Review Hearthstone Versi Smartphone, Game Kartu Terlaris di Dunia!

game kartu

Hearthstone

Developer: Blizzard Entertainment
Genre: Game Kartu
Download:
iOS iTunes
Android Play Store

Pada 14 April 2015 lalu, Blizzard pada akhirnya merilis game kartu terlaris mereka yaitu Hearthstone untuk iOS dan Android phone.

Sebelumnya mereka sudah merilisnya untuk versi iPad dan tablet Android. Hanya saja, tampilannya terlalu kecil jika digunakan untuk bermain di smartphone. Nah, untuk tampilan Hearthstone versi smartphone kali ini sedikit mengalami perubahan, meskipun untuk gameplay-nya sendiri tidak berubah. Antar mukanya sedikit diperkecil sesuai ukuran smartphone-mu, lalu untuk kartu yang dipegang lawan akan tersingkir ke kiri atas layar, sedangkan kartu yang kamu bawa akan tersingkir ke kanan bawah layar. Pada saat giliranmu bermain, kartu yang sebelumnya tersingkir di kanan bawah layar, akan menuju ke tengah layar dan ukurannya diperbesar. Ukuran area permainan juga lebih mengecil dan terlihat sempit. Selain hal yang mengecil, beberapa bagian tulisan diperbesar untuk memudahkan pemain untuk membaca. Terdapat juga fitur zoom-In untuk membaca efek kartu agar lebih jelas.

game kartu
Fitur Zoom-In, lebih jelas membaca kartu baik milik musuh atau milikmu

Hearthstone bisa diakses secara multiple-device, kamu bisa memainkannya di PC, Mac, Tablet, maupun Smartphone menggunakan satu ID. Jika kamu sudah memainkan Hearthstone sebelumnya, kamu bisa mengisikan ID Battle.Net-mu untuk mengakses akunmu. Nah, untuk kamu yang belum pernah memainkannya, kamu akan diberikan tutorial seperti versi lainnya sekaligus mendapatkan bonus set kartu pemula yang sudah bisa kamu gunakan untuk bermain. Sedangkan untuk pemain lama yang memainkan game ini di Smartphone menggunakan ID terdahulunya juga akan mendapatkan hadiah menarik kok. Jadi jangan lupa untuk mengunduh game kartu terlaris di dunia ini ya! Dengan adanya versi smartphone ini, Hearthstone bisa dimainkan dimana saja, dan kapan saja. Misalnya ketika kamu sedang melakukan gym, disaat istirahat kamu bisa meluangkan waktu untuk bermain satu game. Hehe!

game kartu
Hadiah yang kamu dapatkan ketika bermain Hearthstone di iPhone!

Kini masuk ke bagian review gameplay-nya. Meskipun antar muka dan tampilan-tampilan lainnya berbeda dari aslinya, semua elemen gameplay-nya tetap sama. Kamu bisa bermain game kartu ini di berbagai mode: Play, Arena, atau Practice. Untuk kamu yag masih pemula, saya sarankan untuk bermain Practice terlebih dulu. Selain membuka class baru, kamu bisa memilih class mana yang cocok untuk gaya permainanmu. Setiap class memiliki level, sedangkan dengan mengikuti Practice, kamu bisa mendapatkan EXP untuk meningkatkannya hingga level 20. Selama peningkatan level ini, kamu akan mendapatkan kartu baru yang sesuai dengan Class yang kamu pilih. Jangan lupa bermain di Unranked atau Ranked untuk menyelesaikan misi harian. Misi harian memberikanmu sejumlah Gold, yang bisa kamu gunakan untuk membeli pack kartu atau mengikuti tournament. Jika kamu belum menguasai, saya sarankan untuk membeli pack kartu terlebih dulu.

Review Hearthstone Versi Smartphone, Game Kartu Terlaris di Dunia!

Kini bermain game kartu Hearthstone tak harus menggunakan tablet atau PC. Cukup mainkannya di smartphone Android atau iPhone kalian!

Abaikan

Oh ya, banyak yang bertanya, apakah Hearthstone versi smartphone ini boros battery? Sebab game kartu ini memang menampilkan kualitas grafis cukup tinggi, sehingga membuat smartphone-mu bekerja keras. Jawabannya semua tergantung dari jenis smartphone yang kamu gunakan dan gaya permainanmu. Telah dicoba menggunakan iPhone 6, jika kamu bermain dengan deck yang bisa menghabisi musuhnya dengan cepat misalnya Hunter hanya mengurangi 3-4% dari jumlah battery. Sedangkan jika kamu menggunakan deck control Warrior yang permainannya lebih lama, maka 10% battery akan terkuras. Cukup irit, jika dibandingkan dengan game grafis tinggi lainnya.

game kartu
Tampilan Hearthstone versi Smartphone

Hearthstone merupakan game yang cukup berat untuk ukuran mobile. Kamu memerlukan RAM yang cukup, jika tidak akan terjadi lag dan crash saat bermain. Sungguh mengganggu bukan? Untuk memainkan game ini, kamu memerlukan device yang kompatibel. Untuk iOS, minimal kamu bisa memainkan game ini menggunakan iPhone 4S atau jika kamu memiliki iPod Generasi ke 5, kamu juga bisa menggunakannya. Untuk versi yang direkomendasi adalah iOS 5.0. Sedangkan untuk android, minimal kamu memerlukan sebuah device dengan versi Android 4.0, memiliki RAM setidaknya 1 GB. Beberapa smartphone yang direkomendasi dari pihak Blizzard sendiri antara lain: Samsung Galaxy Note 4, HTC One M8, dan Moto X. Mereka juga telah merancang agar game ini agar berjalan dengan baik di Android 5.0 Lollipop.