Nuansa Persona Terasa Dalam Tokyo Xanadu, Game Eksklusif PS Vita

Tokyo-Xanadu-6

Desember 2014 lalu, developer serial The Legend of Heroes dan Ys, Falcom mengkonfirmasikan Tokyo Xanadu, sebuah game eksklusif PS Vita yang mereka sebutkan mengusung jenis baru, “urban myth action RPG,” serta bakal dirilis di Jepang tahun 2015 ini (masih belum pasti, namun dikabarkan muncul September 2015 mendatang). Versi US-nya juga dikabarkan bakal hadir di bawah bendera Xseed Games.

Tokyo Xanadu mengambil setting dunia modern Morimiya City, yang berlokasi di distrik Tama, sekitar luar kota Tokyo. Berkisar pada takdir dua murid SMU, Kou dan Asuka, seiring mereka melintasi Xanadu, sebuah labirin dari dunia lain. Kedua karakter menghadiri Morimiya Academy, dan terperangkap di dalam insiden dari dunia lain, yang menjadi bagian sebuah konspirasi besar di dunia modern. Insiden itu sendiri dipicu oleh karena musibah gempa berkekuatan 7.5 skala richter yang mengguncang Tokyo, dan menimbulkan kerusakan di banyak area. Sepertinya kalian juga bakal menemukan setting yang sarat kehancuran nantinya dalam game eksklusif PS Vita ini.

Tokyo-Xanadu-2

Setting-nya yang tidak jauh dengan masa kini juga sempat menepis anggapan jika Tokyo Xanadu ini menjadi seri baru game Falcom dari tahun 1989 yang berjudul Xanadu, karena game klasik tersebut mengajukan dunia fantasi di tengah serial Dragon Slayer. Namun belakangan disebutkan jika memang game ini menjadi sekuel Xanadu dan Xanadu Next dari tahun 2005 lalu, walaupun model gamenya sedikit berbeda dibandingkan game sebelumnya.

Tokyo-Xanadu-15

Selama menjelajahi setting modern game ini, yang menjadi bagian adventure-nya, kalian bisa memasuki sekolah hingga pusat belanja untuk memicu event, memecahkan puzzle dan misteri, sebelum kembali masuk ke dalam dunia arwah untuk melanjutkan jalannya cerita, sekaligus menjadi bagian action selama permainan — jadi mirip-mirip konsepnya dengan serial Persona terbaru. Selama gameplay di dalam dunia arwah, kalian bakal menjelajahi area seperti labirin, dan bertarung melawan musuh menggunakan senjata yang disebut Soul Devices. Berikut detail tiga karakter yang sudah dikonfirmasikan:

  • Kou Tokisaka (Protagonist) – Pemuda 17 tahun, murid SMU yang dikenal kasar tingkah lakunya, tidak bersahabat terhadap orang lain, serta tipikal murid SMU pada umumnya. Menggunakan senjata sword whip bernama “Anchor Gear,” dan bertarung khusus dengan serangan jarak menengah.
  • Asuka Hiiragi – Teman sekelas Kou, dia murid baru yang baru saja ditransfer dari luar negeri. Berwajah menarik, refleksnya cepat, dan kerap mendapat nilai tinggi, yang akhirnya menjadikannya sebagai ketua kelas. Namun semua itu sepertinya hanya kedok, karena sebenarnya dia bekerja untuk sebuah organisasi yang mengasai Soul Devices, dan menyelidiki insiden yang berhubungan dengan Other World.
    Asuka menggunakan sejata one-handed sword dan khusus menyerang dalam jarak dekat.
  • Sora Ikushima – Remaja 15 tahun yang menjadi murid tingkat pertama di Morimiya High School dan juga anggota klub karate. Digambarkan memiliki kepribadian yang murni dan jujur, dan saat ini tinggal di dalam asrama sekolah. Selama pertarungan dia menggunakan kemampuan karatenya.

Lanjut ke halaman 2… untuk penjelasan sistem game ini!

1
2

SHARE
Previous articleArcane Wars, Game Bernuansa Diablo yang Siap Dirilis di Indonesia!
Next article10 Game Online Terbaru yang Hadir di Indonesia Tahun 2015!
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.