Setelah Convergence, Superhero DC Akan Di-Makeover!

Event Convergence baru akan resmi dimulai April nanti di dunia DC Comics, meski gejolaknya sudah terasa di judul-judul komik terbaru. Walau event-nya belum dimulai, DC Comics sudah menetapkan dan merilis preview dari dunia pasca Convergence. Nah, dalam preview ini dapat terlihat kalau para superhero mengalami makeover penampilan!

Sebut saja Batman. Setelah sebelumnya bertahun-tahun beroperasi mengandalkan kostum anti peluru, keahlian bela diri dan skill detektif, serta berbagai trik di utility belt, tampaknya Batman akan meniru-niru Tony Stark dengan menjadi Iron Batman!

Event Convergence - New Batman

Iron Batman bukan nama resmi dari kostum ini tentu saja, walaupun nama itu sangat cocok. Ada banyak pertanyaan berhubungan dengan kostum satu ini. Tentu, mudah saja Bruce Wayne menggunakan uangnya untuk menciptakan armornya sendiri. Toh, ilmu robotik di DC Comics memang sudah sangat maju. Tapi kenapa pemakai kostum ini memegang pistol berasap? Padahal jelas kalau Batman sangat anti menggunakan pistol, karena senjata itulah yang menyebabkan kematian orang tuanya. Dan kenapa pula kuping armornya lebih menyerupai kuping kelinci? Apa ini benar-benar Batman?

Mulai ada banyak spekulasi berkeliaran tentang kostum ini. Mungkin Batman terpaksa menggunakan armor karena ia menderita cidera serius. Mungkin juga karakter yang menggunakan kostum ini adalah orang lain, seperti saat Azrael dulu menggunakan kostum “Batman” setelah punggung Batman dipatahkan Bane.

Di sisi lain, Superman akan menggunakan kostum yang menyerupai Superboy sebelum New 52 terjadi. Ini kostum barunya…

Event Convergence - Superman

Dan ini kostum Superboy

Event Convergence - Superboy Pre-New 52

Dikatakan kalau Superman akan mengakui jati dirinya yang sesungguhnya, jadi tampaknya karena ia kini selalu dikenal sebagai Superman dia pun akan memiliki pakaian kasual untuk sehari-hari. Apa itu berarti dia masih punya pilihan kostum standarnya untuk keperluan yang lebih serius?

Sementara itu Wonder Woman mendapat kostum yang menutupi hampir seluruh tubuhnya.

Event Convergence - Wonder Woman

Saat DC mencoba memberi Wonder Woman celana panjang di awal-awal New 52, reaksi fanboy cukup keras hingga kostum baru Wonder Woman terlihat tak jauh beda dari versi sebelum New 52. Setelah sempat tampil dengan celana panjang di beberapa promo, dia kembali ke penampilan klasiknya dalam komik, seperti bisa dibaca di artikel ini. Apa kostum yang ini akan menerima reaksi dan respons yang sama?

Flash dan Green Arrow juga mendapat makeover, tapi penampilan baru mereka tidak sedrastis Trinity DC di atas.

Event Convergence - Flash Green Arrow

Akan berapa lama makeover ini bertahan? Tergantung. Status quo adalah dewa di komik Amerika, dan setiap perubahan drastis biasanya hanya dilakukan untuk mendongkrak perhatian, sebelum kemudian dikembalikan seperti semula. Superhero yang mati akan dibangkitkan kembali bila populer. Supervillain yang mati akan dibangkitkan kembali bila populer. Kostum pun akan dihapus dan dikembalikan seperti sedia kala bila responsnya tidak bagus. Masih ingat kostum Iron Spider yang digembar-gemborkan namun bahkan tak mampu bertahan melewati Civil War?

Event Convergence - Iron Spider

Kostum baru yang bisa bertahan lama biasanya adalah yang tidak terlalu melenceng dari konsep klasik, sehingga kostum Green Arrow dan Flash seharusnya bisa bertahan lama, kecuali DC memutuskan untuk melakukan event krisis dan reboot lagi dalam satu-dua tahun ke depan. Wonder Woman sepertinya bisa bertahan lama, kalau tidak ada protes dari fans yang lebih menghendaki kostum one piece swimsuit bermotif merah-biru-putih. Dari semuanya, hanya kostum Batman yang tampaknya akan beruntung bila bertahan lebih dari satu tahun. Kita lihat saja perubahan-perubahan yang terjadi pasca event Convergence bisa bertahan berapa lama.


SHARE
Previous articleTitanfall 2 Tengah Dikembangkan, dan Benar-benar untuk Multiplatform!
Next articlePotret Kehidupan Para Disposable Workers di Jepang yang Menyedihkan
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.