Dunia Turut Berbelasungkawa atas Wafatnya Lee Kuan Yew

ungkapan belasungkawa lee kuan yew

Wafatnya Lee Kuan Yew membuat para pemimpin dunia berbondong-bondong mengungkapkan belasungkawa

Dunia benar-benar tengah berkabung atas wafatnya salah satu sosok yang berpengaruh dalam beberapa dekade terakhir, Lee Kuan Yew. Pria yang merupakan founding father dan Perdana Menteri pertama Singapura ini baru saja menghembuskan nafas terakhirnya pada tanggal 23 Maret 2015 kemarin. Lee Kuan Yew wafat pada usia 91 tahun, dan akan dimakamkan pada tanggal 29 Maret 2015 mendatang.

20 Kutipan Terkenal Lee Kuan Yew yang Penuh Motivasi

Founding father dari Singapura, Lee Kuan Yew wafat di usia 91 tahun. Berikut adalah kumpulan kata-kata mutiaranya yang penuh motivasi.
Baca Juga

Bukan hanya publik Singapura saja yang merasa kehilangan. Ungkapan belasungkawa pun terus berdatangan dari para pemimpin dunia lainnya. Dimulai dari Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki-moon yang menyebut Lee Kuan Yew sebagai salah satu legenda Asia yang disegani karena jiwa kepemimpinannya. Ungkapan belasungkawa ini pun disampaikan Ban Ki-moon dalam akun Twitter resmi Sekjen PBB.

Selanjutnya, Presiden Jokowi juga menyampaikan rasa duka cita yang mendalam atas wafatnya Lee Kuan Yew. Jokowi menyampaikan rasa duka cita tersebut di sela-sela kunjungan kerjanya di Jepang.

Pemerintah dan rakyat Indonesia mengucapkan duka cita yang mendalam atas wafatnya mantan Perdana Menteri Singapura yang mulia Lee Kuan Yew pada hari Senin, pukul 03.18 waktu setempat. Pemerintah dan rakyat Indonesia mendoakan agar keluarga yang ditinggalkan juga Pemerintah Singapura bangsa dan seluruh rakyat Singapura diberikan kekuatan dan ketabahan dalam menghadapi suasana kedukaan pada saat ini.

Pemerintah dan rakyat Indonesia berkeyakinan bahwa Singapura bisa melalui masa duka dan tumbuh berkembang sesuai dengan aspirasi bangsa dan rakyatnya. Mendiang mantan Perdana Menteri Lee Kuan Yew adalah teman dekat Indonesia. Dan dikenal sebagai bapak pendiri Singapura modern. Dan juga seorang pemimpin dan negarawan besar yang mencintai rakyatnya. – Presiden RI, Joko Widodo

Wafatnya Lee Kuan Yew membuat akun Facebook dari Lee Hsien Loong dibanjiri ungkapan belasungkawa. Lee Hsien Loong adalah putra dari Lee Kuan Yew yang saat ini menjabat sebagai Perdana Menteri Singapura. Tidak lupa, Lee pun mengunggah beberapa foto untuk mengenang mendiang ayah, dan menetapkan satu minggu sejak wafatnya Lee Kuan Yew sebagai hari berkabung nasional Singapura.

karangan bunga dan ungkapan duka cita lee kuan yew
Ucapan duka cita dari warga Singapura yang memadati kediaman Lee Kuan Yew

Tidak lupa, Presiden Amerika Serikat Barack Obama menyampaikan rasa dukanya yang mendalam lewat pernyataan resmi yang dirilisnya.

True giant of history who will be remembered for generations to come as the father of modern Singapore and as one the great strategists of Asian affairs – Barack Obama

Selanjutnya, ungkapan belasungkawa juga datang dari Perdana Menteri Australia, Kevin Rudd melalui akun Twitter resminya.

Wafatnya Lee Kuan Yew bertepatan dengan 50 tahun pasca kemerdekaan Singapura dari Malaysia. Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak tidak lupa juga menyampaikan belasungkawanya kepada sosok yang telah memerdekakan Singapura tersebut.

Perdana Menteri Inggris, David Cameron pun menyampaikan ungkapan belasungkawa beserta beberapa pandangannya terhadap Lee Kuan Yew lewat serangkaian tweet di akun Twitter resminya.

Terakhir, Sekretaris Negara Amerika Serikat, John Kerry juga mengikuti langkah David Cameron dalam menyampaikan beberapa tweet duka cita atas wafatnya Lee Kuan Yew.

Lee Kuan Yew rupanya juga mendapatkan tempat tersendiri bagi pelaku industri kreatif di Singapura. Mereka ramai-ramai memberikan penghormatan untuk mengenang pendiri Singapura ini. Salah satunya adalah Artgerm yang membuat ilustrasi khusus ini.

Bukan hanya Artgerm saja yang membuat ilustrasi kreatif. Beberapa jam setelah wafatnya Lee Kuan Yew, beberapa ilustrasi kreatif lain mulai bermunculan di internet.

ilustrasi lee kuan yew di internet

ilustrasi lee kuan yew

Tidak lupa juga Google Singapore, yang menampilkan pita hitam di bagian bawah layar untuk menunjukkan rasa belasungkawa.

ilustrasi google singapore

Beberapa developer Indonesia pun menyampaikan rasa duka yang mendalam atas wafatnya Lee Kuan Yew ini. Bahkan Touchten Games membuat satu halaman khusus di blog mereka yang didedikasikan untuk mendiang Lee.

Kami segenap redaksi Duniaku juga menyampaikan rasa duka sedalam-dalamnya atas wafatnya Lee Kuan Yew. Semoga keluarga yang ditinggalkan dan juga warga Singapura diberikan kekuatan dan ketabahan dalam menjalaninya.


SHARE
Previous articleSetelah Tiga Tahun, Megaxus Siap Tutup Layanan SD Gundam Online
Next articleFootage Pertama Dragon Ball Z: Extreme Butouden, Goku vs Vegeta Dikeroyok Assist!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.