Berbagi Ilmu dan Pererat Komunitas Developer Game Surabaya dalam Gathering GADAS

gathering gadas

Gathering GADAS bulan April 2015 menjadi media untuk saling mempererat komunitas dan juga berbagi ilmu antar anggotanya

Komunitas Game Developer Arek Suroboyo atau yang lebih dikenal dengan GADAS kembali mengadakan gathering untuk mempererat hubungan masing-masing anggotanya. Berbeda dengan gathering-gathering sebelumnya yang seringkali mengambil lokasi di sebuah restoran atau salah satu studio yang ada di Surabaya, kali ini gathering GADAS diadakan bekerja sama dengan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), sehingga bertempat di salah satu ruangan politeknik tersebut.

gathering gadas

Dibandingkan gathering sebelumnya, peserta gathering GADAS kali ini pun cukup banyak, sekitar 60 orang yang terdiri dari berbagai kalangan, mulai dari anggota studio game di Surabaya seperti Mojiken Studio, Maulidan Games, Anoman Studio dan Alkemis Games, dosen, hingga mahasiswa PENS sendiri. Selain sebagai media untuk mempererat hubungan anggotanya, gathering kali ini juga dimanfaatkan sebagai media sharing teknologi pengembangan game yang tengah hangat saat ini.

gathering gadas

Sesi sharing pertama dibawakan oleh Ramadhany Chandra, ketua dari GADAS sekaligus salah satu programmer dari Maulidan Games. Chandra membawakan materi Augmented Reality Games, yang disebut-sebut sebagai salah satu teknologi game masa depan. Selain memberikan penjelasan mengenai apa itu Augmented Reality Games, tidak lupa Chandra juga memberikan beberapa contoh game yang menerapkan teknologi tersebut, termasuk game yang pernah dia kembangkan. Kamu juga bisa membaca presentasi mengenai Augmented Reality Games ini melalui halaman Slideshare-nya.

gathering gadas

Sesi sharing kedua dibawakan oleh Yusuf Umar dari Dolanan Games. Yusuf memberikan materi mengenai pengenalan teknologi shader, yang merupakan salah satu teknologi dalam GPU programming. Yusuf juga memberikan sedikit demo implementasi dari shader ini dan juga beberapa proyek yang tengah dikembangkannya. Kamu juga bisa membaca presentasi dari Yusuf ini melalui halaman Slideshare-nya.

gathering gadas

Pasca dua sesi sharing, acara dilanjutkan dengan showcase game-game buatan beberapa studio Surabaya. Pertama ada Mojiken Studio yang menampilkan beberapa game hasil MojikenCamp yang mereka selenggarakan. MojikenCamp sendiri adalah program pelatihan internal yang bertujuan untuk meningkatkan skill dan juga intuisi masing-masing anggota Mojiken untuk menjadi seorang game developer. Kamu bisa mencicipi game-game hasil dari MojikenCamp ini melalui Itch.io.

MojikenCamp, Belajar Bikin Game Bareng-bareng yang Asyik ala Mojiken Studio!

Hasil karya mereka bisa kamu mainkan secara gratis lho!
Baca Juga

gathering gadas

Showcase kedua datang dari Maulidan Games yang memamerkan beberapa game tycoon yang menjadi andalan mereka seperti Cattle Tycoon dan Tropical Ice Tycoon. Maulidan Games sendiri memiliki resolusi membuat 100 game untuk tahun 2015 ini, dan sampai saat ini sudah ada sekitar 10 game yang sudah selesai pengembangannya. Sebagian besar game yang dikembangkan Maulidan Games adalah web based game, dan kamu bisa mengunjungi halaman resminya untuk melihat dan mencicipi game yang mereka buat.

Sampai jumpa di gathering GADAS selanjutnya!


SHARE
Previous article[NSFW] Benarkah Pita Ajaib Hestia Ini Berguna?
Next articleIni Dia Fitur Andalan GTA 5 PC yang Tidak Kamu Temui di Versi Konsolnya!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.