Masakan Soma ini Bisa kalian Tiru dan Masak Sendiri!

Masakan Soma

Shokugeki no Soma dikenal sebagai salah satu animanga yang tidak hanya membawa tema masak namun juga teknik-teknik masak yang memang ada dan masuk akal. Walaupun tentunya ada beberapa aksen khas anime yang dibawa untuk memeriahkan suasana. Masakan-masakan Soma pun terbukti bisa diwujudkan. Penasaran seperti apa wujud masakan aslinya?

Shokugeki no Soma mengisahkan tentang Yukihira Soma, seorang bocah yang baru saja lulus SMP dan ditantang oleh Ayahnya untuk masuk ke sekolah masak elite, Akademi Tootsuki. Di sekolah itu juga sang Ayah dulunya menimba ilmu memasak. Sebelumnya Soma membantu ayahnya berjualan di kedai keluarganya sehingga memasak bukanlah hal asing baginya. Ia juga sering mengadu masakannya denga sang ayah walaupu ia belum pernah menang. Masakan Soma dan sang ayah sendiri tidak selalu enak, terkadang mereka justru bertarung untuk membuat masakan dengan rasa paling buruk. Kalian juga bisa ikut memasak seperti Soma melalui video tutorial berikut.

Video diatas merupakan episode pertama dari acara bulanan di niconico video yang berjudul Shokugeki no Soma ~Oshokujidokoro Matsuoka~ (Shokugeki no Soma ~Restoran Matsuoka~). Dalam acara ini sang pengisi suara Soma sendiri, Matsuoka Yoshitsugu, yang menjadi pemandu acara. Disini ia ditemani oleh Takahashi Minami  yang mengisi suara  sang herroine, Tadokoro Megumi. Dalam episode pertama diatas Matsuoka meniru masakan pertama Soma yang muncul di manga dan anime-nya, yaitu campuran antara gurita dan selai kacang.

Masakan Soma

Masakan Soma ini memang dibuat dengan tujuan untuk menciptakan rasa yang sangat buruk, sehingga jangan ditanya kenapa Matsuoka membuat ekspresi yang aneh saat mengincipinya.

Masakan Soma
Sudah jelas gak enak ya dicoba, hahaha
Masakan Soma
Semoga di benak matsuoka ia tidak mengalami hal ini, hehehe

Tidak hanya membuat masakan Soma, di acara ini Matsuoka juga memasak dengan resep buatannya sendiri. Dalam kesempatan ini ia pun mengajarkan cara membuat nasi goreng hasil kreasinya.

Masakan Soma
Kelihatannya enak….
Masakan Soma
Melihat ekspresi Takahashi, sepertinya memang enak

Tidak hanya dari video diatas, dalam edisi tankobon manga Shokugeki no Soma juga tertulis resep masakan-masakan yang bisa kalian coba sendiri di rumah. Jika nantinya manga ini dirilis oleh publisher lokal, tentunya banyak yang berharap resep ini juga disertakan. Dalam versi rilisan Viz Media sendiri keberadaan resep ini pun masih dipertahankan.

Masakan Soma
Semoga penerbit lokal juga berminat menerbitkan manga ini

Di kesempatan lain, sang produser animasi dan musik untuk anime Shokugeki no Soma, Dohi Noriko, juga ikut menunjukkan keahliannya dalam meniru masakan Soma. Melalui akun twitternya ia memposting dua buah masakan Soma yang ia buat.

Masakan yang pertama  ialah “nanchatte roast pork” (babi panggang tiruan), masakan ini dibuat Soma dengan tujuan untuk membuat tiruan dari babi panggang yang membutuhkan daging dalam jumlah yang tidak sedikit, dan menggantinya dengan bacon dan kentang. Resep makanan ini dengan detail dijelaskan di episode pertama animenya. Hasil masakan Dohi sepertinya cukup berhasil hanya dengan meniru yang ada di animenya.

Ada salah seorang fans yang mencoba ikut meniru masakan di episode perdana Soma ini, namun sepertinya ia kurang berhasil.

Masakan kedua ialah “Furikake Gohan Transformasi”, resep ini secara detail tertulis pada edisi perdana tankobon Shokugeki no Soma, sehingga relatif lebih mudah untuk ditiru.

Masakan Soma yang terakhir, “Furikake Gohan Transformasi ” ternyata juga ada versi lainnya.  Dalam versi ini menggunakan mayonaise teriyaki dan potongan nori diatasnya. Masakan ini bisa dibeli dengan mudah di restoran Bakudan-yaki Honpo. Restoran di Ikebukuro, Jepang ini memang bekerja sama dalam kampanye untuk mempromosikan Shokugeki no Soma seperti yang mereka lakukan pada websitenya. Bahkan kalian bisa mendapatkan box dan gantungan kunci khusus jika membeli di restoran ini.

Sumber: Ota-Suke Yara-On!


SHARE
Previous articleTrailer Boruto The Movie Akhirnya Dirilis!
Next articleApakah Ryu Street Fighter Bakal Jadi Karakter Rahasia Smash Bros?
Penggemar semi maniak lagu-lagu Jepang dengan vokalis cewek, terutama yang pegang gitar. Masih sibuk menata hidup demi kelancaran ngepulin racun kuping langsung dari negeri sakura. Baginya ada batas jelas antara musisi dan idol yang gak bisa dilanggar