Nvidia Shield Perkenalkan Konsol dan TV Android Pertama dalam Resolusi 4K!

Nvidia shield - set top box console

Selain banyaknya developer yang memamerkan game baru mereka, Game Developer Conference (GDC) 2015 juga dimanfaatkan oleh produsen hardware untuk unjuk gigi. Salah satunya adalah Nvidia, yang selama perhelatan GDC 2015 ini mengkonfirmasikan Nvidia Shield. Eits, jangan bingung dulu. Nvidia bukanlah mengenalkan kembali Shield yang sebelumnya berwujud handheld Android dan juga tablet, melainkan memperkenalkan satu anggota keluarga baru dalam bentuk sebuah set top box Android TV sekaligus konsol!

Ultimate Tablet Bagi Para Gamer! Shield Tablet Dengan Prosesor Terkuat Mulai Dijual 29 Juli!

Tiga hari yang lalu memang belum resmi. Namun kemarin nVidia resmi meluncurkan Shield Tablet. Nama Shield di sana menjadi identitas bahwa tablet ini menganut jiwa yang sama seperti handheld game Shield.
Baca Juga

Nvidia Shield menjalankan OS Android dan juga menggunakan kekuatan Google TV yang sanggup menampilkan gambar dengan resolusi 4K. Set top box ini memiliki sebuah remote control yang bisa di-charge dengan sebuah microphone yang bisa kamu gunakan untuk memanfaatkan fitur Google Voice Search. Karena juga merupakan konsol, Nvidia Shield ini juga dilengkapi dengan sebuah kontroler yang sanggup bertahan hingga 40 jam dalam sekali charge baterainya.

remote control nvidia shield
Remote control

Untuk menyimpan konten, Nvidia Shield memiliki storage internal sebesar 16GB dan juga sebuah port microSD jika kamu merasa 16GB tersebut masih kurang. Selain itu, set top box ini juga bisa kamu hubungkan dengan HDD eksternal lewat port USB 3.0 sebanyak dua buah yang ada di tubuhnya. Nvidia sendiri sangat percaya diri dengan performa Shield, dan menyebut set top box ini sebagai sebuah TV, konsol dan komputer super yang revolusioner. Untuk performa dalam menjalankan game, Nvidia Shield menggunakan kekuatan chipset Tegra X1 yang diklaim lebih powerful dibandingkan konsol.

Berkat nVidia Tegra X1, Gak Lama Lagi Kualitas Grafis Smartphone Bisa Kalahkan PS4 dan XOne

Yang penting baterainya... Percuma grafis kualitas Xbox One tapi baterai cuma tahan sejam!
Baca Juga
kontroler nvidia shield
Kontroler

Kamu bisa memainkan game-game Android yang sudah kamu download di Google Play Store, atau game-game yang sudah disediakan di store khusus Shield. Store khusus Shield ini nantinya akan berisi beberapa game yang sudah dioptimasi untuk Nvidia Shield, termasuk beberapa game PC yang sudah di-porting khusus seperti The Talos Principle, Metal Gear Rising: Revengeance, Crysis 3 dan Borderlands: The Pre Sequel. Nantinya, jumlah game ini akan terus bertambah seiring dengan semakin dekatnya jadwal perilisan Shield, hingga minimal 50 judul akan tersedia saat perilisan Shield nantinya.

Shield juga bisa kamu gunakan untuk memainkan game PC dengan menggunakan layanan streaming dari Nvidia, Grid+ yang bisa mendistribusikan game dengan tampilan maksimal 1080p dan 60 FPS. Kamu bisa berlangganan layanan ini dengan mekanisme pembelian per game, atau membayar secara bulanan untuk mengakses semua game yang disediakan. Jadi, kamu tidak perlu meng-upgrade PC mu untuk memainkan game-game PC terbaru yang membutuhkan spesifikasi tinggi seperti GTA V atau The Witcher 3: Wild Hunt nanti. Cukup membeli Nvidia Shield ini dan tentunya dengan langganan internet super cepat (di Indonesia ada ga ya?) agar bisa streaming game-game tersebut dengan lancar tanpa lag.

nvidia shield with stand
Nvidia Shield lengkap dengan vertical stand-nya

Nvidia Shield menurut rencana akan hadir pada bulan Mei 2015 mendatang dengan banderol harga US $200 atau sekitar Rp 2.4 juta. Tertarik untuk memilikinya?

Spesifikasi Nvidia Shield

Processor NVIDIA® Tegra® X1 processor
256-core Maxwell GPU with 3GB RAM
Video Features 4K Ultra-HD ready with 4K playback and capture up to 60 fps (VP9, H265, H264)
Audio 7.1 and 5.1 surround sound pass through over HDMI
High-resolution audio playback up to 24-bit/192 kHz over HDMI and USB
High-resolution audio up-sample to 24-bit/192 kHz over USB
Storage* 16 GB
Wireless 802.11ac 2×2 MIMO 2.4 GHz and 5 GHz Wi-Fi
Bluetooth 4.1/BLE
Interfaces Gigabit Ethernet
HDMI 2.0
Two USB 3.0 (Type A)
Micro-USB 2.0
MicroSD slot
IR Receiver (compatible with Logitech Harmony)
Software Updates SHIELD software upgrades directly from NVIDIA

 

Gaming Features NVIDIA GRID game streaming service
NVIDIA Share
NVIDIA GameStream
Power 40 W power adapter
Weight and Size Weight: 23 oz / 654 g
Height: 5.1 in / 130 mm
Width: 8.3 in / 210 mm
Depth: 1.0 in / 25 mm
Operating System Android TV, Google Cast Ready
Included Apps PLEX

SHARE
Previous articleBatman Vs Darth Vader – Saat Dua Ikon Beradu Lightsaber!
Next articleSamsung Galaxy S6 Ternyata Sudah Unggul Sebelum Resmi Dijual!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.