Layton 7 Tak Lagi Eksklusif Nintendo, Kini Juga Dirilis Untuk Android dan iPhone

layton 7

Layton 7 tak lagi Eksklusif untuk Nintendo 3DS. Bahkan hanya akan dirilis untuk Mobile?

Kita pasti kenal dengan franchise Professor Layton, sebuah game puzzle-adventure yang dikembangkan oleh Level-5. Hingga kini game ini sudah merilis enam seri utama, dan dua spin-off. Dan masing-masing seri Professor Layton hanya dirilis secara eksklusif untuk handheld Nintendo DS dan 3DS. Seri utama sendiri menceritakan petualangan Professor Hershel Layton dan Luke Triton mengungkap misteri yang belum terungkap.

Biasanya hingga saat ini game serial Professor Layton berisi tentang puzzle. Kamu harus memecahkan puzzle-puzzle tersebut untuk menemukan klu, yang digunakan untuk melanjutkan perjalanan atau mengungkap misteri yang lainnya. Selain puzzle, kamu bisa mengunjungi dan memeriksa berbagai wilayah baru. Setiap wilayah biasanya memiliki koin rahasia yang bisa kamu gunakan untuk membeli “HINT” saat mengerjakan puzzle.

Layton 7
Akihiro Hino mengenalkan Layton 7 pada acara Level 5 Vision 2015

Nah, pada tahun ini Level 5 sudah memberikan detil baru seri Professor Layton ke tujuh. Judul resminya hingga saat ini sangat singkat hanya Layton 7. Meski tak ada embel-embel Professor dibelakang nama Layton, karakter utama yang ditampilkan masih lah Professor Hershel Layton. Akan tetapi, mengejutkannya, game ketujuh Level 5 ini tak lagi eksklusif untuk 3DS! Menurut presiden Level-5, Akihiro Hino, menyatakan bahwa game ini akan dirilis untuk mobile, baik Android maupun iOS. Bahkan pada parhelatan acara “Level-5 Vision 2015 – The Beginning,” ia tak menyertakan perilisan versi 3DS-nya. Apakah benar game ini pada akhirnya hanya akan dirilis untuk mobile saja?

The Great Ace Attorney Buatmu Lebih Greget Dalam Persidangan

The Great Ace Attorney Buatmu Greget Dalam Persidangan. Sejumlah karakter baru dan gameplay baru pun juga sudah dikonfirmasi Capcom.
Baca Juga
Layton 7
Para karakter yang muncul di Layton 7

Namun untuk sistem permainnya, nampaknya Layton 7 ini kan sangat berbeda dengan keenam seri utamanya. Menghadirkan beberapa karakter unik yang bisa kamu lihat diatas ini, kini permainan tak hanya sekedar puzzle. Kamu sebagai Professor Layton tak lagi menyelediki misteri suatu peninggalan kuno, tapi harus menemukan pengkhianat yang disebut sebagai “Vampire.” Pengkianat ini bisa jadi salah satu dari karakter-karakter yang ada. Untuk karakter yang sudah dikonfirmasi hingga saat ini adalah: supir taxi, anak kecil, pengusaha, kakek tua, zombie, dan ibu-ibu, dan seekor anjing.

Layton 7
Kamu bisa melihat interaksi antar karakter yang ada di sebuah kota berender 3D.

Kamu juga bisa berkeliling kota, melihat para karakter melakukan aktifitas sehari-hari. Para karakter ini akan saling berinteraksi jika bertemu. Kamu bisa melihat interaksi mereka, mencatat apakah mereka benar-benar orang baik atau justru si “Vampire.” Misalnya saja, ketika ibu-ibu tersebut bertemu dengan seekor anjing di jalan, kamu akan melihat sebuah pop-up bahwa si anjing geram, berarti kamu bisa mencurigai bahwa si ibu tersebut adalah si “Vampire.”

Layton 7
Cuplikan gameplay Layton 7, melibatkan permainan kartu dan interaksi karakter.

Selain bekeliling di kota untuk melihat para interaksi antar karakter, nantinya kamu juga akan masuk pada sebuah ruangan diskusi yang lebih detil melihat interaksi para karakter yang tergambarkan melalui foto dan teks. Disini kemampuan dan intuisimu dalam menganalisa tiap karakter akan diuji. Setiap pilihan yang kamu lakukan akan menentukan siapa yang akan memenangkan permainan, kamu atau si “Vampire.” Diakhir diskusi ini kamu harus menentukan siapa si “Vampire” yang sebenarnya, jika kamu salah memilih si pengkhianat yang sesungguhnya, maka kamu akan kalah.

Layton 7
Kartu Professor Layton dan beberapa simbol peran lainnya

Belum ada detil lebih lanjut dari sistem permainan Layton 7 ini. Namun dilihat dari gambar diatas, bisa diasumsikan bahwa di game ini, semua karakter memiliki perannya masing-masing. Salah satu peran yang harus diungkap adalah peran “Vampire” tersebut. Layton 7 akan dirilis pada musim panas di Jepang untuk mobile. Sedangkan untuk versi 3DS dan versi translasi Inggris-nya masih belum diumumkan. Semoga saja game ini akan dirilis secara mendunia yah. Kita tunggu saja kabar baiknya dari pihak Level-5.