Kenali Para “Transformers” yang Eksis Dalam Xenoblade Chronicles X!

Xenoblade-Chronicles-X-9

Menjelang perilisan Xenoblade Chronicles X dirilis untuk Wii U di Jepang pada 29 April 2015, Nintendo terus membangun hype penggemar akan salah satu RPG terbesar untuk konsol generasi delapan ini. Dan yang terbaru, Nintendo memberikan video presentasi sepanjang 30 menit yang menjelaskan mengenai Doll, dan sistem serta mekanis yang kalian temui selama mengendalikan mecha tempur tersebut, sekaligus juga fitur online yang memungkinkan kalian memainkan game ini bersama pemain lain. Langsung saja kalian lihat videonya di bawah, dan keseluruhan artikel ini sampai di bawah adalah mem-breakdown apa isi video presentasi Nintendo ini:

Xenoblade Chronicles X

Kenali Para “Transformers” yang Eksis Dalam Xenoblade Chronicles X!

Meskipun "turun pangkat," bukan lagi sebagai robot legendaris, namun konsep Transformers-nya bikin kami gak sabar mainin game ini... Oh ya, Jangan lupa untuk meng-asuransikan robot kalian!

Abaikan

Xenoblade Chronicles X Lebih Baik Dari Final Fantasy XV?

Xenoblade Chronicles X Better Than Final Fantasy XV, Xenoblade Chronicles X vs Final Fantasy XV, Xenoblade Chronicles X vs FF XV, Final Fantasy XV vs Xenoblade Chronicles X
Baca Juga

Kami memulainya dengan Doll. Mecha ini menjadi media transportasi terbaik untuk berkeliling Planet Mira. Namun kalian tidak mendapat akses robot canggih ini dari awal permainan. Nantinya setelah mendapatkan Doll, karakter bisa mencapai area yang sebelumnya tidak bisa dijangkau. Hanya anggota Blade yang memiliki ijin khusus yang bisa mendapatkan dan mengoperasikan Doll. Lihat kembali seperti apa perubahan Doll dari mecha ke kendaraan transportasi pada video di bawah:


 

Semua Doll dalam Xenoblade Chronicles X ini dibuat oleh Takayuki Yanase, yang pasti sudah kalian kenal, karena dia juga yang mendesain mecha untuk proyek anime dan game seperti Ghost in the Shell: Arise dan Metal Gear Rising. Beberapa artwork-nya untuk mecha / Doll dalam game ini bisa kalian lihat di sepanjang artikel ini. Desainnya familiar? Ya, karena dia juga yang mendesain banyak Mobile Suit dan Gundam untuk Mobile Suit Gundam 00, bersama desain mecha lainnya untuk Deadman Wonderland dan Eureka Seven: AO. Untuk game lainnya, desainnya kalian temukan di beberapa seri Armored Core dan Super Robot Taisen.

Ini Keadaan Manusia di Planet Asing

Xenoblade Chronicles X Perlihatkan Keadaan Manusia Ketika Pindah ke Planet Asing
Baca Juga

Xenoblade-Chronicles-X-1

Tipe Doll 

Ada tiga tipe Doll yang bisa ditumpangi dan dikendalikan karakter dalam Xenoblade Chronicles X:

  • Light Type – HP rendah namun memiliki kemampuan menghindari tinggi.
  • Middle Type – Seimbang dan mudah dikendalikan.
  • Heavy Type – HP tertinggi, memiliki armor berat untuk pertahanan besar, dan butuh keahlian lebih untuk mengendalikannya.

Fitur Online Xenoblade Chronicles X Ini Bikin Kalian Terus Eksis!

Fitur Network Xenoblade Chronicles X bikin karakter kalian selalu terhubung dengan pemain lain secara online. Xenoblade Chronicles X 3DS.
Baca Juga

Dan di tengah tipe Doll tersebut, ada banyak model Doll lainnya. Semua tipe dan model Doll bisa berubah menjadi kendaraan darat bergantung pada tipe mereka, sekaligus juga kelebihan dan kekurangannya sendiri. Doll model Urban yang masuk tipe Light, memiliki dua roda sehingga perubahannya seperti motor, cepat, lincah dan sangat baik digunakan untuk nge-drift. Inferno Doll perubahannya seperti mobil beroda empat, terfokus pada kestabilan dan kemudahan pengendalian. Juga ada tipe lainnya, seperti Caterpillar. Bergantung pada tipe Doll, mereka memiliki wujud perubahan yang unik, dan juga bahkan ada wujud perubahan mirip tank.

Xenoblade-Chronicles-X-16

Doll juga bisa terbang menggunakan perlengkapan tambahan yang disebut flight pack (di New Los Angeles ada lokasi test drive untuk terbang). Namun bahan bakarnya terbatas, dan jika kehabisan bahan bakar, mereka kembali mendarat. Mendapatkan Doll tidak perlu banyak pengorbanan seperti dalam Xenogears misalnya. Mereka bisa dibeli di Blade Shop, dan kalian bisa menyimpannya sebanyak-banyaknya. Tentu saja jika karakter kalian cukup kata dalam game, karena harganya mahal.

Xenoblade-Chronicles-X-19

Equipment dan Pertarungan

  • Seperti karakter, Doll bisa menyerang otomatis dan menggunakan Arts. Dan Arts mereka berubah bergantung equipment yang dikenakan.
  • Equipment yang bisa dipasang antara lain: hand weapon khusus untuk auto-attack, hand weapon khusus untuk melancarkan Arts, spare weapon, back weapon, dan shoulder weapon. Selain senjata auto-attack, semuanya senjata tersebut bisa memberi Arts pada Doll.

Xenoblade-Chronicles-X-20

  • Namun tidak semuanya bisa dipasang sekaligus. Senjata Arts memiliki slot dan bisa terpisah dipasangkan entah di sisi kiri dan kanan Doll.
  • Arm weapon diantaranya, seperti beam shield dan vulcan. Terkadang senjata yang bisa dipasang di Arm . lengan Doll memiliki property dengan efek buff dan debuff.
  • Spare weapon biasanya dikenakan di bagian kaki Doll. Biasanya tidak butuh waktu tunggu lama sebelum Art-nya bisa digunakan kembali dan mudah sekali digunakan. Namun Spare Weapons tidak terlalu kuat melawan senjata seperti Beam Saber dan Grenade.

Xenoblade-Chronicles-X-21

  • Back weapon biasanya sangat kuat. Doll yang menggunakan back weapon di slot tangan kanan biasa menggunakan senjata ini untuk menyerang, dan efeknya sangat kuat. Sedangkan Doll yang mengguankan di slot tangan kiri lebih banyak menggunakannya untuk pendukung. Beberapa tipe senjata Back membutuhkan kedua slot dan memberi efek yang luar biasa.

Lanjut ke halaman 2… untuk dua senjata Doll yang jauh lebih kuat lagi!

1
2

SHARE
Previous article10 Karakter Terkuat Dragon Ball Z dan Power Level Mereka!
Next articleNetwork Xenoblade Chronicles X Bikin Karakter Kalian Selalu Online!
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.