Biru Hitam atau Putih Emas? Nggak Usah Ribut, Ini Jawabannya...

Udah, nggak usah ribut lagi...

Biru Hitam atau Putih Emas? Nggak Usah Ribut, Ini Jawabannya...

biru hitam atau putih emas thumbs

Biru Hitam atau Putih Emas? Hampir semua netizen berdebat hebat –mirip Civil War– hanya karena warna gaun ini. Jadi, warna aslinya seperti apa? Ini jawabannya...

Biru Hitam atau Putih Emas? Dunia maya dihebohkan oleh perdebatan yang sebenarnya nggak begitu penting-penting amat. Tapi mungkin karena nggak penting itulah malah makin banyak yang membicarakannya –bahkan sampai artis hollywood macam-macam Taylor Swift hingga dia-yang-nama-tak-boleh-disebut Justin Bieber ikutan berpendapat.

https://twitter.com/taylorswift13/status/571131244634877952

https://twitter.com/TheEllenShow/status/571128725112094720

https://twitter.com/justinbieber/status/571163219852529664

biru hitam atau putih emas civil war Steve Rodgers dan Tony Stark juga ikut-ikutan ribut...[/caption]

Saking hebohnya, bahkan situs Buzzfeed.com sampai melakukan sebuah polling tentang warna manakah yang benar. Sekitar 3/4 netizen berpendapat bahwa warnanya adalah putih emas, tetapi sisanya berpendapat bahwa warnanya biru hitam. Jadi, warna manakah yang benar: biru hitam atau putih emas? Jawabannya adalah...

Biru Hitam atau Putih Emas? Nggak Usah Ribut, Ini Jawabannya... Biru Hitam![/caption]

[youtube_embed id="G-ktn8kznGs"]

Yep, warna aslinya adalah Biru Hitam!

Gambar gaun tersebut sendiri awalnya di-posting di Tumblr Caitlin McNeill, gadis penyanyi 21 tahun dari Colonsay, sebuah pulau kecil di Skotlandia. Semuanya menjadi heboh setelah dia berbagi foto dengan teman-temannya. McNeill bercerita (via Business Insider):

"Cerita berawal saat dua teman dekatku menikah dan ibu dari pengantin wanita mengambil foto gaun tersebut lalu mengirim ke putrinya. Ketika teman saya menunjukkan gaun tersebut kepada tunangannya, mereka berbeda pendapat tentang warnanya –bahkan semua teman kami memiliki pendapat yang berbeda.

“Yang unik adalah sebenarnya akun itu bukanlah milikku –melainkan milik fans-ku. Malamnya aku mendapatkan banyak sekali telepon dan e-mail. Aku bahkan sama sekali tidak menyangka bahwa artis sekelas Taylor Swift ikut mengutarakan pendapatnya.”

Biru Hitam atau Putih Emas? Nggak Usah Ribut, Ini Jawabannya... Ini lho, gaunnya ketika dipakai....[/caption]

 Jadi, apa yang menyebabkan orang-orang berbeda pendapat antara biru hitam dan putih emas? Menurut wired.com, jawaban sederhananya adalah karena adanya ilusi optik. Otak manusia menentukan warna dari suatu obyek dengan mengambil semua cahaya dari objek dan 'membuang' cahaya dari benda-benda di sekitarnya. Dengan demikian, warna tersebut “dirasakan” terkait dengan warna objek di sekitarnya.

biru hitam atau putih emas gaun bingung

Terkait foto gaun tersebut, warna sekitarnya begitu kacau karena foto tersebut diambil dari kamera ponsel dengan resolusi yang kurang baik. Hasinya membuat warna dalam foto tersebut mudah terpengaruh warna lingkungannya.

Ketika orang-orang yang menganggap daerah sekitarnya gelap, mereka cenderung melihat biru dalam gaun putih dan warna hitam seperti emas. Itu semua hanya tergantung pada cara bahwa otak merasakan dan proses warna.

Nah, sekarang sudah tahu ‘kan warna sebenarnya?

Sumber: Washington Post, Dailymail

ARTIKEL TERBARU