PlayStation Mobile Resmi Ditutup, Xperia dan Vita Kehilangan Satu Fitur Terbaik!

Dan Developer Indie juga kehilangan salah satu platform pendukungnya.

PlayStation Mobile Resmi Ditutup, Xperia dan Vita Kehilangan Satu Fitur Terbaik!

PlayStation Mobile Resmi Ditutup, Xperia dan Vita Kehilangan Satu Fitur Terbaik!

Setelah sebelumnya Sony menghentikan dukungannya untuk perangkat Android yang mendapatkan label PlayStation Certified mulai dari Android 4.4.3 KitKat, dan menyisakan PlayStation Mobile (PSM) masih bisa diakses secara normal di smartphone atau tablet yang menjalankan Android 4.4.2 KitKat saja, kini keadaan justru memburuk untuk layanan PlayStation Mobile. Sony Computer Entertainment Japan baru saja mengkonfirmasikan jika mereka bakal menghentikan keseluruhan layanan PlayStation Mobile untuk smartphone Android Sony Xperia dan juga handheld PlayStation Vita.

[embedly url="https://twitter.com/PSMDevSupport/status/575600650341453824"]

Toko digital yang saat ini masih menawarkan game-game PS Mobile ditutup mulai 15 Juli 2015 mendatang. Namun kemudian setelah 10 September 2015, semua pengguna layanan PlayStation Mobile tidak bisa lagi mengotentifikasi perangkat mereka ke layanan ini, atau mengunduh ulang game yang sudah dibeli sebelumnya.

PlayStation Mobile Resmi Ditutup, Xperia dan Vita Kehilangan Satu Fitur Terbaik!

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/03/13/10-game-playstation-mobile-terbaik/" title="10 Game PlayStation Mobile Terbaik"]

Hanya saja Sony memastikan jika kalian masih bisa memainkan game-game PlayStation Mobile yang sudah dibeli dan masih tersimpan dalam gadget mobile kalian. Tentu saja hal itu hanya bisa terjadi jika kalian tidak berganti smartphone / tablet Xperia atau berganti tipe PS Vita. Sony bakal memberikan notifikasi prosedur lanjutan yang dibutuhkan untuk melakukan hal tersebut, seperti yang mereka jelaskan dalam halaman Support layanan ini.

[read_more link="http://www.duniaku.net/2012/10/04/playstation-mobile-dirilis-era-baru-memainkan-game-dengan-brand-playstation/" title="PlayStation Mobile Dirilis, Era Baru Mainkan Game PS"]

PlayStation Mobile Resmi Ditutup, Xperia dan Vita Kehilangan Satu Fitur Terbaik!

PlayStation Mobile merupakan jembatan antara perangkan Android Sony Mobile untuk sekaligus menambah perpustakaan game PlayStation Vita. Layanan ini mulai dibuka Oktober 2012, dan memungkinkan developer indie menciptakan game yang bisa dijalankan pada kedua platform tersebut. Namun sayangnya, game-game PlayStation Mobile kurang dikenal, meskipun ada beberapa diantaranya yang tergolong menarik, seperti RPG mobile-nya Square Enix, Chaos Rings.

Keputusan ini jelas menjadi satu pukulan telak bagi pengguna Xperia, mengingat PSM menjadi salah satu senjata unggulan mereka (walaupun kami juga bisa mengaksesnya dari semua Android). Selain itu, penggemar PlayStation yang memang memanfaatkan maksimal akun mereka dan memainkan game yang ditawarkan di banyak platform Sony pun juga akan kecewa. Awalnya PSM dianggap akan menjadi kelanjutan sukses Sony menawarkan smartphone Android berwujud handheld, Xperia Play, yang memiliki beberapa konten khusus. Namun sayangnya, ketika PSM hadir, tidak ada game PSOne yang bisa dimainkan oleh PSM di Xperia, karena hanya PS Vita saja yang mendukung memainkan game klasik PSOne.

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/03/07/vaio-smartphone-gantikan-xperia/" title="Rumor Bakal Dijualnya Divisi Mobile Sony"]

PlayStation Mobile Resmi Ditutup, Xperia dan Vita Kehilangan Satu Fitur Terbaik!

Kita juga mengetahui banyak rumor berkembang jika divisi mobile Sony saat ini mengalami kesulitan. Rencana penjualan divisi yang kita kenal dengan brand Xperia tersebut beberapa kali terangkat, meskipun juga selalu dibantah. Sony hanya mengakui jika divisi mobile mereka memerlukan perubahan staregi. Namun dengan dihentikannya layanan PSM untuk smartphone dan tablet Xperia, kami yakin hal ini juga akan membuat brand mereka makin melemah di tengah persaingan, karena banyak penggemar fanatik Android Sony Mobile berpandangan Xperia adalah smarphone-nya para gamer.

Sumber: [outbound_link text="Sony" link="http://faq.en.playstation.com/app/answers/detail/a_id/6797"]

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU