Nintendo dan DeNA Berkolaborasi untuk Bikin Game Mobile!

Nintendo dan DeNA

Dengan kolaborasi Nintendo dan DeNA ini, sebentar lagi akan ada game Mario di smartphone-mu!

Rumor dan kabar yang banyak beredar sebelumnya menjadi kenyataan. Nintendo akhirnya mengkonfirmasikan bahwa mereka siap terjun ke bisnis game mobile! Namun, mereka tidak melakukan hal ini sendirian, melainkan dengan menggandeng salah satu developer yang memang sudah cukup makan asam garam di industri tersebut, DeNA! Seperti apa kolaborasi Nintendo dan DeNA ini di industri game mobile?

Nintendo Akhirnya Membuka Peluang Untuk Masuk Pasar Game Mobile

Nintendo sudah lama diharapkan mau masuk ke pasar mobile game, dan menyediakan game berbasis ikon-ikon populernya. Namun mereka bungkam, sampai ada satu asa melalui aplikasi pendamping Mario Kart 8 ini.
Baca Juga

Hal ini disampaikan Nintendo dalam pernyataan resmi yang baru saja dirilis hari ini, 17 Maret 2015. Dalam pernyataan tersebut, Nintendo menuliskan bahwa mereka sudah menjalin aliansi bisnis dan kapital dengan DeNA. Hasil dari aliansi ini adalah keduanya akan bekerja sama mengembangkan game mobile yang ditujukan untuk smartphone dan tablet.

Nintendo Menyerah! Akan Luncurkan Mobile Apps Tahun Depan

Nintendo keluar dari zona nyaman. Mereka akan terjun ke kancah mobile apps!
Baca Juga

Dalam kerja sama ini, DeNA akan lebih banyak terjun langsung dalam mengembangkan game-game mobile tersebut. Sedangkan Nintendo sendiri akan masih fokus dalam pengembangan game-game untuk konsol dan handheld-nya, plus sebuah hardware baru yang mereka beri kode NX. Dalam pernyataan resminya, DeNA sendiri mengungkapkan bahwa mereka akan lebih suka membuat game baru menggunakan properti intelektual (IP) dan dunia dari Nintendo dibandingkan melakukan porting game-game Nintendo yang sebelumnya sudah dirilis di Wii, Wii U ataupun 3DS.

Nintendo dan DeNA

Berikut ini adalah kutipan pernyataan resmi dari DeNA:

The alliance is intended to complement Nintendo’s dedicated video game systems business and extend Nintendo’s reach into the vast market of smart device users worldwide. Under the alliance, DeNA will also be able to strengthen its gaming business at a global scale by leveraging Nintendo’s IP. To ensure the quality of game experience that consumers expect from this alliance of Nintendo and DeNA, only new original games optimized for smart device functionality will be created, rather than porting games created specifically for the Wii U home console or the Nintendo 3DS portable system

Masih dalam pernyataan resmi yang sama, kolaborasi Nintendo dan DeNA untuk membuat game mobile ini diharapkan bisa “memancing” lebih banyak gamer untuk membeli game-game Nintendo di konsol maupun handheld-nya. Selain itu, Nintendo dan DeNA juga berharap bisa membuat sebuah sistem terintegrasi yang bisa kompatibel digunakan di berbagai macam device seperti PC, smartphone, tablet serta konsol dan handheld Nintendo. Sistem ini sendiri ditargetkan bakal rilis pada kuartal ketiga tahun 2015 ini juga.

Nintendo dan DeNA
Presiden Nintendo, Satoru Iwata

Nintendo dan DeNA dikabarkan juga melakukan pembagian saham kepemilikan kedua perusahaan. Nintendo kabarnya mendapat bagian 10% saham dari DeNA dengan nominal mencapai US $181 juta. Hal serupa juga dialami DeNA, dimana mereka mendapatkan bagian 1,24% saham Nintendo dengan nominal yang sama.

Jadi, selamat datang Nintendo di industri game mobile!

[Sumber: Nintendo/TheVerge]


SHARE
Previous articleKompilasi Video Lucu: How It Should Have Ended oleh Hishe
Next articleKonsol Baru Nintendo Disebut Sebagai NX. Inikah Penerus Wii U?
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.