Konsol Baru Nintendo Disebut Sebagai NX. Inikah Penerus Wii U?

Nintendo-NX-1

Seperti yang sudah beberapa kali kami ulas, Nintendo memang sedang diliputi awan gelap beberapa tahun belakangan. Penjualan hardware mereka gagal memenuhi target, dan bahkan untuk Nintendo Wii U, Nintendo sudah berusaha menawarkan solusi dengan menurunkan harga jual, hingga kini menjadi hanya separuhnya saja dari nilai awal konsol tersebut.

Game Terbaik Wii U 2014

Simak sepuluh game Wii U terbaik yang dirilis selama tahun 2014 lalu versi redaksi Duniaku dalam artikel ini!
Baca Juga

Sebelumnya Nintendo hanya memperkirakan konsol mereka menurun penjualannya, dan memasang target hanya 2.8 juta unit terjual di sepanjang tahun 2013. Dan ternyata jumlah 2.8 juta unit itu adalah jumlah unit yang memang terjual sepanjang tahun 2013. Yup, benar, sepanjang tahun 2013 mereka hanya mampu menjual 2.8 juta unit konsol generasi delapan tersebut, sementara kedua rivalnya, Xbox One dan PlayStation 4 mampu terjual 3 juta unit hanya dalam waktu 2 minggu saja. Berapa posisi angka terjual ketiga konsol generasi delapan tersebut? Lihat saja melalui grafik di bawah. Di sana terlihat Wii U pada posisi ketiga dibandingkan dua kompetitornya. Posisi yang jelas tidak ideal, mengingat Wii U lahir setahun lebih awal. Seharusnya saat ini Wii U lebih banyak terjual dibandingkan dengan PS4 atau XOne.

Rencana Game Mobile Nintendo Bikin Nilai Sahamnya Meroket!

Nintendo Mobile Games Bareng DeNA Nilai Saham Meroket! Game Mobile Nintendo. Nintendo Smartphone. Nintendo NX. Game Nintendo 3DS. Masa depan Nintendo.
Baca Juga

Namun kita juga sama-sama tahu jika Nintendo Wii U masih memiliki stock game eksklusif yang tidak bisa diremehkan kualitasnya. Namun tidak bisa dipungkiri, Wii U tertinggal sangat jauh dari sisi teknologi dibandingkan dua kompetitornya, Sony PS4 dan Microsoft XOne. Satu-satunya jalan sepertinya Nintendo harus melangkah dan mengenalkan konsol generasi sembilan lebih awal dari Sony serta Microsoft.

Nintendo Wii U Hanya Laku 2.8 Juta Unit!

Nintendo sedang diliputi awan gelap. Penjualan Wii U jauh dari ekspetasi, laba bersih menurun, dan efeknya, presiden mereka dipotong gajinya.
Baca Juga

Sebelumnya kami sudah mengabarkan mengenai Nintendo Fusion, yang diduga adalah kode untuk konsol baru Nintendo. Nama “Fusion” mengacu pada gagasan bahwa konsol masa depan ini sedang dikembangkan bersama-sama dengan mesin portabel baru. Penerus Nintendo 3DS. Jika itu benar, ini menunjukkan bahwa salah satu perusahaan game tertua di dunia ini tidak berniat tertinggal oleh Microsoft dan Sony. Wii U mungkin kurang laku, namun 3DS adalah handheld yang sangat sukses. Menggabungkan keduanya adalah gebrakan besar, inovasi baru khas Nintendo.

Nintendo Juga Akan Membuat Game Android

Laporan terbaru dari salah satu media besar Jepang menyebutkan jika Nintendo bisa jadi akan meluaskan lini bisnisnya dengan mengembangkan game Android.
Baca Juga

Nintendo-NX-3

Namun sepertinya Nintendo punya rencana lain. Mereka akhirnya membuka diri menerima eksistensi game mobile yang tak terbendung di Jepang, dan mengkonfirmasikan persetujuan mobile gaming dengan DeNA. Selain menggelar konferensi pers di Tokyo kemarin, yang begitu mengejutkan karena bahwa Nintendo akhirnya mau merelakan ikon-ikon mereka muncul di platform mobile, yang tak kalah menarik adalah ketika bos Nintendo, Satoru Iwata juga sekilas menyebutkan satu proyek sistem hardware baru Nintendo, yang sementara ini disebut dengan kode “NX.”

Nintendo memang mulai percaya jika masa depan industri game akan dipengaruhi platform mobile, namun Satoru Iwata tetap ingin agar Nintendo berjalan di bisnis konsol video game yang berdiri sendiri, dan hardware game mereka selanjutnya yang berkode nama NX ini sepertinya berhubungan dengan semangat baru Nintendo dalam mengolah pasar mobile melalui smart device — sebutan Iwata untuk smartphone dan tablet. Meskipun bos Nintendo tersebut tetap menegaskan jika antusiasme Nintendo masih sama untuk bisnis konsol game. Nintendo NX ini akan membawa konsep baru, serta bakal diungkapkan pertama kali tahun depan, dan mungkin akan mulai dijual akhir tahun 2016.

Nintendo-NX-2

Kami juga tidak yakin menyebutkan jika hardware baru yang disebut Nintendo NX ini akan menggantikan Wii U, karena melalui slideshow yang mereka perlihatkan selama press conference, tertulis simbol Nintendo NX ini muncul bersama-sama dengan Nintendo Wii U, 3DS dan platform mobile lainnya.

Bisa saja itu menyiratkan jika Nintendo NX akan sekadar menjadi sistem pelengkap, bukan konsol baru Nintendo yang menjadi penerus dari mesin game yang saat ini mereka miliki.

Kemudian dengan pabrikan mesin game tertua di dunia ini menyebutkan “konsep baru,” kita tidak bisa menerka apa langkah pemikiran mereka saat ini untuk konsol baru Nintendo tersebut. Bisa jadi banyak artinya. Mungkin akan lebih jauh memanfaatkan koneksi antara perangkat mobile dengan konsol? Atau seperti PS4 dan XOne yang mempermudah pengembang game multiplatform dengan arsitektur yang mirip, atau sekuat PC? Atau, bakal menerapkan teknologi Virtual Reality yang saat ini digadang-gadang menjadi salah satu masa depan dunia game?

Gear VR, Perangkat Virtual Reality Dari Samsung

Samsung Gear VR mulai dijua. Early adopter perlu dana total 12 juta untuk nikmati virtual reality secara mobile.
Baca Juga

Nintendo-NX-5

Kami lebih suka menunggu pembuktian pernyataan Satoru Iwata, bahwa langkah mereka terjun ke bisnis game mobile bukan berarti mereka sekadar mem-port game sebelumnya ke platform mobil, karena hal itu sama saja menghancurkan nilai IP Nintendo sendiri. Artinya, kita bisa berharap banyak game mobile orisinal dengan banyak ikon-ikon dari Nintendo.


SHARE
Previous articleNintendo dan DeNA Berkolaborasi untuk Bikin Game Mobile!
Next articleInilah Kompilasi Video PixelPlayID!
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.