Hideo Kojima Pensiun? Konami Hapus Eksistensi Kojima Productions!

Nama Hideo Kojima dan Kojima Productions telah dihapus dari branding Metal Gear Solid 5!

Forum NeoGAF dan Reddit sore ini heboh karena mereka menyadari kalau tagline ‘A Hideo Kojima Game’ dan logo Kojima Productions telah dihapus dari poster-poster yang digunakan untuk mengiklankan Metal Gear Solid 5 di website baru Konami.

kojima1
Nama Hideo Kojima telah dihapus dari poster promo Metal Gear Solid 5

Silakan kunjungi website Metal Gear Solid 5 yang telah dibekukan Konami di sini.

Kojima
Tagline ‘A Hideo Kojima Game’ yang sebelumnya selalu dijual untuk mempromosikan Metal Gear Solid 5

Tanggapan Resmi Konami Perihal Rumor Hengkangnya Kojima!

Intinya sih, serial Metal Gear tidak akan berakhir di MGS V The Phantom Pain!
Baca Juga

Makin mencurigakan karena nama Hideo Kojima tidak muncul di daftar terbaru pejabat perusahaan Konami yang mulai efektif per tanggal 1 April nanti. 1 April? Yang berpikiran kalau ini hanyalah joke April fool, perlu diketahui bahwa tanggal tersebut adalah tahun fiskal baru bagi Konami, dan bisa dipastikan kalau hal ini tidak ada hubungannya dengan April Mop

Hal ini tentu saja menyebabkan sebagian orang percaya bahwa Kojima telah keluar dari perusahaan. Padahal Kojima sebelumnya menjabat sebagai executive content officer dan sutradara Kojima Productions.

Kojima
Hideo Kojima

Di sisi lain Kojima Productions tampaknya sudah tidak ada lagi. Website Kojima Productions kini diarahkan ke website Konami, akun Twitter Kojima Productions dipusatkan ke akun khusus Metal Gear Solid, dan Kojima Productions LA studio, yang didirikan pada September 2013 untuk mendukung penuh Kojima Productions dalam pengembangan seri Metal Gear, telah diganti namanya menjadi Konami Los Angeles Studio.

Lewat Eurogamer, public relation Konami mengeluarkan pernyataan resmi:

“Konami Digital Entertainment, including Mr. Kojima, will continue to develop and support Metal Gear products. Please look forward to future announcements.”

Meski tidak ada bantahan bahwa Kojima telah meninggalkan Konami, namun setidaknya Konami ingin menyampaikan bahwa kondisi Metal Gear Solid 5 baik-baik saja (kemungkinan sudah masuk dalam fase post production). Game ini dijadwalkan rilis tanggal 1 September 2015.

Branding baru ini tampaknya berhubungan dengan restrukturisasi Konami awal bulan ini, yang menyebutkan bahwa sistem terpusat di HQ (markas besar) Konami.

Bisa disimpulkan bahwa Konami ingin segala bentuk branding terfokus pada brand Konami, dan bukan lagi brand individual atau studio di bawah Konami, termasuk Kojima Productions. Oleh karenanya tagline ‘A Hideo Kojima Game’ pun dihapuskan.

PR Konami juga menyebutkan:

“As we have already announced, we are shifting our production structure to a headquarters-controlled system, in order to establish a steadfast operating base capable of responding to the rapid market changes that surround our digital entertainment business.”

Pernyataan Konami ini tidak akan mengubah kenyataan bahwa Kojima telah keluar – atau berencana untuk keluar – dari Konami. Game designer legendaris ini telah mengisyaratkan seputar kepergiaannya lewat kicauan di Twitter-nya:

BONUS: Konami tampaknya juga menghapus jejak ‘A Hideo Kojima game” dari game-game lama Metal Gear, seperti Legacy Collection dan Ground Zeroes.

Kojima