Berkat Game, Para Pria Ini Masuk Daftar Orang Terkaya di Dunia Tahun 2015!

Daftar orang terkaya di dunia - gabe newell
Gabe Newell

Beberapa figur industri game masuk daftar orang terkaya di dunia tahun 2015, termasuk bos Valve dan kreator Minecraft!

Tidak sedikit developer game yang gagal, dan akhirnya banting setir untuk masuk ke industri lainnya. Namun ada juga beberapa pelaku industri game yang berhasil meraup jutaan hingga miliaran dolar dari game, dan membuat mereka masuk daftar orang terkaya di dunia. Seperti beberapa figur dalam artikel ini!

Majalah Forbes sudah merilis daftar orang terkaya di dunia tahun 2015 ini. Sebagian besar nama masih mempertahankan “tahta” mereka sebagai orang terkaya di dunia. Sebut saja seperti bos Microsoft, Bill Gates yang kekayaannya mencapai US $79.2 miliar dan masih menduduki peringkat pertama alias orang terkaya di bumi ini. Atau ada juga nama Larry Ellison, bos Oracle yang menduduki peringkat kelima dengan total kekayaan US $54.3 miliar.

Namun coba kita telurusi lebih jauh daftar ini ke bawah. Kita akan menemukan beberapa figur dari industri game yang juga masuk dalam daftar orang terkaya di dunia, meskipun jumlah kekayaannya masih jauh dibandingkan dua nama yang kami sebutkan di awal tadi. Pertama, ada nama Naruatsu Baba, founder dari Colopl yang berhasil menelurkan beberapa game mobile sukses di Google Play Store. Baba menempati peringkat ke 1190 dengan total kekayaan mencapai US $1.8 miliar.

Markus Notch - daftar orang terkaya di dunia
Markus “Notch” Persson, kreator Minecraft

Selanjutnya, ada dua nama yang sudah tak asing bagi gamer di seluruh dunia, Gabe Newell bos dari Valve dan juga kreator dari Minecraft, Markus “Notch” Persson. Keduanya berbagi temat di peringkat 1415 orang terkaya di dunia dengan total kekayaan yang sama, US $1.3 miliar. Tidak heran jika Markus Notch akhirnya berhasil membeli sebuah rumah seharga US $70 juta…

Meroketnya industri game online di Korea dan China membuat figur-figur di baliknya pun masuk dalam daftar orang terkaya di dunia. Bahkan, beberapa diantaranya justru lebih kaya dibandingkan Gabe Newell dan Markus Notch sekalipun! Contohnya adalah Kwon Hyuk-Bin, bos dari Smilegate (developer dari CrossFire) yang menempati peringkat 949 dengan total kekayaan US $2 miliar. Trio perusahaan besar game online, Shanda, Nexon dan NCSoft pun juga menempatkan bos mereka di daftar orang terkaya ini. Bos Nexon, Kim Jung-Ju berada di peringkat 1054 dengan kekayaan US $1.8 miliar, bos Shanda di peringkat 1533 dan Kim Taek-Jin dari NC Soft berada di peringkat 1605 dengan jumlah kekayaan sama, US $1.2 miliar.

Kim Jung Ju - orang terkaya di dunia
Kim Jung-Ju, bos Nexon

Ada yang ingin mengikuti jejak kesuksesan Gabe Newell, atau para bos game online dari Korea dan China ini? :D

[Sumber: Forbes via Kotaku]


SHARE
Previous articleFull Trailer Daredevil Netflix Sudah Dirilis!
Next articleBruce Campbell Akan Kembali Dalam Ash Vs Evil Dead
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.