Hideo Kojima Bikin Geger, Berikut Tanggapan Resmi Konami!

Intinya sih, serial Metal Gear tidak akan berakhir di MGS V The Phantom Pain!

Hideo Kojima Bikin Geger, Berikut Tanggapan Resmi Konami!

Hideo Kojima Bikin Geger, Berikut Tanggapan Resmi Konami!

Selama Game Developers Conference 2015 yang berlangsung 2-6 Maret lalu, Hideo Kojima mengkonfirmasikan jadwal rilis Metal Gear Solid V The Phantom Pain. Semua penggemar serial Tactical Espionage Action tersebut sontak menyambut baik, dan tidak sabar menunggu kehadirannya pada 1 September 2015 mendatang untuk PS3, PS4, Xbox360, dan Xbox One. Sedangkan bagi para pemilik PC harus bersabar dua minggu lebih lama, karena Kojima Productions akan merilis game ini di Steam pada 15 September 2015.

Hideo Kojima Bikin Geger, Berikut Tanggapan Resmi Konami!

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/03/06/jadwal-rilis-mgs-v-the-phantom-pain/" title="Jadwal Rilis MGS V Dikonfirmasikan!"]

Namun dua minggu setelah kabar tersebut bergulir, muncul kabar lainnya yang tidak kalah menghebohkan. Dikabarkan di tenggah Konami sebenarnya tengah terjadi perebutan kekuasaan, dan masalah komunikasi, yang berujung pada sebuah langkah mengejutkan oleh salah satu penerbit besar Jepang tersebut. Hideo Kojima dan timnya, Kojima Productions bakal dihilangkan eksistensinya dari semua produk yang berbau Metal Gear Solid.

Hideo Kojima Bikin Geger, Berikut Tanggapan Resmi Konami!

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/03/20/hideo-kojima-pensiun/" title="Hideo Kojima Pensiun?"]

Walaupun kabar yang berkembang masih simpang siur, namun kreator serial Metal Gear Hideo Kojima akan disebutkan bakal meninggalkan Konami setelah dia menyelesaikan Metal Gear Solid V: The Phantom Pain. Bahkan dia juga sudah dibatasi langkahnya di tengah Konami, tidak mendapatkan akses internet perusahaan, e-mail, dan jalur komunikasi. Namanya juga sudah dihapus dari beberapa media promosi Metal Gear Solid V, dan intrik di tengah Konami tersebut memicu Konami melakukan perubahan drastis, termasuk status kepegawaian tim Metal Gear. Beberapa pejabat senior Konami berubah status menjadi karyawan kontrak saja, bukanya karyawan tetap. Dan puncaknya nanti setelah mereka menyelesaikan Metal Gear Solid V, Kojima dan tim manajemen senior bakal meninggalkan Konami, dengan kontrak yang berakhir Desember tahun ini.

Hideo Kojima Bikin Geger, Berikut Tanggapan Resmi Konami!

Konami sendiri sangat sibuk selama dua hari belakangan, mereka banyak melakukan perubahan sehubungan dengan rumor sengketa di tengah perusahaan yang melibatkan Kojima Productions dan bosnya, Hideo Kojima ini. Berikut daftar apa saja yang sudah mereka lakukan:

Perubahan yang Berhubungan Dengan Hideo Kojima

  • Akun Twitter Kojima Productions resmi beralih ke @MetalGear_EN dan @MetalGear_JP
  • Laman resmi Kojima Productions kini sudah diarahkan ke portal serial Metal Gear
  • Logo Kojima Productions juga telah dihapus dari portal serial Metal Gear dan laman resmi Metal Gear Solid V (archive.org comparison)
  • Semua petunjuk kalimat “A Hideo Kojima Game” di atas judul setiap game Metal Gear Solid di halaman Konami America’s Metal Gear Solid juga telah dihilangkan (lihat perbandingannya dari sini archive.org)
  • Laman Kojima Productions L.A. kini diarahkan ke Konami.com (lihat perbandingannya di sini archive.org)
  • Nama Hideo Kojima tidak masuk dalam konfirmasi restrukturisasi pegawai tahun ini (sebelumnya dia menduduki posisi “Executive Content Officer”)
  • Kemudian lowongan yang sebelumnya untuk Kojima Productions Los Angeles kini berubah menjadi lowongan untuk Konami Los Angeles Studio

Hideo Kojima Bikin Geger, Berikut Tanggapan Resmi Konami!

Beberapa perubahan tersebut memang membigungkan, dan tidak jelas saat ini bagaimana posisi Hideo Kojima dan timnya, Kojima Productions. Bisa jadi studionya dibubarkan, kita juga bisa mengatakan Hideo Kojima pensiun, atau Konami bisa saja nantinya memasukkan Kojima Productions ke dalam perusahaan mereka sebagai tim yang tidak lagi menjual namanya seperti sebelumnya selalu terpasang dalam setiap media promosi Metal Gear Solid.

Lanjut ke halaman 2.... untuk tanggapan resmi dari Konami sehubungan dengan masalah tersebut!

Hideo Kojima Bikin Geger, Berikut Tanggapan Resmi Konami!

Sampai hari ini Konami memberi konfirmasi resmi langsung melaui website mereka. Pemberitahuan mereka ini memang tidak menjelaskan apa yang terjadi antara mereka dengan Kojima Productions. Bisa kalian lihat di bawah kutipan berita tersebut:

Notification Regarding “METAL GEAR SOLID V: THE PHANTOM PAIN”

March 20th, 2015

To Customers,

Thank you for your continued patronage of KONAMI products and services.

The latest title in the METAL GEAR series,“METAL GEAR SOLID V: THE PHANTOM PAIN” (below, “MGSV: TPP”), will be released as planned starting on Tuesday, September 1st, 2015 in North America, Latin America, and Europe, followed by Japan and Asia on Wednesday, September 2nd. Hideo Kojima will remain involved throughout.

Hideo Kojima stated, "I want to reassure fans that I am 100% involved and will continue working on METAL GEAR SOLID V: THE PHANTOM PAIN; I’m determined to make it the greatest game I’ve directed to date. Don’t miss it!"

In addition, KONAMI will continue to develop and distribute top-quality content in the METAL GEAR series following “MGSV: TPP.” We greatly anticipate and deeply appreciate your ongoing support for METAL GEAR.

As the next step in the series, KONAMI has already resolved to develop new “METAL GEAR”.

We will be conducting interviews for main staff to lead the development.

Reference

  • Announcing Official Organizational Restructuring and Personnel Changes (March 3, 2015)

    http://www.konami-digital-entertainment.co.jp/ja/news/release/2015/0303/?cm_sp=01-_-release-_-20150303

  • “METAL GEAR SOLID V: THE PHANTOM PAIN” Release Date Announced! The Long-Awaited Newest Title in the METAL GEAR Series Goes on Sale Worldwide this September (March 3, 2015)

    http://www.konami-digital-entertainment.co.jp/ja/news/release/2015/0305/?cm_sp=01-_-release-_-20150305

Hideo Kojima Bikin Geger, Berikut Tanggapan Resmi Konami!

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/03/06/jadwal-rilis-mgs-v-the-phantom-pain/" title="The Phantom Pain Akhiri Cerita Metal Gear"]

Kabar tersebut memastikan jika Hideo Kojima masih terlibat dalam tim pengembangan Metal Gear Solid V The Pgantom Pain, walaupun nama timnya sudah dihapus dari beberapa media promosi game tersebut. Kemudian juga didapatkan detail tanggal rilis untuk wilayah Jepang dan Asia, adalah pada tanggal 2 September 2015. Dan tidak ketinggalan, Konami bakal mengadakan wawancana untuk pengembangan game Metal Gear baru... Makin membingungkan, mengingat Hideo Kojima mengatakan sebelumnya, jika Metal Gear Solid V The Phantom Pain bakal menjadi akhir Saga Metal Gear. Press release yang menyebutkan rencana pengembangan seri Metal Gear baru tersebut bisa [outbound_link text="kalian temukan di sini" link="http://www.konami.jp/osirase/150320/"]. Dan beberapa persyaratan lowongan tim pengembang game tersebut [outbound_link text="dituliskan di sini" link="http://www.konami.co.jp/job/jk/spe/mgs.php?cm_mc_uid=75063938103814208448711&cm_mc_sid_50340000|knm02=1426859120"].

Hideo Kojima Bikin Geger, Berikut Tanggapan Resmi Konami!

Sejauh ini segalanya masih belum jelas. Apakah benar mulai 1 April nanti Hideo Kojima benar-benar keluar dari Konami? Apakah dia masih terlibat sampai Metal Gear Solid V The Phantom Pain dirilis? Atau, apakah memang benar Konami sedang menyiapkan seri Metal Gear baru? Sepertinya jawabannya akan kita dapatkan pada tanggal 1 April 2015 nanti.

[youtube_embed id="vHpuHpjmM6s"]

Hideo Kojima Bikin Geger, Berikut Tanggapan Resmi Konami!

Sebagai selingan, kalian lihat saja video di atas, yang memperlihatkan seperti apa replika tangan bionik-nya Snake. Bonus dalam collector’s edition berisi skala 1/2 dari tangan bionik, namun video di atas memperlihatkan lebih dekat seperti apa skala 1/1 dari model tangan bionik tersebut, yang menjadi bonus collector's edition yang dijual oleh situs Konamistyle, dan juga eksklusif Jepang.

Paket collector's edition seharga 29,800 yen (sekitar Rp. 3,3 juta) juga menyertakan art book, disc Blu-ray dengan tambahan video, field map, kopi Metal Gear Solid V The Phantom Pain untuk PlayStation 4, dan juga ada tambahan downloadable content.

Hideo Kojima Bikin Geger, Berikut Tanggapan Resmi Konami!

Kemudian jika kalian memiliki data save Metal Gear Solid V: Ground Zeroes, kalian bisa mentransfer save data dari PS3 ke versi PS3 atau PS4 dari Metal Gear Solid V The Phantom Pain. Demikian juga untuk pemain Ground Zeroes di Xbox 360, bisa mentransfer data save ke versi Xbox 360 atau Xbox One game ini. Data save tersebut bakal membuka kostum Sneaking Snake dan juga menambahkan anggota khusus untuk tim di Mother Base, fitur dari [outbound_link text="Metal Gear Solid: Peace Walker" link="http://en.wikipedia.org/wiki/Metal_Gear_Solid:_Peace_Walker"] yang memungkinkan kalian merekruit dan menangkap prajurit serta mengembangkan base dimana kalian bisa membuat senjata. Mother Base dalam game ini lebih unik, karena bebas kalian cat ulang dengan warna kesukaan (lihat gambar di atas)

[youtube_embed id="wTNESMVZD-U"]

[read_more link="http://www.duniaku.net/2014/12/06/snake-dan-ocelot-selfie-mesra-dalam-mode-online-multiplayer-metal-gear-solid-v-the-phantom-pain/" title="Snake Ketahuan Selfie Mesra Dalam Metal Gear Online!"]

Hideo Kojima Bikin Geger, Berikut Tanggapan Resmi Konami!

Sedangkan trailer lainnya di atas memperlihatkan detail Metal Gear Online, mode multiplayer untuk Metal Gear Solid V The Phantom Pain yang dikembangkan oleh Kojima Productions studio Los Angeles. Trailer di atas, yang dilengkapi komentar, memperlihatkan beragam aspek dalam game, termasuk boneka anjing yang digunakan untuk mengalihkan perhatian musuh. Metal Gear Online didesain oleh studio Los Angeles dari Kojima Productions sebagai game dengan mode utama competitive multiplayer, serta ada “class system” yang memungkinkan kalian mengkustomisasi karakter sendiri.

Hideo Kojima Bikin Geger, Berikut Tanggapan Resmi Konami!

Sumber: [outbound_link text="Konami" link="https://www.konami.com/news/mgsvnotice/"], [outbound_link text="GameSpot" link="http://www.gamespot.com/articles/kojima-expected-to-leave-konami-after-mgs5-inside-/1100-6426024/"] 

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU