Liu Chu Tian, Gadis Balita Tercantik di Dunia!

Untitled-1 copy

Artis dan model cilik Liu Chu Tian sedang naik daun saat ini, hingga diperbincangkan banyak netizen. Balita dengan nama internasional Jessica Liu ini dinobatkan menjadi balita tercantik di dunia. Arti nama “Chu Tian” adalah “musim semi,” tetapi balita yang dipanggil dengan nama akrab Tian-Tian ini justru lahir di musim gugur yaitu 5 September 2009. Memang seperti kenyataannya, paras cantik dan imut Tian-Tian membuat semua orang tertarik untuk melihat aksinya. Banyak orang berpendapat, paras cantiknya itu dikarenakan ia berdarah campuran. Namun setelah ditelusuri lebih jauh, kedua orang tuanya sama-sama orang Tionghoa yang berasal dari Fujian.

Balita Tercantik
Liu Chu Tian lagi makan nih.. “Nom.. Nom.. Nom..”

Sejak kecil kedua orang tuanya sudah mengetahui bahwa Tian-Tian memiliki bakat untuk menjadi bintang. Ketika berumur 2 tahun, Tian-Tian berhasil menjuarai kompetisi selebriti cilik. Sejak saat itulah ia menjadi pusat perhatian masyarakat Tiongkok. Tian-Tian terjun sebagai artis cilik ketika berumur lima tahun. Dan hingga saat ini Tian-Tian tercatat sudah bermain dalam 5 serial telivisi di Tiongkok, dan sekali bermain di layar lebar yaitu di film Dragon Blade yang dibintangi Jackie Chan. Tak luput media iklan juga memakai dia sebagai bintangnya, totalnya kini Tian-Tian telah membintangi 8 iklan.

Balita Tercantik
Muka bebek pun masih terlihat imut.. *Kawaii*

Balita tercantik ini semakin terkenal, foto-foto terbarunya selalu di-update di Weibo dan hingga saat ini memiliki lebih dari 720.000 follower. Tian-Tian juga terpilih untuk mempromosikan pakaian tradisional Tiongkok. Setiap negara pasti memiliki pakaian tradisionalnya tersendiri, misalnya di Indonesia yang paling terkenal adalah Kebaya. Lalu di Jepang kita mengenal Kimono. Dan pakaian yang dipakai Tian-Tian kali ini adalah pakaian tradisional dari masyarakat Han yang disebut Hanzhuang atau Hanfu. Pakaian tradisional ini sendiri sudah berusia 3000 tahun. Namun kini pakaian ini mulai tergeser oleh populernya pakaian-pakaian modern saat ini.

Balita tercantik ini semakin terkenal, foto-foto terbarunya selalu di-update di Weibo dan hingga saat ini memiliki lebih dari 720.000 follower. Tian-Tian juga terpilih untuk mempromosikan pakaian tradisional Tiongkok.

Hanfu biasanya hanya digunakan ketika ada upacara atau festival saja di Tiongkok. Namun sejak tahun 2003, para penggemar Hanfu mencoba untuk menjadikan pakaian ini sebagai pakaian resmi untuk suku Han. Hal ini dilakukan sebagai media promosi agar masyarakat Tiongkok masih mau menggunakan Hanfu setiap harinya. Namun sudah lebih dari satu dekade, tak banyak warga Tiongkok yang memperhatikan gerakan ini. Untuk itu, Tian-Tian yang kini menjadi pusat perhatian publik dipilih untuk mempromosikan Hanfu. Menakjubkan! Meskipun memakai pakaian tradisional, Tian-Tian masih nampak sangat cantik dan imut.

Balita Tercantik
Liu Chu Tian menggunakan Hanfu

Tian-Tian bersuku Han bermarga Liu. Perlu kamu ketahui bahwa suku Han adalah suku paling mendominasi di Tiongkok. Dari sensus yang dilakukan 92% warga Tiongkok bersuku Han. Dan jika dihitung keseluruhan manusia yang ada di bumi, 19% dari mereka adalah keturunan dari suku Han. Di Indonesia sendiri terdapat lebih dari 3 juta penduduk bersuku Han. Kenapa bisa disebut suku Han? Karena suku Han sendiri terbentuk sejak hadirnya dinasti Han di Tiongkok sejak tahun 206 sebelum masehi. Jika kamu mengikuti sejarah Tiga Kerajaan, maka tiga kerajaan Shu, Wu, dan Wei itu merupakan pecahan dinasti Han. Semenjak perpecahan itu, suku Han dipimpin oleh Liu Bei, membentuk dinasti baru bernama Shu Han. Nama Han disini dikarenakan hampir seluruh pengikutnya adalah keturunan suku Han.

Balita Tercantik
Liu Chu Tian: weeeeekk…

Selain pandai berakting di layar kamera, Tian-Tian juga pandai menari dan bernyanyi loh. Ia juga menguasai dua bahasa yaitu mandarin dan min nan (bahasa mandarin tradisional). Nah, bagaimana menurut pembaca, apakah Liu Chu Tian memang pantas menjadi balita tercantik di dunia? Wah, saya sendiri kok jadi tertarik untuk memiliki anak perempuan yah.. Aduh!