Final Fantasy XI Belum Usai, Bisa Dimainkan Melalui Android dan iPhone

Final-Fantasy-XI-1

Akhir pekan kemarin Square Enix mengkonfirmasikan Vana’diel Project, sebuah proyek yang terdiri dari tiga langkah baru untuk Final Fantasy XI, yang mulai memasuki tahun ke 14 mulai Mei 2015 mendatang. Kalian pemain MMORPG Final Fantasy XI pasti mengenal Vana’die, dunia fiksi yang menjadi setting utama Final Fantasy XI. Dengan konfirmasi proyek baru ini, Square Enix berusaha meluaskan game mereka tersebut, untuk memuaskan para penggemarnya selama beberapa tahun ke depan. Berikut detail awal tiga bagian Vana’diel Project tersebut.

The Final Scenario

Final-Fantasy-XI-4

Chapter pertama dari skenario terakhir cerita Final Fantasy XI, “Rhapsodies of Vana’diel,” bakal dirilis bersamaan dengan update game ini pada Mei 2015 mendatang — secara digital, dan gratis. Menjadi puncak keseluruhan kisah Final Fantasy XI, dan membawa bersama karakter dan elemen penting yang sudah dibangun selama 13 tahun seri Final Fantasy XI ini beroperasi. Cerita epiknya ditutup melalui tiga bagian cerita, yang dijadwalkan muncul Mei, Agustus, dan November tahun ini. Update tersebut juga mengenalkan konten baru, seperti pertempuran yang menarik dan reward item yang belum pernah eksis sebelumnya.

Setelah chapter terakhir “Rhapsodies of Vana’diel,” Square Enix bakal menghentikan update besar untuk game ini, hanya maintenance saja untuk memperbaiki konten yang sudah ada, hingga dukungan dan operasi Final Fantasy XI untuk PlayStation 2 dan Xbox 360 dihentikan mulai Maret 2016. Hanya platform PC Windows saja yang masih bisa memainkan Final Fantasy XI setelah bulan yang ditentukan tersebut.

Lebih lanjut lagi, event dalam game “The Goddess’s Gala” juga bakal diadakan, sebuah festival yang menjadi bentuk penghargaan kepada semua pemain yang telah meramaikan Vana’diel selama ini. Festival ini terdiri dari banyak campaign yang bisa dinikmati semua pemain, entah itu yang masih tetap bermain hingga saat ini, hingga mereka yang mungkin sudah “pensiun” dari Final Fantasy XI, namun ingin kembali masuk ke Vana’diel.

Final Fantasy XI Mobile Project

Final-Fantasy-XI-5

Square Enix juga menyiapkan proyek Final Fantasy XI Mobile, berkolaborasi dengan Nexon Co., Ltd, menawarkan generasi baru Final Fantasy XI untuk smartphone dan perangkat mobile. Adaptasi mobile ini menawarkan fitur yang dioptimalkan untuk perangkat mobile, untuk menciptakan pengalaman yang mendalam, responsif dan dinamis. Pertarungan mengajukan antar muka berbasis sentuhan, selain juga pernaikan pada sistem inti Final Fantasy XI, untuk memberikan gameplay Final Fantasy XI yang nyaman dinikmati secara mobile. Final Fantasy XI Mobile dijadwalkan dirilis di Jepang, Korea, Amerika Utara, Eropa dan wilayah Asia.

Final Fantasy Grandmasters – A New Online Game for Smartphones

Final-Fantasy-Grandmaster-1

Final Fantasy Grandmasters menjadi bagian ketiga proyek Vana’diel, game spinoff Final Fantasy XI, dan merupakan game RPG online untuk smartphones. Direncanakan rilis hanya di Jepang tahun 2015 ini, serta meminjam dunia dan juga banyak karakter yang sebelumnya eksis dalam Final Fantasy XI. Berikut beberapa hal yang bisa kami gali dari game ini:

  • Konsep di balik alah satu judul baru Vana’diel Project ini adalah memungkinkan penggemar Final Fantasy XI terus menjelajahi dunia Vana’diel dengan teman, dalam penyajian yang lebih ringan ala game mobile.
  • Square Enix mengembangkannya bersama-samaCrooz Inc., (Knights of Avalon).
  • Game ini dikembangkan untuk platform Android dan iOS.
  • Dalam Final Fantasy Grandmasters, kalian bisa memilih job yang sudah dikenal sebelumnya, dan juga memilih dari beragam equipment untuk dikustomisasi, dilatih, dan dikembangkan karakter orisinalnya dari pilihan yang ada.

Final-Fantasy-Grandmaster-2

  • Disebutkan untuk pertarungannya, mengajukan pertarungan cooperative yang real-time, dimana pemain bisa saling berkomunikasi dengan rekan-rekannya, sembali bertarung mengalahkan musuh, dan mendukung karakter lain selama bertarung.
  • Meskipun cooperative menjadi tema utamanya, namun kalian bisa juga bermain solo.
  • Kalian menemukan beragam daratan seperti Final Fantasy XI, dan meskipun tidak seluas daratan dalam game konsol / PC tersebut, kalian masih bisa berkomiunikasi dan menggunakan emoticon dengan pemain lain.
  • Monster dalam versi mobile ini juga beragam, diambil dari Final Fantasy XI, dan juga ada banyak ability dari versi PC/konsolnya yang ditransfer ke sini.
  • Ada berbagai jenis equipment yang bisa dikumpulkan, mulai berbagai bagian untuk head, body, arms, dan leg.
  • Sudah ada petunjuk jika kalian bebas menjelajahi Vana’diel menggunakan pesawat.
  • Versi beta dari game ini dijadwalkan berlangsung April 2015 nanti.