Vive, Ini Dia Perangkat Virtual Reality dari Valve dan HTC!

Vive headset virtual reality valve htc

Beberapa hari lalu, Valve pernah mengungkapkan rencana mereka untuk mengkonfirmasikan satu headset Virtual Reality (VR) milik mereka yang diberi kode dengan SteamVR pada Game Developer Conference (GDC) 2015 yang akan berlangsung mulai 4 Maret 2015 besok. Namun, berdekatan dengan Mobile World Congress (MWC) 2015 yang bakal dimulai hari ini di Barcelona, Spanyol, HTC rupanya “mencuri start” dengan mengkonfirmasikan bahwa merekalah yang digandeng Valve untuk mewujudkan perangkat SteamVR ini. Perkenalkan Vive, perangkat SteamVR yang dikembangkan dua perusahaan tersebut!

Dilansir dari The Verge, Vive rencananya akan dirilis tahun ini juga diawali dengan perilisan developer edition di kuartal pertama 2015. Meskipun Valve merencanakan showcase yang lebih megah untuk Vive pada GDC 2015 besok, namun HTC sudah lebih dulu membocorkan spesifikasinya, terutama untuk developer edition yang siap dirilis. Vive bakal memiliki dua display dengan resolusi 1200 x 1800 pixel dan sanggup menampilkan grafis dengan frame rate hingga 90 FPS. Untuk melacak pergerakan kepala, Vive menggunakan kombinasi dari berbagai sensor antara lain gyrosensor, accelerometer, dan laser position sensor.

Vive Official Trailer – RE Vive

Vive, Ini Dia Perangkat Virtual Reality dari Valve dan HTC!

Siap tantang Oculus Rift dan Gear VR!

Abaikan

Yang menarik, Vive bisa kamu pasangkan dengan sebuah perangkat bernama SteamVR Base Station. Fungsi dari Base Station ini adalah untuk melacak pergerakan tubuhmu dalam sebuah ruangan maksimal berukuran 4.5 x 4.5 meter. Jadi, bisa dibayangkan nantinya untuk menggerakkan karakter di dalam game, kamu tidak perlu menggunakan gamepad atau mouse. Cukup gunakan SteamVR Base Station ini, dan kamu bisa menggerakkan karakter dengan berjalan di sekitar ruangan bermainmu!

Bagi yang ruangan bermainnya terlalu kecil jangan khawatir. HTC juga melengkapi Vive dengan satu kontroler yang memiliki sensor gerakan. Kontroler ini didesain agar kamu bisa menikmati berbagai macam hiburan dengan baik saat menggunakan Vive, tidak hanya untuk game saja. Langkah HTC yang tidak ingin fokus kepada game ditunjukkan dengan beberapa partner yang mereka gandeng untuk mengisi konten dalam Vive, antara lain HBO, Google dan Lionsgate.

vive valve htc mwc 2015

Untuk detail lain dari Valve, sepertinya kita perlu menunggu beberapa hari lagi, atau saat GDC 2015 digelar. Ada kemungkinan, Valve juga akan menggandeng beberapa perusahaan lain untuk mewujudkan perangkat SteamVR lainnya, seperti saat mereka mengembangkan Steam Machine beberapa waktu silam. Tentunya dengan kehadiran Vive ini bakal menjadi pesaing yang menarik bagi beberapa perangkat VR lain yang sudah lebih dulu muncul, seperti Samsung dengan GearVR-nya, atau bahkan Oculus Rift.

Inilah Calon Platform Game Mobile Dari Samsung, Kombinasi Gear VR + Galaxy S5!

Samsung dipercaya akan mengumumkan perangkat virtual reality mereka selama IFA 2014. Dan foto seperti apa penampilan Samsung Gear VR, atau juga dikenal dengan kode Project Moonlight tersebut mulai bermunculan.
Baca Juga

[Sumber: The Verge/Official Website]


SHARE
Previous articleSamsung Galaxy S6 dan Galaxy S6 edge Ini Lebih Seksi Dari iPhone 6
Next articlePoint Blank Indonesia Kenalkan Fanpage Baru, Hadirkan Event Berhadiah Setiap Hari!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.