Menkominfo Blokir Situs Game yang Belum Memiliki Rating

menkominfo blokir situs game

APRIL MOP ALERT!!!

Disclaimer: Jangan dibawa serius, artikel ini hanyalah bentuk lelucon April mop untuk pembaca setia Duniaku.net. Terima kasih sudah membaca!

Menkominfo blokir situs game yang belum memiliki rating, termasuk situs-situs yang menyebarkan game bajakan.

Kabar kurang mengenakkan kembali datang dari markas Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Indonesia. Setelah beberapa hari lalu Menkominfo blokir situs-situs islam yang dianggap menyebarkan paham radikal, kali ini mereka bersiap melakukan hal yang serupa untuk situs-situs game yang dianggap berbahaya di Indonesia.

Kabarnya, semua situs game yang belum mendapatkan rating resmi akan segera diblokir Menkominfo dalam waktu dekat. Menurut sumber internal dari Kemkominfo berinisial LS (yang tidak ingin disebutkan nama dan inisialnya), hal ini dilakukan sebagai tindakan untuk menyaring situs-situs game yang tidak memiliki nilai positif apapun, termasuk situs-situs game yang menyediakan download game bajakan. “Jika tidak ingin diblokir, maka situs-situs game tersebut terlebih dahulu harus melalui tahap kurasi dari Kemkominfo, dan selanjutnya akan mendapatkan rating sesuai dengan pasar pembaca yang dituju,” ungkapnya kepada Duniaku.net. “Jika tidak lolos kurasi dan tidak mendapatkan rating, maka siap-siap saja Menkominfo blokir situs game tersebut,” lanjutnya.

menkominfo blokir situs game
Menkominfo Indonesia, Rudiantara

Implementasi dari kebijakan ini akan berlangsung dalam tiga tahap. Pertama, Kemkominfo akan mencantumkan daftar situs-situs game yang dianggap negatif, berbahaya dan belum mendapatkan rating resmi dari mereka. Selanjutnya, Kemkominfo akan mulai memblokir layanan game dan payment gateway yang tidak memiliki rating dan belum melalui tahap kurasi sebelumnya. Dan terakhir, Kemkominfo akan menutup total situs-situs game tersebut, dan apabila ada pengunjung yang memasukkan alamat situs tersebut, maka dia akan di-redirect otomatis ke situs resmi Kemkominfo.

Kebijakan ini diharapkan bisa mengurangi pandangan negatif masyarakat terhadap gamer. Seperti yang sering kita tahu, selama ini game seringkali dijadikan kambing hitam atas berbagai masalah sosial yang terjadi di masyarakat. Dengan memblokir situs-situs game yang dianggap berbahaya ini, diharapkan nantinya situs-situs game yang bisa diakses hanyalah yang memiliki muatan positif, sehingga game tidak lagi dipandang sebagai kambing hitam. Pemberian sistem rating ini juga dimaksudkan sebagai media edukasi, agar masyarakat tahu mana situs game yang boleh diakses sesuai dengan umur mereka. Persis seperti yang dilakukan oleh developer dan publisher game yang memberikan rating kepada game yang mereka rilis.

Yah, semoga saja sistem kurasinya benar-benar kredibel, sehingga Kemkominfo tidak gegabah lagi dalam memblokir situs-situs game nantinya.

 


 

Catatan: Artikel ini adalah lelucon April Mop dari Duniaku.net, semoga kalian terhibur!