Nintendo Mobile Games Bareng DeNA Membuat Nilai Saham Meroket!

Nintendo-Mobile-Games-6

Hingga saat ini, Nintendo selalu menolak membawa ikon-ikon populer mereka ke platform mobile. Sampai kemarin, mereka mengkonfirmasikan kerjasama dengan perusahaan game mobile Jepang DeNA, untuk memulai pengembangan game baru untuk smartphone dan tablet, yang tentu saja dibintangi ikon-ikon Nintendo. Dan bisa ditebak, langkah tersebut sepertinya berimbas baik. Investor merespon positif, dan saham Nintendo meroket.

Nintendo Bekerjasama Dengan DeNA Membuat Game HP

Sebentar lagi akan ada game Mario di smartphone-mu!
Baca Juga

Nintendo-Mobile-Games-1

Tidak tanggung-tanggung, Selasa kemarin saham Nintendo langsung naik sekitar 26%, pasca pengumuman kerjasama Nintendo Mobile Games dengan DeNA. Sempat juga menembus angka 32%, namun saat ini turun kembali ke posisi +27.50%. Memang nilai saham tersebut masih jauh banget di bawah masa-sama keemasan Nintendo Wii tahun 2007 – 2008 lalu, namun jelas ada kemajuan dibandingkan beberapa tahun belakangan. Dengan perpustakaan karakter Nintendo yang sangat familiar dan menjadi magnet tersendiri, bukan hanya di mata anak kecil, namun sampai mereka yang sudah berusia lanjut pun bisa jadi mengenal karakter Nintendo, serta akan menjadi kekuatan baru jika hadir di platform mobile.

Sempat meningkat 34%, namun jika melihat historisnya, tetap saja jauh dari masa keemasan Nintendo Wii pada tahun 2007 lalu.
Sempat meningkat 34%, namun jika melihat historisnya, tetap saja jauh dari masa keemasan Nintendo Wii pada tahun 2007 lalu.

Nintendo merilis konsol game generasi delapan mereka, yaitu Wii U pada tahun 2012 lali. Namun penjualannya tidak sesuai harapan, dan saat ini sudah jauh tertinggal oleh Xbox One dan PlayStation 4 yang justru lahir setahun lebih lama dibandingkan konsol Nintendo. Namun Nintendo saat ini masih bisa berharap pada handheld 3DS, yang menguasai pasar serta lebih diterima dibandingkan handheld Sony, PS Vita. Pada kesempatan yang sama kemarin, mereka juga mengungkapkan mesin game baru yang bakal mereka siapkan, yang sementara ini disebut sebagai NX.

Mesin Game Baru Nintendo Disebut Sebagai NX

Jadi sekarang ini sudah waktunya kita move on dari Wii U... ?
Baca Juga

Mobile gaming saat ini dianggap sebagai salah satu masa depan industri game, dan peningkatannya sangat pesat. Beberapa contoh nyata menunjukkan keuntungannya pun besar, seperti yang pernah dicalai oleh game seperti Clash of Clans, Puzzle & Dragons, hingga Candy Crush Saga, yang sukses menerapkan konsep bisnis melalui penjualan in-app purchase dalam bentuk powerup dan item selama permainan. Seandainya Nintendo memadukannya dengan perpustakaan karakter mereka yang begitu banyak, kerjasaman dengan perusahaan seperti DeNA yang sudah berpengalaman di bisnis yang satu ini, jelas investor sudah yakin jika Nintendo Mobile Games itu menjadi formula yang paling tepat untuk sukses.

Masa Depan Industri Game Ada di Tangan Mobile Game

Jawaban atas pertanyaan judul artikel ini sebenarnya sudah ada, walaupun belum 100%. Apa benar industri game konsol makin dipengaruhi perkembangan game mobile? Satu yang pasti, Nintendo mengakui jika penjualan mereka menurun karena iPhone. Bagaimana dengan yang lain?
Baca Juga

Nintendo-Mobile-Games-5

Memang di sisi lain sebagai produsen hardware Nintendo saat ini juga sedang “galau” karena penjualan mesin game mereka tidak sesuai perkiraan. Dan mereka sebelumnya sudah sadar jika berbagai analisa yang sudah lama menyebutkan jika mobile gaming akan terus berkembang menjadi salah satu penentu masa depan dunia game, dan dipredisi nantinya akan menggantikan peran handheld gaming, itu benar adanya. Bahkan pemotongan harga yang cukup besar pun untuk Wii U pun sepertinya tidak sanggup mengatrolnya ke tingkat yang menguntungkan.

Nintendo Berniat Membuat Game Android

Laporan terbaru dari salah satu media besar di Jepang Nikkei menyebutkan jika Nintendo bisa jadi akan meluaskan lini bisnisnya dengan mengembangkan game Android.
Baca Juga

Kabar jika Nintendo mempertimbangkan platform Nintendo Mobile Games juga sudah terdengar sejak dua tahun lalu. Mulai dari laporan terbaru dari salah satu media besar di Jepang Nikkei menyebutkan jika Nintendo akan meluaskan lini bisnisnya dengan mengembangkan game Android. Hingga saat ini strategi Nintendo masih sama, merilis game first-party produksi mereka sendiri hanya untuk mesin gamenya. Laporan tersebut yakin jika saat ini Nintendo berencana merilis game bertipe “minigames” untuk smartphone Android. Nintendo berharap minigame tersebut akan membantu menarik perhatian banyak gamer casual yang membanjiri mobile gaming pada konsol dan line-up game mereka.

Nintendo Mobile Games – DeNA Press Conference

Nintendo Mobile Games Bareng DeNA Membuat Nilai Saham Meroket!

Semoga langkah ini mampu mengembalikan kejayaan Nintendo yang sempat dicapai di era Nintendo Wii.

Abaikan

Sumber: Yahoo!


SHARE
Previous articleFinal Fantasy XV Episode Duscae Menyimpan Rahasia Stella Nox Fleuret
Next article10 Ultra Warrior Beraksi Bersama di Movie Ultraman Ginga Terbaru
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.