MojikenCamp, Belajar Bikin Game Bareng-bareng yang Asyik ala Mojiken Studio!

mojikencamp

MojikenCamp diharapkan bisa meningkatkan skill dan intuisi masing-masing anggota Mojiken untuk menjadi seorang developer game.

Banyak cara untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam mengerjakan sesuatu. Belajar dan berlatih dengan rutin, bersama teman-teman yang juga memiliki tujuan sama adalah salah satunya. Hal inilah yang coba diaplikasikan oleh Mojiken Studio, salah satu studio game yang ada di Surabaya, dimana mereka mengadakan sebuah pelatihan internal untuk meningkatkan skill dan keterampilan para punggawanya lewat sebuah program yang mereka beri nama MojikenCamp!

“Sejak Februari kemarin kita mengadakan semacam program pelatihan internal yang kami beri nama Mojikencamp,” ungkap Eka Pramudita, CEO dari Mojiken Studio saat dihubungi oleh Duniaku.net. “Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan skill dan juga intuisi masing-masing anggota Mojiken untuk menjadi seorang game developer,” ungkap Eka lebih lanjut.

Eka juga menjelaskan, bahwa format dari MojikenCamp sendiri adalah semacam belajar bersama antar anggota Mojiken Studio. “Format lebih tepatnya seperti belajar bareng sih mas. Tutorial kan sudah ada di internet dan segala macem literatur. Tinggal kita rangkum dan kita presentasikan ke temen-temen maupun dipelajari sendiri,” jelas Eka. “Ketika salah satu ada yang menemukan cara baru dan menarik untuk dicoba, kita saling share satu sama lain,” lanjutnya.

Mojiken Studio Rilis Vamp’s Revenge, Gado-gado Genre yang Adiktif!

Salah satu studio asal Surabaya, Mojiken Studio merilis Vamp's Revenge yang menawarkan kombinasi genre yang adiktif. Seperti apa game-nya? Apa yang mengilhami Mojiken untuk mengembangkan game ini? Simak di dalam!
Baca Juga

Materi yang dipelajari dalam MojikenCamp sangat beragam, dan mencakup pengembangan game dari awal hingga akhir. Setelah hampir satu bulan menyelenggarakan MojikenCamp, Eka menyebutkan bahwa sudah ada beberapa prototype game yang dihasilkan dan akan dirilis secara gratis. “Nanti gamenya berupa prototype demo yang kita rilis free via itch.io. Insya Allah akan ada 6 game, dan sementara platformnya untuk PC,” ungkapnya.

Karena tujuan MojikenCamp ini adalah sebagai sarana latihan, maka semua game yang dibuat bertema klasik, meniru game-game klasik yang pernah populer. “Untuk game kita ini kan tujuannya memang untuk latihan, temanya cloning the classics. Jadi tiap-tiap anak nanti bikin game berdasarkan game classic, terus diberi personality sesuai keinginan mereka,” jelasnya.

mojikencamp
Ultra Space Battle Brawl

Saat artikel ini ditulis, baru ada satu game hasil dari MojikenCamp saja yang sudah dirilis, yaitu Ultra Space Battle Brawl yang bisa kamu dapatkan secara gratis. Game buatan Eka yang bisa dimainkan secara multiplayer ini mengisahkan dua orang yang sedang bertanding baseball di luar angkasa. Eka menjanjikan, bahwa game lainnya akan segera menyusul dirilis dalam waktu dekat lewat itch.io juga. Berikut adalah screenshot dari beberapa game MojikenCamp buatan punggawa lainnya yang bakal dirilis mengikuti Ultra Space Battle Brawl.

Brigitta Rena

mojikencamp

Erel Maatita

mojikencamp

Septiyan Setyo

mojikencamp

Alice Elwin

mojikencamp

Dimas Novan Delfiano

mojikencamp

Pandu Rukmi Utomo

mojikencamp

Sebuah program pelatihan yang cukup menarik bukan? Kira-kira, adakah studio lain yang ingin mencoba untuk mengikuti jejak dari Mojiken Studio ini?


SHARE
Previous articleIni Lho Video Naruto Stage Musical Live Spectacle!
Next articleUpdate Game Online Terbaru Capcom, Dragon’s Dogma Online
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.