5 Hal Konyol di Mortal Kombat X yang Gak Banget Deh!

mortal kombat x

Rilisnya Mortal Kombat X ternyata meninggalkan kesan yang meriah, akan tetapi….

Mortal Kombat X telah rilis  pada 14 April lalu. Pertarungan seru yang dinanti-nanti para kombatan akhirnya tiba juga. Netherrealm Studios pun telah menjaga hype ini dalam beberapa bulan terakhir. Demi mengobarkan semangat menyambut Mortal Kombat X, Netherrealm Studios telah membuat berbagai teaser, trailer, hingga test play kepada publik melalui Kombat Kast.

Namun di balik gegap gempita Mortal Kombat X, tetap terdapat nilai minusnya. Perilisan game ini memang disambut meriah oleh para gitar (gila tarung) maupun kombatan (fans Mortal Kombat), namun ternyata ada beberapa hal yang bisa dibilang mengecewakan terkait fitur-fitur di Mortal Kombat X. Bahkan beberapa di antaranya terasa konyol dan tak masuk akal!

Mortal Kombat X pada dasarnya merupakan game yang bagus –bahkan menjadi salah satu game paling ditunggu tahun ini-. Namun tiada gading yang tak retak, begitu juga dengan Mortal Kombat X ini. Berikut adalah 5 hal yang Duniaku anggap konyol yang terdapat pada Mortal Kombat X.


1

Crash dan Bugs


Baru saja rilis, terdapat kabar bahwa Mortal Kombat X memiliki masalah crash mendadak saat mengakses menu. Dan kabar lainnya adalah sebenarnya Mortal Kombat menjanjikan akses DLC  untuk beberapa konten bagi yang telah melakukan pre-order, namun sayangnya pada hari pertama perilisan game ini konon DLC ini justru tidak bisa di-download.

Kemungkinan perilisan Mortal Kombat X ini mendahului rencana awal sehingga masih terdapat beberapa crash dan bug. Bahkan perilisan untuk Playstation 3 dan Xbox 360 telah ditunda. Apakah sebenarnya Mortal Kombat X belum siap untuk rilis? Semoga saja Netherrealm Studios siap memberikan akses update patch untuk perbaikan masalah ini.


2

Unlock All Krypt dengan... membayar!


Kabar baiknya, fitur Krypt kembali hadir di Mortal Kombat X. Dengan semakin banyak bermain, kita akan mendapatkan koins untuk membuka berbagai fitur terkunci di Mortal Kombat X. Bahkan Krypt di sini semakin seru untuk dijelajahi, dan menjadi fitur yang menarik di selang waktu jika kita sedang bosan bertarung!

mortal kombat x

5 Hal Konyol di Mortal Kombat X yang Gak Banget Deh!

Yah, tiada gading yang tak retak...

Abaikan

Namun Netherrealm Studios mencoba mengeksploitasi fitur Krypt ini. Memang berbagai fitur menarik terkunci di Krypt ini seperti senjata baru, kostum alternatif, bahkan kita bisa menemukan koins gratisan yang tersembunyi di berbagai sudut Krypt. Akan tetapi, Netherrealm Studios menawarkan fitur meng-unlock seluruh rahasia Krypt…. dengan bayaran tertentu! Memang hal ini akan menghemat waktu karena membuka semua Krypt tidaklah sebentar, tapi apakah kostumer sampai segitunya akan membayar cuma sekadar untuk meng-unlock Krypt? Naluri bisnis Netherrealm Studios memang patut dipertanyakan.

Sayangnya, fitur ini bukan fitur terkonyol di Mortal Kombat X. Kamu akan temukan kenyataan pahit di pembahasan berikutnya.


3

Kostum Alternatif yang aneh


mortal kombat x (2)

Kostum alternatif memang biasa menjadi fitur yang menarik di dunia Mortal Kombat. Jika dulu alternatif kostum hanya berupa perbedaan sprite, maka game Mortal Kombat di next gen menawarkan variasi yang lebih menarik. Netherrealm Studios menyediakan berbagai kostum alternatif yang menarik, sehingga memberikan warna tersendiri pada pilihan pemain yang ada.

mortal kombat x

5 Hal Konyol di Mortal Kombat X yang Gak Banget Deh!

Yah, tiada gading yang tak retak...

Abaikan

Namun untuk game secanggih Mortal Kombat X, Netherrealm justru menyediakan beberapa kostum alternatif yang konyol, walaupun bisa dibilang unik. Kostum yang Duniaku anggap konyol adalah kostum Farmer untuk Jax serta kostum Ninja Mime untuk Johnny Cage. Jax yang berotot dan berkesan militer namun pakaiannya seperti petani. Sedangkan Ninja Mime konon adalah salah satu film yang dibintangi Johnny Cage. Tapi tentu saja memakai kostum ini saat bertarung berdarah-darah adalah hal yang konyol.


4

Quitality


Hal yang menarik dari Mortal K0mbat X adalah kehadiran fitur online. Namun fitur online ini digarap lebih baik dengan adanya fitur Faction War untuk mendapatkan fitur-fitur khusus saat faction kita menang. Terdapat 5 faction yang saling berseteru antara lain Special Forces, Black Dragon, White Lotus, Lin Kuei, dan Brotherhood of Shadow.

 mortal kombat x (4)

Namun terdapat fitur aneh jika kita bermain online. Jangan coba-coba dc atau disconnect saat bertarung online, karena kita akan terkena finisher yang mematikan -dan lebih tepatnya memalukan. Finisher ini dikenal dengan sebutan “Quitality”.

mortal kombat x

5 Hal Konyol di Mortal Kombat X yang Gak Banget Deh!

Yah, tiada gading yang tak retak...

Abaikan

Quitality akan terjadi jika salah satu kombatan disconnect dari pertarungan. Tidak nanggung-nanggung, kepala pemain tersebut akan meledak untuk memunculkan efek jera.

mortal kombat x (5)

Tapi Penulis rasa ini adalah fitur yang nggak banget untuk game sekelas Mortal Kombat X. Entahlah, bagaimana menurutmu?


5

Easy Fatality

Fatality merupakan sensasi tersendiri di dunia Mortal Kombat. Mengakhiri suatu pertarungan, kombatan mendapat kesempatan untuk menyelesaikan lawannya. Dengan melakukan Fatality, kombatan akan menyelesaikan pertarungan dengan membunuh lawannya secara sadis dan brutal. Fatality sejak lama menjadi trademark untuk Mortal Kombat X.

Sekali lagi, Fatality sekalipun tak luput dari eksploitasi dari bisnis. Konon, Netherrealm mendapat masukan dari fans bahwa sesekali mereka kagok saat melakukan finisher sehingga pertarungan berakhir di luar harapan mereka. Hal ini karena eksekusi Fatality memang selalu mudah. Jika kagok maupun panik, komando tekan tombol akan menjadi kacau sehingga Fatality pun gagal dilaksanakan.

mortal kombat x (3)

Namun Netherrealm menawarkan fitur easy fatality, dimana dengan komando yang lebih mudah diharapkan kombatan dapat melakukan Fatality dengan baik. Akan tetapi ternyata fitur ini bukan fitur yang gratis, karena easy Fatality hanya bisa diperoleh jika kita membeli DLC tertentu!

Mengeluarkan uang untuk Fatality yang lebih mudah, sepertinya ini termasuk DLC yang mengada-ada dan menggelikan. Mencari keuntungan memang bukan sesuatu hal yang salah, namun tetap saja kadang tidak semua hal pantas untuk dibisniskan, dan easy Fatality bisa dibilang termasuk hal tersebut.


SHARE
Previous articleKeceriaan Para Aktor Avengers di Acara Jimmy Kimmel Live!
Next articleTrailer Yakuza Apocalypse: Mad Dog Jadi OTAKU?!
Toto yang merupakan pemerhati dunia komik dan game ini pernah menjalani karier sebagai editor buku anak selama 3 tahun. Bekerja dalam dunia anak membuat jiwa mudanya selalu ada dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini, orang yang melanjutkan karier nya sebagai perancang pameran ini suka bereksplorasi seni melalui tulisan dan gambar (desain), yang kebanyakan terinspirasi dari berbagai komik dan game kesukaannya.