Surprise Surprise, Ternyata Catwoman Bisexual!

Setelah lama “menggoda” pembaca lewat gerak-geriknya yang ambigu, perkembangan terbaru menunjukkan kalau Catwoman bisexual!

Catwoman adalah salah satu karakter DC dengan kepribadian yang sulit ditebak. Dia biasanya digolongkan sebagai super villain, dan sering ditampilkan mengganggu Batman dan sekutu sang Dark Knight. Meski begitu dia memiliki kode etik sendiri dalam bekerja, hingga dia tidak akan membunuh orang kecuali terpaksa. Dia pun terkadang membantu Batman, seperti yang dia lakukan di Forever Evil, hingga menyelamatkan Justice League, seperti yang dia lakukan saat mereka dihajar oleh Prometheus di tahun 2000an awal. Nah, dalam volume terbaru, terungkap kejutan baru: ternyata Catwoman bisexual!

Catwoman Bisexual - Kiss

Lucunya sih, fakta canon Catwoman bisexual ini tak hanya berhubungan dengan Selina Kyle sang Catwoman original tapi juga pemegang kostum Catwoman sekarang, Eiko Hasigawa. Untuk yang tidak tahu, Selina Kyle lebih sering berada di belakang layar sekarang setelah dia menempatkan diri menjadi bos mafia. Di gambar ini, Eiko adalah sosok di kiri, yang mengenakan kostum, sementara Selina di kanan. Lebih lengkapnya, kamu bisa membaca sendiri serial terbaru Catwoman. Yang jelas sih, di gambar ini… dua Catwoman saling berciuman, satu dalam kostum, satu sedang tidak mengenakan kostum.

Catwoman Bisexual - Eiko Selina

Tapi, apa ini kejutan? Sebenarnya sih tidak. Mayoritas fans DC sudah menduga-duga sendiri kalau Catwoman bisexual. Alasannya adalah sikap flirty Selina terhadap banyak orang, mulai dari Batman hingga Poison Ivy. Karenanya, ketimbang kejutan, bagi fans lama DC Comics ini lebih seperti konfirmasi dari dugaan mereka sejak lama. Ini juga pendapat dari penulis serial ini, Genevieve Valentine, seperti yang bisa dilihat di blog beliau.

Catwoman Bisexual - Gotham City Sirens

Menurut pendapat Genevieve Valentine sendiri,

“This wasn’t a revelation so much as a confirmation.”

Meng-canon kan orientasi karakter yang memang sudah menjurus seperti Catwoman mungkin terasa seperti langkah yang terlalu “aman” dan dilakukan sekedar untuk menambah diversitas karakter. Tapi sebenarnya itu tidak masalah. Malah lebih baik menetapkan canon dari karakter yang sudah punya sejarah seperti Selina ketimbang sekonyong-konyong menetapkan orientasi ke karakter yang mengejutkan, seperti saat DC mengumumkan Alan Scott, Green Lantern pertama, sebagai gay.

Sekarang tinggal melihat dulu apa yang akan dilakukan DC terhadap perkembangan terbaru Catwoman ini. Sebelumnya, Batwoman sudah menampilkan drama yang bagus sebagai superheroine lesbian… hingga tiba-tiba DC tidak menghendaki Batwoman untuk menikahi pasangannya. DC bisa menyisihkan perkembangan ini begitu saja, mengeksplorasinya dengan lebih serius, atau mengeksploitasinya sembarangan hanya untuk menambahkan diversitas generik ke judul mereka.

Masalahnya, mengingat DC Universe akan segera kedatangan krisis lagi, apakah perkembangan karakter Catwoman ini akan berpengaruh? Atau setelah krisis berakhir nanti DC hanya tinggal melupakannya, dan mereka bisa memulai karakter baru? Apapun yang mereka lakukan, semoga sih mereka tidak sekedar membuat langkah kontroversial lalu memanfaatkan event krisis untuk kabur kembali ke status quo.


SHARE
Previous articleKubikGame, Belajar Bikin Game Secara Online Bersama Altermyth!
Next articleSony Xperia E4 Ini Bisa Tahan Dua Hari, Harganya Juga Lebih Murah!
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.