Base TH 7 Terkuat Clash of Clans Yang Pernah Ada [Update 2015]

Jangan bingung dengan semakin banyak pilihan layout base Clash of Clans kamu. Simak saja pilihan redaksi duniaku untuk Base TH 7 Terkuat tahun 2015 ini.

Base TH 7 Terkuat Clash of Clans Yang Pernah Ada [Update 2015]

Base TH 7 Terkuat Clash of Clans Yang Pernah Ada [Update 2015]

Perjalanan clashers sudah sudah sampai mana ? Jika sudah sampai TH 7, beberapa tipe serangan yang sebelumnya belum pernah terjadi akan mulai sering menghampiri. Mulai dari serangan Hog, serangan Naga atau bahkan serangan oleh Necromancer dan Golem akan jadi makanan sehari hari.

Di TH7 biasanya clasher akan mulai memikirkan layout yang lebih baik, tertata dan mampu bertahan dari semua serangan lawan. Sayangnya, seperti halnya dalam sebuah game yang seimbang, tidak akan ada formula yang jitu untuk menghadapi segala situasi. Hal ini juga terjadi di Clash of Clans, tidak ada formula yang bisa menghadapi semua jenis serangan.

Pemain harus memikirkan keseimbangan antara ketahanan terhadap salah satu tipe serangan, dengan kemampuan bertahan dari serangan lain. Tentunya disandingkan dengan data, seberapa sering tipe serangan tersebut terjadi dan bagaimana cara serangan dieksekusi.

Berdasarkan analisa yang kami lakukan dari 100 serangan terakhir yang terjadi pada base kami, Jika kamu sudah mencapai TH 7, pola serangan yang paling sering terjadi untuk masing masing liga dijabarkan oleh tabulasi ini.

(catatan : base redaksi level 65 dan terupgrade penuh)

Attack to Kill : Merupakan pola serangan dengan melibatkan kombinasi pasukan terkuat yang dimiliki seperti Naga, Hog, Golem atau Necromancer dengan pasukan lain di tier 1,2 atau 3. Biasanya ditujukan untuk merebut 3 star dan dilakukan oleh pemain yang memiliki TH lebih tinggi. Serangan ini tidak mempertimbangkan banyak atau sedikitnya storage kamu.

Attack to 1 Star : Merupakan pola serangan seadanya yang ditujukan untuk mendapatkan minimal 1 star, seringkali hanya melibatkan pasukan tier bawah seperti barbarian, Archer atau Giant. Serangan ini biasanya dilakukan oleh lawan yang memiliki TH setara atau sedikit lebih tinggi dan bertujuan untuk menaikkan level liga. Serangan tipe ini tidak akan mempertimbangkan jumlah storage yang kamu miliki

Looters : merupakan pola serangan yang secara eksklusif ditujukan untuk meraup keuntungan dari kamu, biasanya menggunakan pasukan murah meriah seperti barbarian, archer dan goblin. Karena ditujukan untuk meraih loot, biasanya menyasar base yang lama tidak di login dan menyisakan banyak sisa loot di ekstraktor.

Drop Trophy : merupakan pola serangan yang ditujukan agar penyerang kehilangan trophy, biasanya menggunakan 1 barbarian saja. Tipe serangan ini cukup menjengkelkan karena kadang bisa menaikkan trophy kamu tanpa dikehendaki.

Selain jenis serangan,  jenis pasukan yang digunakan untuk masing masing liga kami coba jabarkan di tabulasi dibawah ini.

LigaAttack to KillAttack to 1 StarLootersDrop Trophy
Silver 312%45%40%3%
Silver 218%32%45%4%
Silver 120%37%36%7%
Gold 356%22%12%10%
Gold 272%14%8%6%

Dari kedua tabulasi tersebut, kita bisa simpulkan bahwa bahwa untuk membangun base th 7 terkuat, kita harus mempertimbangkan beberapa hal sebagai berikut :

  1. Semakin tinggi ligamu, semakin tinggi persentase lawan yang menyerang untuk mengambil trophy, sehingga jika kamu berniat mengumpulkan trophy, town hall harus semakin terlindung. Di sisi lain, jika kamu berniat melakukan farming, maka town hall mu harus semakin mudah diserang.
  2. Looters semakin berkurang pada saat liga-mu semakin tinggi, sehingga pada liga yang tinggi, layout hybrid harus semakin ditinggalkan dan digantikan layout untuk trophy.
  3. Serangan asal asalan yang bertujuan 1 star akan semakin berkurang saat ligamu semakin tinggi, sehingga semakin tidak perlu dikhawatirkan.
  4. Serangan menggunakan hog semakin sering pada saat liga-mu semakin tinggi, pada beberapa kasus bahkan mencapai 1/3 dari total serangan. Pada liga yang tinggi, wall braker juga semakin sering digunakan, sehingga wall harus diupgrade maksimal.
  5. Hampir setiap serangan selalu ada Giant, Barbarian atau archer, upgrade maksimal kanon, archer tower dan wizard tower merupakan keharusan sebelum naik TH 8

Dari beberapa hal tersebut, layout yang kami rekomendasikan untuk masing masing tipe permainan yaitu farmers, trophy dan hybrid adalah sebagai berikut.

Base TH 7 Terkuat Clash of Clans Yang Pernah Ada [Update 2015]

Base TH 7 Terkuat Untuk Trophy / Defense / War

Tipe base trophy/defense/war terkuat mampu mengarahkan dramage antara 40-49% sehingga anda bisa dapat shield gratis tanpa kehilangan trophy.

Triangle of Death

Base TH 7 Terkuat Clash of Clans Yang Pernah Ada [Update 2015]

Sesuai namanya, base ini memanfaatkan triangulasi mortar untuk damage optimal pada barbarian dan archer yang bisa menyerang dari segala sisi. Penyusunan tembok yang menjorok di beberapa simetri akan menyusahkan wall breaker untuk menghancurkan lebih dari 1 kompartemen.

Walaupun Wizard Tower relatif terekspos, dengan bantuan cannon dan mortar akan menyapu penyerang sebelum bisa menghancurkan pertahanan ini

Penempatan trap di antara kompartemen juga akan membantu mengurangi pasukan seperti giant, barbarian dan archer dengan cepat. Penanganan hog dilakukan menggunakan bomb yang ada di beberapa lokasi strategis dan sesuai gaya bermain.

Dengan penempatan air defense di tengah base, serangan dari air troops juga akan semakin mudah untuk ditangani.

Base TH 7 Terkuat : Hybrid

Base bertipe Hybrid memiliki fokus yang seimbang untuk pertahanan trophy atau resources, perbedaannya adalah base ini tidak sebaik yang memfokuskan ke salah satu diantaranya. Kelemahan ini menjadikan kamu harus menghindari base ini di tingkatan liga yang lebih tinggi

Base TH 7 Terkuat Clash of Clans Yang Pernah Ada [Update 2015]

Layout base ini menyiratkan adanya ilusi tembok yang nampaknya mudah ditembus baik oleh wall breaker atau pasukan tier 1 – 2. Namun dengan penempatan traps yang tersembunyi dan wall yang menonjol disana sini, pastinya tidak akan mudah sama sekali.

Base TH 7 Terkuat : Farming

Berlawanan dengan tipe base trophy atau hybrid, tipe base farming ditujukan agar mudah ditaklukkan oleh lawan. Caranya tidak lain dengan menaruh Town Hall pada tempat yang mudah dihancurkan, khususnya oleh pasukan Tier rendah

Base TH 7 Terkuat Clash of Clans Yang Pernah Ada [Update 2015]

[read_more id="182035"]

Walaupun ditujukan agar th mudah dihancurkan, penempatan penyimpanan resources sangat diperhatikan sehingga sulit sekali dijangkau oleh penyerang dan menghindarkan kehancuran total.

Demikian racikan khusus kami untuk base th 7 terkuat milik kami, citizen punya racikan lain yang ingin ditambahkan ? ingin berbagi tips atau bahkan tidak setuju dengan rumusan ini? cantumkan di kolom komentar ya. Oya, kalau dirasa bermanfaat artikel ini bisa di share ke sesama clashers.

Berikut ini adalah kumpulan Base TH 7 lainnya yang mungkin bisa kamu gunakan:

Tips dan Trik Clash of Clans Yang Mungkin Kamu Butuhkan:

sumber : link, clash of clans builder

[ads_pokkt]

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU

LigaGolemNecroHogNagaGiantArcherWBBarbarian
Silver 3 0% 0%0% 0% 25%51%28% 72%
Silver 20%0%4%3% 27%55%38%65%
Silver 10%1%7%5%22%45%50%60%
Gold 33%4%30%7%25%42%55%44%
Gold 26%8%32%9%31%50%62%50%