Yo-Kai Watch Keluar Jepang! Game, Mainan dan Animenya Dirilis Tahun Depan!

Yo-Kai-Watch-2

Yo-Kai Watch, atau disebut juga di Jepang dengan nama Youkai Watch, merupakan serial role-playing game yang diproduksi oleh Level-5. Game pertamanya dirilis untuk Nintendo 3DS di Jepang pada 11 Juli 2013. Sukses game tersebut membuka jalan pada beberapa sekuel. Yo-Kai Watch 2: Ganso and Honke muncul setahun kemudian pada 10 Juli 2014, dan kemudian versi extended dari game kedua tersebut, Yo-Kai Watch 2: Shin’uchi dirilis 13 Desember 2014 kemarin di Jepang. Hanya di Jepang saja, total penjualan serial video game Yo-Kai Watch mencapai tujuh juta kopi. Tidak mengherankan jika Level-5 mulai berencana ekspansi ke luar Jepang.

Yo-Kai-Watch-1

Hanya di Jepang saja, total penjualan serial video game Yo-Kai Watch mencapai tujuh juta kopi. Tidak mengherankan jika Level-5 mulai berencana ekspansi ke luar Jepang.

Selain game, franchise ini juga telah merambah platform lainnya, seperti anime, mainan, buku dan film. Mainan Yo-Kai Medal yang juga berkaitan dengan gamenya dilaporkan juga telah dipasarkan hingga 200 juta unit hingga akhir Maret 2015 kemarin. Dan saat ini Level-5 juga telah melakukan kerjasama dengan Hasbro untuk memasarkan jajaran mainan Yo-Kai Watch ke Barat mulai tahun 2016 mendatang. Selain mainan, seri buku Yo-Kai Watch juga ikut laris, dan diakui sudah terjual 10 juta kopi (juga ada seri shōnen manga yang dimuat di CoroCoro Comic mulai Desember 2012, dan shōjo manga yang dimuat di Ciao magazine mulai Desember 2013), kemudian film Yo-Kai Watch (selain serial animenya juga sudah diputar sejak Januari 2014) di Jepang saja juga berhasil meraih pendapatan hingga 7.6 milyar yen sejak diputar Desember 2014 lalu.

Yo-Kai-Watch-3

Melihat sukses tersebut, tidak ada alasan bagi Nintendo mengabulkan harapan penggemar Yo-Kai Watch di luar Jepang mendapatkan versi translasinya, mengiringi dipastikannya seri mainan Yo-Kai Watch dan juga manga-nya, yang bakal diterbitkan oleh VIZ Media di Barat. Selama event Level-5 Vision yang berlangsung hari ini di Jepang, developer tersebut kembali menegaskan kehadiran versi translasi Yo-Kai Watch.

Di Barat, Nintendo bakal berperan sebagai penerbit semua game Yo-Kai Watch, seperti halnya Hasbro yang kebagian menangani seri mainannya, dan VIZ Media untuk komiknya. Kedua perusahaan tersebut juga yang berperan menyebarkan seri anime franchise ini ke Barat (melalui Viz Media Europe di Eropa dan Dentsu USA, Hasbro di Amerika Utara). Selama event, juga diperlihatkan beberapa klip anime Yo-Kai Watch dalam bahasa Inggris.

Yo-Kai-Watch-4

Yo-Kai Watch bakal dirilis di Amerika Utara pada tahun 2016, dan mengikuti peluncurannya di wilayah tersebut, Hasbro dan Level 5 bakal terus menyebarkannya ke wilayah lainnya, hingga target peluncuran globalnya terealisasi pada akhir 2016. Nintendo sendiri juga ikut mengungkapkan jika mereka akan memasarkan game Yo-Kai Watch di Barat, walaupun tidak disebutkan kapan tanggal pastinya. Namun yang pasti franchise ini bakal eksis di Amerika Utara, Amerika Latin, Eropa, Australia, Selandia Baru dan juga Korea.

Yo-Kai Watch terpusat pada seorang anak laki-laki bernama Keita Amano (menjadi Nathan Adams di Barat) yang baru saja mendapatkan sebuah jam tangan spesial yang membuatnya bisa menemukan, berteman dan memanggil Yo-kai misterius dan membantunya dalam memecahkan masalah hidup sehari-hari — masalah yang berujung pada pertarungan dengan Yo-Kai lainnya. Biasanya, masalah tersebut ditimbulkan oleh Yo-kai lainnya.

Yo-Kai-Watch-5

Nama Yo-Kai memang memiliki arti khusus di Jepang. Terjemahan langsungnya menunjuk pada “hantu,” namun di sini Nintendo mengatakan jika mereka bukanlan hantu, monster, atau suatu makhluk. Yo-Kai justru cukup dikenal sebagai Yo-Kai saja, dan bentuknya bisa beragam, mirip seperti benda mati, atau sampai mengingatkan pada makhluk mitos Jepang. Mereka tidak bisa diluhat mata manusia biasa, namun ada dimana-mana, serta kepribadian mereka juga mengingatkan pada manusia — bisa jadi, karena ada yang menyebutkan mereka lahir dari arwah manusia yang telah meninggal.


SHARE
Previous articleAncaman Team Ninja Gak Mempan, Mod DoA 5: Last Round PC yang NSFW Tetap Bermunculan!
Next articleYo-Kai Watch 3 Dikonfirmasikan, Siap Ketemu Dengan Hantu Dari Amerika
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.