10 Zanpakutou Terkuat dalam Manga Bleach!

Coba tebak, Zanpakutou apa yang terkuat?

10 Zanpakutou Terkuat dalam Manga Bleach!

zanpakutou terkuat thumbs[read_more id="191324"]

Zanpakutou adalah senjata yang merupakan belahan jiwa dari penggunanya dalam Bleach. Dari sekian banyaknya Zanpakutou, yang manakah Zanpakutou terkuat?

Dalam Bleach, terdapat senjata yang khas yang disebut sebagai Zanpakutou. Zanpakutou ini memiliki bentuk dasar sebuah pedang katana dan bentuknya serta kemampuannya pun berbeda-beda –tidak ada dua Zanpakutou yang berbentuk sama. Ada yang bisa mengeluarkan api dan ada pula yang bisa menciptakan hipnosis sempurna. Nah, dari sekian banyaknya kemampuan Zanpakutou tersebut, muncullah sebuah pertanyaan: dari sekian banyaknya Zanpakutou, manakah yang termasuk Zanpakutou terkuat?

Sebelum kita menyebutkan yang manakah Zanpakutou terkuat, ada baiknya kita mengenal konsep dari Zanpakutou terlebih dahulu. Zanpakutou adalah senjata yang tercipta dari belahan jiwa penggunanya, atau bisa dibilang, dalam dunia Bleach, Zanpakutou tersebut adalah manifestasi dari jiwa penggunanya. Zanpakutou adalah penggunanya.

Nah berarti, seperti yang sudah saya sebutkan sedikit dalam artikel sebelumnya, Zanpakutou akan semakin kuat jika penggunanya mengenal lebih dalam tentang diri mereka sendiri. Dengan mengenal jiwanya lebih jauh, Zanpakutou akan berubah menuju Shikai (tahap kedua) hingga akhirnya Bankai (tahap ketiga/terakhir). Mungkin inilah salah satu daya tarik dari manga Bleach –sesuatu yang membuat manga ini bukan hanya sekedar pertarungan pedang tetapi juga memiliki cerita yang dramatis.

Oke, sekarang kita langsung saja. Inilah 10 Zanpakutou terkuat dalam Manga Bleach!

(Warning: May Contain Mild Spoiler!)

[page_break no="10" title="Hakka no Togame (白霞罸, Censure of the White Haze) – Rukia Kuchiki"]

10 Zanpakutou Terkuat dalam Manga Bleach! Rukia juga ikutan beku saat memakai Hakka no Togame![/caption]

Hakka no Togame adalah salah satu Zanpakutou terkuat tipe es. Zanpakutou ini menyebabkan daerah sekitarnya membeku. Musuh yang berada di dekatnya pun membeku seketika, kemudian secara perlahan berubah menjadi butiran es kecil.

[page_break no="9" title="Kokujo Tengen Myo’o (黒縄天譴明王, Vidyaraja of Kalasutra's Heavenly Punishment) – Sajin Komamura"]

10 Zanpakutou Terkuat dalam Manga Bleach! Kokujo Tengen Myo'o - Dangai Joe[/caption]

Jika diperhatikan sekilas, perubahan Bankai ini mirip seperti summon dalam game-game RPG. Ketika Kokujo dipanggil, seorang raksasa setinggi 100 meter muncul dibelakang Komamura. Raksasa Kokujo ini akan menirukan setiap gerakan yang dilakukan Komamura. Daya hancurnya begitu kuat, sehingga bisa dibilang musuh akan langsung kalah dengan sekali serang. Kemampuan spesial-nya, Dangai Jōe (断鎧縄衣, Severed Mail and Thread-Clad) bahkan bisa membuat Komamura tidak bisa mati.

[page_break no="8" title="Nozarashi (野晒, Weather-Beaten One) – Kenpachi Zaraki"]

Zanpakutou Terkuat Nozarashi The true 'Butcher'![/caption]

Pada awalnya Kenpachi Zaraki tidak mengetahui nama dari Zanpakutou-nya. Setelah berlatih dengan Retsu Unohana (Komandan Divisi 4), dia mendapatkan nama pedangnya tersebut. Nama Zanpakutou-nya adalah Nozarashi dan memiliki bentuk sebuah kapak raksasa. Kekuatannya begitu besar sampai-sampai dia bisa dengan mudah menghancurkan sebuah meteor dengan sekali tebas.

10 Zanpakutou Terkuat dalam Manga Bleach! Kenpachi vs Meteor! Detik-detik sebelum pelepasan Nozarashi[/caption]

Lanjut ke Halaman 2: Zanpkutou terkuat nomor 5 - 7...

[page_break no="7" title="Kamishini no Yari (神殺鎗, God-Killing Spear) – Gin Ichimaru"]10 Zanpakutou Terkuat dalam Manga Bleach!

Kamishini no Yari memiliki kekuatan destruktif yang hebat. Pedang ini bisa memanjang hingga sejauh 13 km dan memotong kota dalam satu tebasan. Akan tetapi, bukan panjang ataupun daya hancurnya yang paling menakutkan, melainkan kecepatannya dalam memanjang dan memendek. Kamishini no Yari bisa memanjang dan memendek dengan kecepatan 171.500 m/s –menjadikannya Zanpakutou tercepat yang pernah ada.

Hal lain yang menakutkan dari Kamishini no Yari adalah kemampuannya untuk menjadi debu ketika memanjang ataupun memendek. Gin bisa meninggalkan sebagian bilah pedangnya dalam tubuh musuhnya kemudian meledakan musuhnya dari dalam.

[page_break no="6" title="Sayafuchi (鞘伏, Sheath Cover) – Nimaiya Oetsu"]

10 Zanpakutou Terkuat dalam Manga Bleach! Perlu tempat khusus untuk menyimpan Sayafuchi, sekotak penuh jelly itu contohnya....[/caption]

Bisa disebut sebagai Zanpakutou tertajam yang pernah ada. Nimaiya sendiri adalah Shinigami yang menciptakan seluruh Zanpakutou yang pernah ada. Dia menganggap Sayafuchi sebagai Zanpakutou gagal karena terlalu tajam dan tidak stabil. Bilahnya terlalu tajam dan pinggiran pedangnya terlalu halus sehingga tidak akan pernah tergores saat digunakan dan darah akan langsung mengalir dari bilahnya. Karena hal ini, tidak ada sarung pedang yang cukup kuat untuk menahan Sayafuchi –hanya alat tertentu yang dia buat yang dapat menahan ketajamannya. Hanya dengan menggunakan Sayafuchi, Nimaiya berhasil mengalahkan tiga orang Sternritten dalam sekejap!

[page_break no="5" title="Sakanade (逆撫, Counter Stroke) – Shinji Hirako"]

10 Zanpakutou Terkuat dalam Manga Bleach! Selamat datang di Dunia Terbalik[/caption]

Sakanade memiliki kemampuan untuk memutarbalikan arah. Musuh akan merasa kalau dia berada di dunia yang serba terbalik. Semua arah tidak menjadi pada semestinya. Suatu serangan mungkin akan terlihat datang dari depan, padahal aslinya dari belakang. Jika tertebas, luka yang ditimbulkan juga tidak berada di tempat yang semestinya. Benar-benar kemampuan yang menakutkan. Perlu dicatat, bahwa Sakanade masih dalam bentuk Shikai. Bagaimana jika Zanpakutou ini masuk dalam bentuk Bankai? Pastinya, kemampuannya bakalan lebih seram lagi.

Lanjut ke Halaman 3: Zanpakutou Terkuat Nomor 2 - 4...

[page_break no="4" title="Kyoka Suigetsu (鏡花水月, Mirror Flower, Water Moon) – Sosuke Aizen"]

10 Zanpakutou Terkuat dalam Manga Bleach!

Kekuatan Zanpakutou milik Aizen ini termasuk mengerikan, yaitu dapat menciptakan hipnosis secara sempurna. Bahkan korban tidak akan pernah sadar bahwa dirinya sedang terkena hipnosis kecuali Aizen sendiri yang membebaskan mereka. Orang yang terkena hipnosis adalah mereka yang melihat proses ritual pelepasan Kyoka Suigetsu. Semua anggota Gotei 13 dan juga arrancar terkena hipnosis ini tanpa terkecuali.

[page_break no="3" title="Katen Kyōkotsu: Karamatsu Shinjū (花天狂骨枯松心中, Bones of Heavenly Blooming Madness: Withered Pine Lovers' Suicide)"]

10 Zanpakutou Terkuat dalam Manga Bleach!

Setelah lebih dari 600 chapter, akhirnya Bankai milik Kyouraku Shunsui muncul juga. Tak ada yang berubah dari bentuk pedang Katen Kyokotsu ketika memasuki Bankai. Meskipun begitu, Bankai milik Kyouraku ini mempengaruhi area sekitarnya dengan jangkauan yang luas. Setiap orang yang berada dalam ruang lingkup penyebaran Karamatsu Shinjuu akan merasakan bahwa dunia sekitarnya terlihat lebih gelap, suram, dan penuh keputusasaan. Bankai ini memiliki efek yang bertahap: 1) luka yang Kyouraku terima juga akan diterima musuhnya (2) akan muncul titik hitam pada musuh, dan musuh akan mengalami pendarahan dari titik-titik tersebut (3) musuh dan Kyouraku akan tenggelam dalam air dimana keduanya akan berada disana sampai salah satu dari mereka kehabisan reiatsu (4) kepala musuh akan terpenggal.

Sayangnya, kemunculan epik Karamatsu Shinjuu menjadi obyek troll dari Kubo-sensei. Musuh yang dihadapi oleh Kyouraku sangat imba sampai-sampai tidak mati setelah terkena efek Karamatsu Shinjuu.

[page_break no="2" title="Zanka no Tachi (残火の太刀, Longsword of the Remnant Flame) – Genryuusai Shigekuni Yamamoto"]

10 Zanpakutou Terkuat dalam Manga Bleach! The true definition of Badass![/caption]

Disebut sebagai Zanpakutou terkuat dan tertua tipe api yang pernah ada, Zanka no Tachi berbentuk pedang tua yang habis terbakar. Jika dalam bentuk sebelumnya Ryujin Jakka mengeluarkan api, maka seluruh api itu diserap ke dalam bilah pedang.

Kekuatan yang paling mengerikan dari Zanka no Tachi adalah panas-nya: area seluas Seiretei mengering dengan cepat, bahkan Dai Gurren Hyourinmaru milik Toushiro Hitsugaya menjadi tidak bisa digunakan karena akan langsung meleleh. Jika digunakan dalam waktu yang lama, baik Genryuusai, musuhnya dan seluruh Soul Society bisa hancur karena panas yang dihasilkan.

Sebelum kita lanjut ke Zanpakutou terkuat nomor 1, mari kita lihat jejeran zanpakutou yang punya potensi untuk menjadi zanpakutou terkuat.

Lanjut ke Halaman Selanjutnya...


[page_break no="X" title="Honorable Mentions"]


Zangetsu (斬月, Slaying Moon) – Ichigo Kurosaki

10 Zanpakutou Terkuat dalam Manga Bleach! Zangetsu yang baru[/caption]

Zanpakutou milik sang tokoh utama, Ichigo Kurosaki. Dari sekian banyak Zanpakutou yang ada, mungkin miliknya adalah yang paling banyak memiliki variasi. Berawal dari sebuah pedang kecil berwarna hitam, kini Tensa Zangetsu terdiri dari dua pedang. Zangetsu masuk daftar honorable mention karena sampai saat tulisan ini dibuat, belum ditunjukkan kemampuan sesungguhnya dalam bentuk Bankai di manga.

Dai Gurren Hyourinmaru – Toushiro Hitsugaya

Zanpakutou Terkuat Daigurren hyourinmaru Zanpakutou tipe es terkuat yang masih perlu diasah[/caption]

Bankai milik Komandan termuda ini memiliki kemampuan untuk mengendalikan cuaca. Bisa dibilang, langit tunduk kepada pengguna Dai Gurren Hyourinmaru. Sayangnya Bankai ini masih belum sempurna.

Zenbon Zakura Kageyoshi – Byakuya Kuchiki

10 Zanpakutou Terkuat dalam Manga Bleach!

Bankai dari Zenbon Zakura milik Byakuya Kuchiki. Dalam keadaan normal, Zenbon Zakura bisa dibilang adalah Zanpakutou paling fleksibel: bisa digunakan untuk menyerang dan bertahan. Setelah sempat dicuri oleh quincy bernama As Nodt, Zenbon Zakura kini kembali lagi ke tangan Byakuya Kuchiki dengan kekuatan yang lebih besar. Sama seperti Tensa Zangetsu, Zanpakutou ini tidak masuk dalam daftar sepuluh Zanpakutou terkuat karena belum menunjukkan kekuatan aslinya.

Wabisuke – Izuru Kira

10 Zanpakutou Terkuat dalam Manga Bleach! Wabisuke ini punya potensi lho![/caption]

Jika ada Zanpakutou milik wakil Komandan yang memiliki potensi menjadi Zanpakutou terkuat, tentu saja Wabisuke adalah salah satunya. Bentuk Shikai-nya saja memiliki kemampuan untuk melipatgandakan berat benda apapun yang disentuhnya, coba bayangkan bagaimana kalau dia bisa mencapai bentuk Bankai?

Nah, penasaran dengan zanpakutou terkuat nomor 1? Kalau begitu, Lanjut ke Halaman Terakhir...

[page_break no="1" title="Shirafude Ichimonji (しら筆 一文字, Known Brush Straight Line) – Ichibei Hyosube"]

10 Zanpakutou Terkuat dalam Manga Bleach! Ichimonji dan Shirafude Ichimonji berbeda pada warna tinta, jangkauan dan juga efeknya.[/caption]

Yep, gelar zanpakutou terkuat jatuh kepada Shirafude Ichimonji! Kemampuan milik Ichimonji ini juga termasuk kemampuan paling IMBA dalam Bleach. Shirafude Ichimonji bisa mengubah ‘nama’ dari apapun disentuhnya –dan juga disentuh oleh tinta yang dikeluarkan.

Zanpakutou Terkuat Shirafude Tinta Shirafude Ichimonji berwarna putih[/caption]

Yang disentuh tidak hanya diubah namanya, tetapi akan berubah sesuai dengan nama yang diberikan. Misalnya saja, namamu diubah menjadi semut hitam, maka kekuatan, kecepatan, dan segala aspek yang kamu miliki akan setara dengan semut hitam –bukan manusia. Kalau sudah gini, mau sekuat apapun musuhnya, tinggal ganti aja namanya jadi semut...

10 Zanpakutou Terkuat dalam Manga Bleach! Sayangnya, kekuatan musuhnya (Ywach) lebih IMBA lagi. Kubo-sensei hobi banget nge-troll...[/caption]

Nah, itulah 10 Zanpakutou terkuat dalam Manga Bleach. Apakah kamu setuju dengan daftar ini, ataukah kamu punya pendapat sendiri? Suarakan pendapatmu di kolom komentar ya?

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU