga Arkham Origins yang tidak dibuat oleh Rocksteady. Menurut Sefton Hill lagi,

“We want to deliver a true end with no compromises, and it takes us to some dark places.”

batman arkham knight

Unik juga cerita dari trilogi Batman buatan Rocksteady ini justru menjadi kelam setelah ketiadaan Joker. Memang ada spekulasi kalau badut mengerikan yang satu itu adalah penahan status quo. Dia mungkin akan menyebabkan kehancuran dan kematian, namun dia juga berfungsi sebagai penahan penjahat-penjahat Batman lain. Keberadaannya bisa menjadi figur pengacau yang menghambat para tokoh itu untuk saling bergabung menghabisi Batman.

Seperti yang bisa dilihat dalam sinopsis cerita, yang bisa kamu lihat di halaman Batman: Arkham Knight di Steam, sekarang sejumlah penjahat kota Gotham justru saling bergabung untuk menghadapi Batman. Para penjahat ini pun tampaknya tak akan terikat dengan moralitas atau tanggung jawab apapun, sehingga mereka akan beraksi maksimal hanya untuk menghancurkan Batman. Singkat kata, gabungan penjahat ini pun tampaknya akan memberi ujian mental dan fisik yang besar kepada Batman, jauh lebih besar dari yang sudah dia lalui di game sebelumnya. Bila benar begitu, maka tampaknya Batman Arkham Knight ini benar-benar akan menjadi adaptasi Batman yang paling kelam. Bahkan mungkin lebih kelam dari film-film Christopher Nolan.

batman arkham knight

Untuk informasi lain mengenai Arkham Knight, kamu juga memeriksa artikel ini

Beberapa Hal yang Harus Kamu Ketahui Mengenai Batman: Arkham Knight

Majalah GameInformer edisi terbaru memberikan banyak hal yang harus kamu ketahui mengenai Batman seri Arkham baru yang dikembangkan, Arkham Knight. Simak detailnya di dalam!
Baca Juga

SHARE
Previous articleGTA 5 PC Ditunda (Lagi) Perilisannya. Apa Alasannya?
Next articleLost Saga Indonesia Hadirkan Client Baru, Tampilkan Hero Legenda Indonesia!
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.