10 Video Game Ini Menggunakan Bulan Sebagai Setting Utama

Gerhana-Bulan-2

Kami yakin banyak diantara kalian yang mendongak ke langit kemarin malam, karena memang sesuai yang di ungkapkan Lembaga Antariksa Nasional (Lapan), hampir semua wilayah di Indonesia bisa menikmati fenomena alam menarik, ketika Bulan tertutup bayangan Bumi, dan menimbulkan gerhana bulan total.

Gerhana Bulan pada 2015 diprediksi akan terjadi sebanyak tiga kali. Antara lain pada Maret, April, dan September. Hal tersebut lantaran gerhana hanya dapat terjadi saat bulan berada dekat dengan titik-titik dalam orbitnya dimana Bulan melintasi jalur ekliptika.

Seperti diketahui, Gerhana Bulan adalah peristiwa ketika terhalangnya cahaya Matahari oleh Bumi sehingga tidak semuanya sampai ke Bulan. Peristiwa tersebut merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi, dan Bulan.

Gerhana-Bulan-1

Sedangkan Gerhana Bulan hanya terjadi pada saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya. Adapun Gerhana Matahari adalah peristiwa terhalangnya cahaya Matahari oleh Bulan sehingga tidak semuanya sampai ke Bumi dan selalu terjadi pada saat fase bulan baru.

Namun fenomena alam akhir pekan ini dianggap sebagai peristiwa yang langka dan istimewa. Sebab, Gerhana Bulan total terjadi selama empat kali berturut-turut dalam dua tahun, atau sering disebut Gerhana Tetrad.

Gerhana Tetrad biasanya terjadi beberapa kali dalam 2000 tahun. Gerhana Bulan total itu mengubah penampilan bulan Sabtu malam ini, sehingga terlihat ‘merah darah’. Fenomena bulan merah darah terlihat di langit Amerika Utara, Asia, dan Australia.

Secara ilmiah, fenomena Gerhana Bulan ini termasuk langka. Namun karena juga terjadi berdekatan dengan salah satu hari besar keagamaan, ada juga mitos yang mengiringi jika Gerhana Bulan kali ini dianggap bakal mengubah dunia karena sesuatu yang dramatis bakal terjadi. Mungkin bukan kiamat, namun, pastinya akan mengubah seluruh dunia.

Gerhana-Bulan-3

Redaksi Duniaku juga sudah menyaksikan proses Gerhana Bulan ini, yang juga disebut-sebut sebagai Gerhana Bulan tersingkat di abad ini. Dan ketika membayangkan apakah benar akan terjadi sesuatu yang dramatis, hal itu masih belum bisa dibuktikan secara ilmiah.

Namun jika kalian melihat dari dunia video game, Bulan sendiri kerap dijadikan setting sebuah game, juga sempat satu elemen penting yang membangun cerita game tersebut, atau sekadar menjadi salah satu elemen yang membantu karakter dalam mengalahkan musuh.

Termasuk juga, ada pemikiran jika Bulan berhubungan dengan suatu kejadian yang dramatis di tengah ceritanya. Ya, ternyata ada monster jahat yang bersembunyi di dalam Bulan, berniat menghancurkan Bumi… hehe!

Gran-Turismo-6-2

Belum ada penjelasan ilmiah apakah benar akan terjadi sesuatu yang dramatis akibat Gerhana Bulan Berdarah (Blood Moon) kemarin. Namun jika kalian melihat dari dunia video game, Bulan sendiri kerap dijadikan setting sebuah game, juga sempat satu elemen penting yang membangun cerita game tersebut, atau sekadar menjadi salah satu elemen yang membantu karakter dalam mengalahkan musuh.

Berikut 10 video game pilihan kami dimana Bulan menjadi salah satu unsur penting di tengah permainannya:

10

Echo Night: Beyond

Echo-Night-Beyond
Saat bulan madu ke gunung atau ke pantai sudah terlalu mainstream…

Echo Night: Beyond, atau dikenal sebagai Nebula: Echo Night di Jepang, merupakan game adventure survival horror yang dikembangkan oleh From Software untuk PlayStation 2 dan dirilis tahun 2004 lalu. Game ketiga dari serial Echo Night ini mengisahkan cerita hantu dengan tema fiksi ilmiah, mengambil setting dunia masa depan.

Karakter kalian, sepasang suami-istri yang baru saja mendarat di Bulan untuk berbulan madu, namun terpisah karena pesawat yang mereka gunakan menghantam stasiun luar angkasa dimana seharusnya mereka mendarat karena kekuatan supranatural misterius, dan membunuh banyak manusia di sana.

Kalian mengendalikan Richard Osmond, menyusuri stasiun luar angkasa tersebut untuk mencari istrinya, Claudia, yang dipercaya masih hidup. Selain banyak anolami menyeramkan terjadi selama Richard menjelajahi bulan dalam sudut pandang first-person, kalian bakal merasakan atmosfer yang memang seharusnya hanya ada di bulan, seperti tidak adanya gravitasi yang membuatnya melayang.

9

Gran Turismo 6

Gran-Turismo-6-1

Gran Turismo 6 merupakan seri terbaru game simulasi racing realistis yang dikembangkan oleh Polyphony Digital dan Sony Computer Entertainment untuk PlayStation 3. Kalian mungkin masih menunggu kehadiran Gran Turismo 7 yang rencananya diriilis tahun depan, namun jika mencari game racing yang diklaim paling realistis, maka Gran Turismo 6 yang sudah eksis sejak 6 Desember 2013 lalu ini satu-satunya pilihan di konsol Sony.

Gran-Turismo-6-3
Bulan madu aja bisa, apalagi balapan di bulan bukan lagi impian…

Salah satu fitur barunya adalah lintasan yang dinamis, dengan pergantian cuaca bisa terlihat jelas. Kemudian juga diterapkan bulatan stelar atau selestial dinamis, sehingga bintang yang terlihat di langit malam selama kalian balapan di malam hari juga menunjukkan posisi yang sebenarnya. Karena itu juga, kalian juga bisa melakukan racing di Hadley Rille di bulan menggunakan Lunar Rover.

Sensasi Mobil Klasik Dalam Gran Turismo 6

Polyphony akan membuat Gran Turismo 6 bukan sekadar sebuah game simulasi racing, namun juga sebuah media bagi kita untuk bernostalgia dengan mobil klasik.
Baca Juga

Lanjut ke halaman 2, Citizen!