Cara Root Asus Zenfone 5 Lite Update KitKat Terbaru

Cara mudah dapatkan akses root untuk keluarga terbaru Asus Zenfone...

Cara Root Asus Zenfone 5 Lite Update KitKat Terbaru

Cara Root Asus Zenfone 5 Lite Update KitKat Terbaru

Setelah mendapatkan Android baru, ada beberapa “ritual” yang mungkin dilakukan seorang gadgeter. Biasanya, menguji seberapa kuat kinerja Android mereka dengan melakukan benchmark dalam kondisi standar. Selanjutnya, mencari cara untuk mendapatkan akses ROOT. Memang akses ROOT sangat berisiko bagi yang belum berpengalaman, dan tentu saja membatalkan garansi Android tersebut. Namun karena banyak pengguna Android yang biasanya bosan dan cenderung gonta-ganti Android perlu memindahkan data-data aplikasi atau game (yang belum mendukung cloud save-nya Play Games) mereka di Android yang baru, hanya akses ROOT solusi yang paling praktis.

[read_more link="http://www.duniaku.net/2014/11/23/zenfone-5-boros-baterai-asus-punya-solusinya-downgrade-saja-ke-zenfone-5-lite/" title="Solusi Untuk Zenfone 5 yang Boros Baterai"]

Cara Root Asus Zenfone 5 Lite Update KitKat Terbaru

Sayangnya, karena masalah fragmentasi Android yang begitu besar, cara untuk ROOT tidak selalu sama untuk setiap Android. Dan kali ini kami akan memberikan satu cara mudah untuk mendapatkan akses ROOT untuk salah satu Android yang sudah dirilis akhir Januari 2015 kemarin, yang tidak lain menjadi varian "hemat" dari Android yang sudah eksis sebelumya, Asus Zenfone 5 Lite A502CG. Sebelum masuk ke petunjuk root Asus Zenfone 5 Lite (langsung ke panduan root dengan masuk tautan berikut), simak dulu detail spesiaikasinya berikut, dan juga apa perbedaannya dibandingkan Zenfone 5 sebelumnya.

Spesifikasi Asus Zenfone 5 Lite

Oktober 2014 lalu, atau memasuki masuk 11 bulan sejak pertama kali seri smartphone Asus Zenfone dikonfirmasikan, Asus mengenalkan satu upgrade untuk Zenfone 5, yang mereka beri nama Asus Zenfone 5 Lite. Sesuai namanya Zenfone 5 Lite (A502CG), merupakan downgrade dari ZenFone 5. Tujuannya untuk membuat tipe mengengah tersebut makin terjangkau, meskipun saat ini ZenFone 5 pun juga sudah makin terjangkau harganya. Seperti ZenFone 4S, untuk versi Lite ini akan sama desainnya seperti kedua varian ZenFone 5 (A500CG, A501CG). Penurunan spesifikasi terlihat pada beberapa sisi, seperti prosesor yang kini menjadi 1.2GHz dual-core Intel Atom Z2520 dengan Hyper-Threading (atau ada 4 thread meskipun hanya dua core), serta hanya didukung dengan RAM 1GB (yang dijual di Indonesia RAM-nya 2 GB). Memang prosesornya menurun clock-speed-nya, karena Zenfone 5 sebelumnya mengajukan prosesor 1.6GHz dual-core Hyper-Threading dan jatah pilihan RAM 1GB atau 2GB.

[read_more link="http://www.duniaku.net/2014/01/09/ces-2014-asus-zenfone-android-intel-dengan-harga-mulai-rp-12-jutaan/" title="Ini Lho Jajaran Android Murah Asus!"]

Cara Root Asus Zenfone 5 Lite Update KitKat Terbaru

Di sisi layar, untuk Zenfone 5 Lite yang varian luar, layarnya dipangkas resolusinya, menjadi hanya qHD saja, alias 540×960-pixel. Namun yang di Indonesia, Asus menjualnya dengan spesifikasi yang berbeda. Selain RAM-nya 2GB, resolusi layar Zenfone 5 Lite juga masih tetap HD 720p seperti ZenFone 5 sebelumnya. Downgrade lainnya dari sisi kamera depan, dimana untuk Zenfone 5 Lite kalian hanya mendapatkan kualitas VGA saja, sedangkan Zenfone 5 sebelumnya sudah 2-megapixel.

Di sisi lain Zenfone 5 Lite mengajukan kapasitas baterai yang lebih besar, pada 2,500-mAh — yang seharusnya paling disambut, mengingat baterai Zenfone 5 yang terkenal boros. Selain itu, memory-nya juga sudah menganut teknologi 64-bit, yang logikanya pasti lebih cepat dari tipikal smartphone lain yang mengajukan memory dengan kapasitas yang sama. Sarana fotografi masih sama, ada sensor kamera utama 8-megapixel ber-LED flash, kemudian kalian juga masih bisa memanfaatkan dua slot kartu SIM, koneksi datanya maksimal 3G HSPA saja.

Cara Root Asus Zenfone 5 Lite Update KitKat Terbaru

Meskipun di luar negeri Zenfone 5 Lite spesifikasinya terbatas, dan dijual dengan kisaran harga sekitar Rp. 1,6 jutaan, namun untuk varian di Indonesia Asus tidak mau menawarkan spesifikasi yang nanggung. Namun karena [outbound_link text="halaman resmi Asus Store Indonesia" link="http://store.asus.com/id/item/201502BM240000005/B3709"] tidak menjabarkannya secara detail dengan nama Zenfone 5 Lite, mereka hanya menyebut sebagai Zenfone 5 saja, maka banyak yang terkecoh dengan produk yang statusnya masih coming soon di toko resmi Asus ini. Meskipun Zenfone 5 Lite yang dijual di Indonesia ini perbedaannya dengan Zenfone 5 sebelumnya cukup penting (resolusi kamera depan, dan kecepatan prosesor), namun ternyata harga resminya (Rp. 1,799,000) hanya terpaut kurang dari Rp 200 ribuan saja. Android ini juga bertebaran di banyak toko smartphone, ditawarkan dengan harga lebih murah dari harga Asus, namun dengan garansi distributor saja. Berikut perbedaan antara Zenfone 5 Lite dan Zenfone 5.

Cara Root Asus Zenfone 5 Lite Update KitKat Terbaru

Spesifikasi Asus Zenfone 5 Lite

  • Sistem Operasi Android 4.4 KitKat dengan antarmuka Zen UI
  • Chipset Intel Atom Z2520 dengan dua-core prosesor berkecepatan 1,2GHz
  • Grafis PowerVR SGX544MP2
  • Kamera 8-megapiksel autofokus, aparture f/2.0, LED flash. Kamera depan VGA dengan aparture f/2.8
  • Layar 5-inchi dengan resolusi HD 1280 x 720 pixel, kerapatan 294 ppi (pixel-per-inch), 16 juta warna, IPS capactive LCD dilindungi Gorilla Glass 3
  • Memori RAM 2GB, ROM 8GB
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS , dual micro-SIM
  • Quad band GSM 850/900/1800/1900 & 3G 850/900/1900/2100
  • Dimensi 148.2 x 72.8 x 5.5 mm dengan berat 145 gram
  • Micro-USB mendukung USB OTG
  • Baterai 2500-mAh lithium polymer

[read_more link="http://www.duniaku.net/2014/10/03/keluarga-asus-zenfone-dapatkan-update-android-4-4-kitkat/" title="Keluarga Asus Zenfone 5 Dapatkan Update Android KitKat"]

Cara Root Asus Zenfone 5 Lite Update KitKat Terbaru

Spesifikasi Asus Zenfone 5

  • Sistem Operasi Android 4.3 Jelly Bean dengan antarmuka Zen UI, sudah tersedia upgrade-nya ke Android 4.4 KitKat.
  • Chipset Intel Atom Z2560 dengan dua-core prosesor berkecepatan 1,6GHz
  • Grafis PowerVR SGX544MP2
  • Kamera 8 megapiksel autofokus dengan aparture f/2.0, LED flash. Kamera depan 2-megapiksel dengan aparture f/2.8
  • Layar 5-inchi dengan resolusi HD 1280 x 720 pixel, kerapatan 294 ppi (pixel-per-inch), 16 juta warna, IPS capacitive LCD dilindungi Gorilla Glass 3
  • Memori RAM 2GB, ROM 16GB
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS , dual micro-SIM
  • Quad band GSM 850/900/1800/1900 & 3G 850/900/1900/2100
  • Dimensi 148.2 x 72.8 x 5.5 mm dengan berat 145 gram
  • Micro-USB mendukung USB OTG
  • Baterai 2110-mAh lithium polymer

Lanjut ke halaman 2... untuk panduan rooting Asus Zenfone 5 Lite

Cara Root Asus Zenfone 5 Lite Update KitKat Terbaru

Proses root Asus Zenfone 5 Lite ini sangat mudah. Dengan melakukan rooting, kalian bisa membuat Zenfone 5 Lite yang memang terbatas internal storage-nya menjadi lebih maksimal, karena kalian bisa menempatkan data-data game misalnya, di memory external. Untuk dapatkan akses root Asus Zenfone 5 Lite yang menggunakan Android 4.4 Kitkat ini, kalian memerlukan beberapa file berikut.

  • ADB Driver, bisa kalian unduh langsung dari [outbound_link text="tautan berikut ini" link="http://adbdriver.com/upload/AdbDriverInstaller.exe"].
  • Intel USB Driver, bisa kalian unduh langsung dari [outbound_link text="tautan berikut ini" link="https://software.intel.com/protected-download/385047/494732"].
  • Zenfone Root Tool, bisa kalian unduh langsung dari tautan berikut ini, atau bisa juga dari sini.
  • Aplikasi Asus PC Link, yang bisa kalian unduh langsung dari [outbound_link text="tautan berikut ini" link="http://liveupdate01.asus.com/pub/ASUS/LiveUpdate/Release/ZenFone/APP/LinkRim/PCLinkSetup.exe"].

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/02/02/cara-aktifkan-usb-debugging-untuk-semua-perangkat-android/" title="Cara Aktifkan USB Debugging"]

Cara Root Asus Zenfone 5 Lite Update KitKat Terbaru

Petunjuk Root Asus Zenfone 5 Lite

  • Unduh dan Install ADB Driver ke laptop/PC
  • Unduh dan Install Intel USB Driver ke laptop/PC
  • Yang ini opsional, namun untuk memastikan drivernya tersedia. Unduh dan Install Asus PC Link.
  • Download Zenfone Root Tool. Ada dua, pilih saja salah satu.
  • Aktifkan USB Debugging pada Zenfone 5 Lite kalian. Kami memiliki panduannya di sini, atau masuk ke Setting -> About -> Software Information -> dan sentuh Build Number 7x untuk aktifkan Developer Options.
  • Keluar dari About, masuk Developer Options, dan aktifkan dulu USB Debugging.
  • Hubungkan Zenfone 5 Lite kalian dengan PC/Laptop.
  • Akan ada proses install driver. Seandainya belum berhasil, pastikan install Asus PC Link. Kalian bisa memastikan jika Zenfone 5 Lite terhubung, dengan memeriksa device manager, di sana seharusnya akan ada ASUS Android Device seandainya sukses terhubung.
  • Extract Zenfone Root Tool
  • Jalankan Zenfone-launcher.bat di dalam folder Root Tool sebagai Administrator (klik kanan dan pilih Run as administrator), kemudian pilih 4 kemudian 2, tunggu di layar Zenfone 5 Lite kalian muncul notifikasi, centang kotak di sana, kemudian konfirm.
  • Selanjutya proses root Zenfone 5 Lite ini bakal me-reboot Android kalian, dan saat sudah menyala, seharusnya bakal ada aplikasi Super SU sudah ter-install di drawer.

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU