Cara Root Asus Zenfone 2

Harga-Asus-ZenFone-2-1

Setelah mendapatkan Android baru, ada beberapa “ritual” yang mungkin dilakukan seorang gadgeter. Biasanya, menguji seberapa kuat kinerja Android mereka dengan melakukan benchmark dalam kondisi standar. Selanjutnya, mencari cara untuk mendapatkan akses ROOT. Memang akses ROOT sangat berisiko bagi yang belum berpengalaman, dan tentu saja membatalkan garansi Android tersebut. Namun karena banyak pengguna Android yang biasanya bosan dan cenderung gonta-ganti Android perlu memindahkan data-data aplikasi atau game (yang belum mendukung cloud save-nya Play Games) mereka di Android yang baru, hanya akses ROOT solusi yang paling praktis.

Baca: Spesifikasi Asus ZenFone 2 Bikin Zenfoners Sumringah!

Cara Root Asus Zenfone 2

Sayangnya, karena masalah fragmentasi Android yang begitu besar, cara untuk ROOT tidak selalu sama untuk setiap Android. Dan kali ini kami akan memberikan satu cara mudah untuk mendapatkan akses ROOT untuk salah satu Android yang paling ditunggu di Indonesia, dan baru saja diluncurkan hari ini, Asus ZenFone 2 ZE550ML dan ZE551ML.

BacaHarga Asus ZenFone 2 di Indonesia Bikin Pusing Pala Barbie!

Cara Root Asus ZenFone 2 ZE550ML dan ZE551ML

Proses root Asus ZenFone 2 ZE550ML dan ZE551ML ini sangat mudah. Dengan melakukan rooting, kalian bisa membuat ZenFone 2 menjadi lebih maksimal, karena kalian bisa menempatkan data-data game misalnya, di memory external, yang secara default masih sama seperti ZenFone sebelumnya, hanya bisa di internal storage. Untuk dapatkan akses root Asus ZenFone 2 yang sudah menjalankan Android 5.0 Lollipop ini, kalian memerlukan file system yang sudah dalam kondisi ROOT untuk di-flash ke dalam smartphone berikut.

File system di atas menandakan versi software masing-masing Asus ZenFone ZE550ML dan ZE551ML. Dengan kode Z008 adalah untuk ZenFone 2 ZE550ML dan Z00A untuk ZenFone 2 ZE551ML. Masing-masing file sistem yang sudah dalam kondisi rooted tersebut ukuranya sekitar 1 GB.

Cara Root Asus Zenfone 2

Selain itu, kalian juga memerlukan Flash Tools untuk melakukan flashing file sistem tersebut ke Asus ZenFone 2. File tersebut bisa kalian unduh dari sini.

Dan untuk memastikan Asus ZenFone 2 kalian dikenali oleh PC, unduh juga file USB Driver Asus yang bisa didapatkan dari tautan berikut ini. Pastikan kalian meng-install driver ini.

Setelah kalian mengunduh file yang diperlukan, kalian bisa mulai mem-flash file sistem tersebut ke sistem ZenFone 2 melalui mode Fastboot. Untuk bisa memasuki mode Fastboot, caranya sebenarnya sama dengan Asus ZenFone sebelumnya. Jika kalian lupa, berikut kami ingatkan kembali. Ikuti langkah berikut:

  1. Matikan Asus ZenFone 2 kalian.
  2. Tahan tombol Power + Volume Atas.
  3. Smartphone kalian akan mulai proses booting, dan saat terasa getaran darinya, tunggu sejenak sampai sesaat sebelum Logo Asus seharusnya muncul, kemudian lepaskan HANYA tombol Power, dan hanya tombol Atas saja yang masih ditahan. Jika berhasil, smartphone kalian akan masuk ke layar fastboot. Jika gagal, ZenFone meneruskan booting, muncul animasi logo Asus. Lepaskan tombol Volume Atas, dan langsung saja tahan kembali tombol Power sampai Asus kalian mati, dan kembali tekan dan tahan tombol Power + Volume Atas.
  4. Jika berhasil, kalian kalian berada di Fastbook, dengan tampilan yang memperlihatkan gambar robot Android tidur telentang, ada tulisan Normal Boot, beberapa tulisan menunjukkan versi software ZenFone 2 kalian, dan tulisan FASTBOOT CMD WAITING.

Baca: Cara Root Asus ZenFone 5 Lite

Ok, kalian sudah berada dalam mode Fastboot. Sekarang waktunya mem-flash file sistem-nya. Berikut langkah-langkah cara root Asus ZenFone 2 melalui flash file sistem yang sudah dalam kondisi rooted.

  1. Setelah kalian unduh Flash Tools, extract ke PC kalian.
  2. Siapkan file system.img berukuran 1 GB yang sudah kalian unduh sebelumnya, dan extract ke dalam folder dimana kalian menempatkan Flash Tools sebelumnya. Ganti nama file-nya menjadi system.img
  3. Jangan lupa untuk mengaktifkan USB Debugging dalam Asus ZenFone 2 kalian.  Kami memiliki panduannya di sini, atau masuk ke Setting -> About -> Software Information -> dan sentuh Build Number 7x untuk aktifkan Developer Options.
  4. Baca kembali cara memasuki mode Fastboot di atas. Kini hubungkan Asus ZenFone 2 kalian yang sudah siap dalam kondisi Fastboot. Oh ya, pastikan juga meng-install USB Driver Asus yang kami berikan tautannya di atas.
  5. Kini dengan masih berada dalam folder Flash Tools di PC, kalian tahan tombol Shift pada keyboard PC, dan klik kanan mouse dimana saja di folder tersebut sambil menahan tombol Shift. Pilih opsi Open Command Here.
  6. Masukkan command berikut: fastboot flash system system.img
  7. Selanjutnya tunggu sekitar 10 menit untuk melanjutkan proses flashing.
  8. Setelah selesai reboot, Asus ZenFone 2 kalian sudah dalam kondi ter-root.
  9. Jika ingin mengembalikannya dalam kondisi file sistem standar-nya tanpa root, kalian perlu mem-flash kembali Stock ROM Asus ZenFone 2, yang bisa didapatkan dengan mengunduhnya dari sini: Asus ZenFone 2 ZE500CL, Asus ZenFone 2 ZE550ML, dan Asus ZenFone 2 ZE551ML.

[ads_pokkt]


SHARE
Previous articleArtoncode dan Vandaria Saga Resmi Memulai Kampanye Kickstarter Winterflame: The Other Side!
Next articleBegini Caranya Dapatkan Asus ZenFone 2 Secara Gratis!

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY – yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi “ngoprek” smartphone.