17 Etika Sosial di Jepang Yang Perlu Kamu Ketahui!

etika sosial di Jepang

Kamu ingin pergi ke Jepang? Ada baiknya kamu mengetahui 18 etika sosial di Jepang ini sebelum pergi ke Jepang. Apa sajakah itu?

Kalau kamu ingin pergi ke Jepang atau mungkin tinggal di sana, ada baiknya kamu mengetahui etika-etika sosial di Jepang sana. Hal ini tentu saja karena budaya di Jepang berbeda dengan di Indonesia. Ada beberapa hal yang boleh dan tidak boleh kamu lakukan ketika berada di Jepang. Lantas apa sajakah itu? Berikut ini 17 etika sosial di Jepang yang perlu kamu ketahui!


1

Es Krim Itu Digigit


etika sosial di jepang gigit es krimOrang Jepang tidak menjilati es krim mereka, tetapi digigit! Ouch… *megang pipi


2

Orang Jepang Biasanya Tidak Mengenakan Deodorant


 etika sosial di jepang lap keringatOrang Jepang biasanya tidak mengenakan deodoran. Mereka terbiasa mengelap keringat mereka dan mengenakan parfum.


3

Noda Sekecil Apapun di dalam Toilet Itu Jorok!


 etika sosial di jepang toiletDi Indonesia sendiri, hal ini juga termasuk jorok. Tapi di Jepang, hal ini bisa dibilang sangat jorok.


4

Jangan Makan Sambil Jalan!


etika sosial di jepang makan sambil lariMakan sambil jalan, atau bahkan berlari, dianggap sangat tidak sopan di Jepang. Di Indonesia sendiri sebenarnya makan sambil jalan juga tidak sopan lho! Lebih baik makan sambil duduk!


5

Jangan Makan Sambil Menghadap ke Mangkuk/Piring!


etika sosial di jepang makan menghadap ke mangkuk
Jangan makan seperti Goku ya?!

10 Karakter Terkuat Dragon Ball Z dan Power Level Mereka!

Setiap karakter dalam Dragon Ball Z memiliki power level yang menentukan kekuatan mereka, kira-kira siapakah karakter terkuat Dragon Ball Z?
Baca Juga

Ketika kamu makan sambil menghadap mangkuk/piring, jangan sampai kamu menghadap ke arah mangkok atau piring itu. Kamu akan terlihat seperti seekor anjing yang sedang makan di mata orang Jepang.


6

Gunakan Sumpit dengan Tangan Kanan


etika sosial di jepang gunakan sumpit di tangan kanan
Apapun yang terjadi, jangan gunakan tangan kiri!

 Hampir sama seperti di Indonesia yang menggunakan sendok, di Jepang kita juga makan menggunakan sumpit dengan tangan kanan dan hanya tangan kanan (jangan gunakan dua tangan ya?)


7

Sushi Sudah Ada Sausnya? Jangan Dicelupkan Lagi!


etika sosial di jepang sushi

Masakan Soma ini Bisa kalian Tiru dan Masak Sendiri!

Tidak hanya sang produser, sang pengisi suara Yukihira Soma pun ikut membuat masakan Soma tiruan mereka! Mulai dari yang enak hingga tidak enak dicoba!
Baca Juga

Jika sushi-mu sudah ada sausnya, lebih baik jangan dicelupkan lagi ke dalam saus!


8

Kalau Makan Mie Ramen Harus Bunyi ‘Sluurp’


etika sosial di jepang ramen

Gara-Gara Makan Mochi, dalam 2 Hari, 9 Orang Meninggal!

Baru dua hari bergulir di tahun 2015 ini sudah jatuh korban gara-gara memakan mochi: 9 nyawa melayang sementara 128 lainnya dilarikan ke rumah sakit!
Baca Juga

Orang Jepang menganggap kamu akan menikmati ramen yang kamu makan jika kamu memakannya sambil bunyi ‘Sluuurrp’. Tapi hati-hati tersedak ya?


9

Memanggil Seseorang Gendut Bukanlah Hal Yang Tidak Sopan


etika sosial di jepang gendutBoleh saja, tetapi ingat: jangan berlebihan!


10

Berpelukan atau Berciuman Saat Berpisah Bukanlah Budaya Jepang


etika sosial di jepang berpelukanDalam budaya Jepang biasanya mereka hanya membungkuk atau melambaikan tangan ketika mengucapkan salam perpisahan.


11

Tidak Sopan Berbicara Melalui Telepon Dalam Kereta


 etika sosial di jepang kereta

10 Ciri-Ciri Otaku Menurut Orang Jepang

Kira-kira, bagaimana ya orang Jepang menilai bahwa seseorang itu Otaku atau bukan? Inilah 10 ciri-ciri Otaku menurut orang Jepang!
Baca Juga

Intinya jangan berisik, sampai-sampai mengganggu penumpang lain. Oh, dan terlalu sering terlihat membawa gadget akan membuatmu terlihat seperti Otaku di Jepang lho!


12

Cuek!


etika sosial di jepang cuek

Cewek Hapus Game Pacarnya Karena Cemburu, Mereka pun PUTUS!

Seorang cewek hapus game pacarnya karena cemburu. Padahal game tersebut adalah game kesayangan si pacar! Adegan selanjutnya? Mereka bedua putus.
Baca Juga

Kalau ada seseorang yang menjahili atau melakukan sesuatu hal yang tidak mengenakan kepadamu, respon paling benar adalah: cuek. Jika kamu merespon orang itu, itu bisa berarti kamu mau meladeni mereka dan mereka malah semakin bersemangat melakukan hal yang mengganggu bagimu itu. Tapi ya jangan terlalu cuek juga kalau mereka sudah kelewatan batas!


13

Lepaskan Sepatumu Ketika Masuk Ruang Ganti


etika sosial di jepang ruang gantiTentu saja, supaya ruang ganti tidak kotor.


14

Pastikan Sepatumu Menghadap ke Pintu


etika sosial di jepang sepatuKetika masuk ke dalam rumah atau suatu ruangan, pastikan kamu mencopot sepatumu didepan pintu masuk. Oh, dan jangan lupa ujung sepatumu harus menghadap pintu!


15

Orang Jepang Tidak Memakan Kulit Buah Atau Menggigit Langsung Buah


etika sosial di jepang anggur
Bahkan anggur pun dikupas…

Mereka biasanya mengupas kulit buah dan memotongnya kecil-kecil sebelum akhirnya dimakan.


16

Jangan Sisakan Nasi!


etika sosial di jepang makan sambil nasi

5 Makanan Unik yang Hanya Bisa Dibeli di Jepang

5 Makanan Unik yang Hanya Bisa Dibeli di Jepang. Bosan dengan makanan yang itu-itu saja? Mungkin makanan unik ini bisa jadi alternatifmu.
Baca Juga

Yang ini hampir sama seperti di Indonesia, tetapi orang Jepang lebih menekankan kamu untuk menghabiskan nasimu!


17

Tidak Ada Peraturan Untuk Menggunakan Seatbelt Bagi Yang Duduk di Belakang


etika sosial di jepang mobil

18 Hal Yang Sering Kamu Temukan di Jalan Raya

Jalanan di Indonesia memang agak beda dibandingkan dengan jalanan di negara-negara lain. Berikut ini adalah 18 hal yang sering kamu temukan di Jalan Raya.
Baca Juga

Sampai saat tulisan ini dibuat, tidak ada peraturan untuk menggunakan seatbelt bagi penumpang yang duduk di kursi belakang. Jadi, penumpang yang duduk di kursi belakang sampai saat ini tidak menggunakan seatbelt. Kalau di Indonesia? Semua penumpang tidak menggunakan seatbelt!

Itulah tadi etika sosial di Jepang yang harus kamu perhatikan ketika berada di Jepang. Kira-kira nomor berapa yang membuatmu terkejut? Ataukah kamu ingin menambahkan etika sosial di Jepang lainnya? Share pengetahuanmu tentang Jepang di kolom komentar ya?

Sumber: GoBoino

SHARE
Previous articleHyperdimension Neptunia PC Kedua Dipastikan Hadir Mei 2015
Next articleIdea Factory Ngebut, Hyperdimension Neptunia Re;Birth 3 Rilis Juni di Luar Jepang!
Veteran game survival-horror terutama game seri Resident Evil dan Dead Space. Menurutnya, game survival-horror adalah obat terbaik dalam menangani stress (karena ketakutan, jadi lupa sama stress-nya). Selain memainkan game, dia juga gemar mengikuti anime, manga, comic, film dan novel. Saat ini sibuk menulis banyak judul light novel di Wattpad, light novel-nya yang berjudul The Alternative sudah dicetak.