Bingung Sama Timeline Fast and Furious? Baca Dulu yang Satu Ini!

Timeline Fast and Furious

Film yang dimulai dengan Fast & Furious pada 2001 ini seolah tidak bosan membuat kita terhibur selama 14 tahun ini. Walaupun tentu saja dengan timeline Fast and Furious yang sedikit maju mundur tentunya akan membuat kalian kebingungan.

Bagaimana tidak bingung? Serial ketiga film ini, Tokyo Drift justru berada tepat sebelum seri ke 7 berjalan. Sebagai spoiler nih (silahkan blok text warna putih berikut), kalau kalian nonton Fast & Furious 7 nanti silahkan kalian perhatikan bagaimana Lucas Black yang memerankan tokoh utama Tokyo Drift, Sean Boswell akan muncul dan akan terlihat lebih tua dibanding 9 tahun lalu saat seri ke 3 film ini dirilis.

Nah, buat kalian yang bingung bagaimana sih seharusnya alur cerita dari seluruh seri franchise Fast & Furious dan malas jika harus maraton nonton satu-persatu filmnya atau mungkin ada satu seri yang terlewat belum kalian tonton? Jangan khawatir kami sudah menyiapkan alur cerita yang runtun beserta sinopsis tiap seri.

Daftar Lengkap Mobil Yang Akan Muncul Dalam Furious 7!

Ini lho, daftar mobil-mobil MAHAL yang (kemungkinan besar) bakal DIHANCURKAN di Furious 7!
Baca Juga

1

The Fast and The Furious (2001)

The Fast and The Furious

Brian O’Conner yang merupakan anggota polisi LA ditugaskan untuk menyamar sebagai pembalap liar untuk kasus pencurian truk. Seorang pembalap jalanan legendaris yang juga residivis, Dominic Toretto, dicurigai menjadi dalang dalam kasus ini beserta dengan gerombolannya yang diantara lain Vince, teman masa kecilnya dan juga Letty Ortis yang juga merupakan seorang pembalap jalan dan juga sekaligus kekasih Dom. Awalnya Brian perpura-pura untuk menyelamatkan Dom yang hampir tertangkap polisi agar bisa mendekati buruannya ini. Setelah itu Brian pun berhasil masuk ke dalam lingkungan Dom dan kawan-kawannya, sekaligus megetahui mengenai rival Dom, Jhonny Tran, pimpinan mafia korea.

Aksi kejar-kerjaran dan balapan di jalanan jelas menjadi suguhan utama dalam film ini, terlebih saat Dom mengikutsertakan Brian dalam Perang Balapan (Race Wars). Brian yang semakin jauh terlibat dalam lingkungan Dom sempat mendapatkan kesepatan untuk meringkus Dom dan komplotannya. Namun pada akhirnya ia justru melepaskan Dom dengan memberikan kunci mobilnya saat polisi datang menyergap.


2

2 Fast 2 Furious (2003)

2 Fast 2 Furious

Brian yang dipecat dari kesatuannya akibat membiarkan Dom kabur kini ia pun hidup dalam pelarian dan bersembunyi di Miami. Brian hidup dari hasil taruhan balapan liar dan tinggal di sebuah gubuk di dalam garasi milik bandar balapan yang juga memiliki bengkel, Tej Parker. Hingga akhirnya suatu malam Brian tertangkap dan diberikan sebuah tawaran untuk bebas dari segala tuntutan dengan cara kembali menyamar untuk mengungkap jaringan kartel milik, Carter Verone.

Dalam seri ini Brian tidak berduet dengan Dom, namun dengan Rome Pearce yang merupakan teman masa kecilnya. Rome yang juga residivis harus hidup sebagai tahanan rumah, ia pun ditawari untuk dibebaskan dengan cara membantu Brian. Serial ini menyuguhkan balapan dan aksi jalanan yang jauh lebih banyak dan menarik dengan berbagai trik dibandingkan seri sebelumnya. Brian dan Rome yang menyamar sebagai kurir Verone akhirnya diberikan tugas untuk melarikan uangnya. Berkat informasi dari Fuentes, agen federal yang menyamar sebagai tangan kanan Verone, Brian dan Rome mengetahui jika Verone berencana akan menghabisi mereka berdua setelah pekerjaannya selesai.

Kejar-kejaran antara pihak Brian, polisi dan Verone jelas tidak bisa lagi dielakkan. Namun pada akhir cerita tentu saja Brian dan Rome berhasil meringkus Verone, membersihkan nama mereka dan mencuri sebagian uang Verone yang seharusnya mereka antar.


3

Fast & Furious (2009)

Fast & Furious

Sebelum seri ini sebenarnya ada sebuah film pendek perjudul Los Bandoleros yang menceritakan kelanjutan kisah Dom setelah berhasil kabur pada akhir seri pertama. Dalam film pendek tersebut juga diceritakan bagaimana ia berkumpul kembali dengan Letty dan mendapatkan kawanan baru termasuk Han Lue yang merupakan teman lamanya. Dom dan kawanannya kemudian menjadi spesialis pembajak tangki minyak yang kemudian hasilnya mereka jual dan dibagikan pada kaum miskin di Republik Dominika. Itulah kenapa pada awal film terdapat adegan Dom dan kawanannya yang sedang membajak sebuah tangki minyak.

Setelah sukses melakukan pembajakan berkali-kali tentunya ini bukan tanpa resiko. Dom yang menyadari hal ini pun meninggalkan kawanannya menuju kota Panama dengan harapan pihak berwenang akan memburunya dan melepaskan yang lain. Namun ditengah pelarian Dom dihubungi adiknya Mia yang mengabarkan bahwa Letty mati terbunuh. Ia pun bergegas menuju L.A. untuk mencari pembunuhnya.

Sementara itu, Brian menemukan pekerjaan baru sebagai agen FBI. Kali ini ia lagi-lagi menyamar untuk menyelidiki kasus kartel naroba yang dipimpin oleh Arturo Braga. Lagi-lagi ia pun menyamar sebagai kurir sewaan. Saat inilah Brian kembali bertemu dengan Dom juga ikut sebagai kurir sewaan untuk menyelidiki kematian Letty. Seiring berjalannya waktu, terungkap bahwa benar Letty mati ditangan kawanan Braga. Dom juga mengetahui bahwa Letty menyusup ke dalam sindikat Braga atas pengawasan Brian. Meski sempat bertengkar akhirnya Dom dan Brian bisa kembali akur dan berhasil meringkus Braga. Tidak hanya meringkus, namun Dom membalaskan dendam Mia dengan membunuhnya. Akibat ini Dom kemudian harus ditahan seumur hidup karena catatan kejahatannya selama ini. Kali ini pun Ia tidak kabur dan membiarkan dirinya tertangkap. Walaupun memang pada akhir film ini ada adegan Brian, Mia dan 2 rekannya yang mencoba menyelamatkan Dom dengan membajak bus yang membawanya ke penjara.

Seri ini mulai lebih dominan sisi aksi pertarungan dan drama dibandingkan dengan aksi balapan yang seharusnya menjadi fokus cerita jika melihat seri-seri sebelumnya.

Lanjut ke halaman 2, Citizen!

1
2

SHARE
Previous articleReview Fast and Furious 7, Paul Walker Pun Akan Terhibur oleh Film ini!
Next articlePuzzle & Dragons Super Mario Bikin Tukang Ledeng Berkumis Jadi Kian Manis!
Penggemar semi maniak lagu-lagu Jepang dengan vokalis cewek, terutama yang pegang gitar. Masih sibuk menata hidup demi kelancaran ngepulin racun kuping langsung dari negeri sakura. Baginya ada batas jelas antara musisi dan idol yang gak bisa dilanggar