Kenali Dulu 5 Hal Berikut Sebelum Beli Gaming Headphone!

gaming headphone

Mau beli gaming headphone? Simak dulu tips berikut ini sebelum menyesal nantinya!

Tahukah kamu kalau gaming gadget itu sebenarnya ga cuma keren, tapi juga ada fitur-fitur yang menyebabkan dia disebut Gaming gadget? Tentu harga mahal pasti ada nilai lebih yang didapat, kalau enggak berarti nasib kita memang apes kena produk gagal. Gaming gadget ada beberapa macam, mulai dari headphone, mouse, keyboard, mouse pad, bahkan monitor. Kali ini TS ingin mencoba membahas bagaimana kita mengenali gaming headphone sebelum nanti kecewa terlanjur berharap banyak.


1

Gaming Beda Dengan Musik


gaming headphone

Ini yang seringkali salah kaprah bedanya gaming headphone dengan high end headphone lain. Gaming headphone memang mahal, bahkan sangat mahal untuk beberapa tipe dibanding high-end headphone. Tapi kalau gak tahu value utama dari gaming headphone, pasti bakal kecewa udah bayar mahal. Dengan harga yang sama, kita bisa dapat headphone lain yang lebih enak suaranya.

Gaming headphone fokus pada detail dari suara yang keluar dari game itu sendiri. Suara ini range-nya bisa sangat beragam. Berbeda dengan kebutuhan untuk mendengarkan musik atau film, dimana detail dari suara tidak sekompleks game. Bisa jadi disebabkan karena keterbatasan media perekamnya atau lainnya. Sedangkan high-end headphone lebih fokus pada kejernihan suara. (CMIIW)

Pada game FPS, suara sekecil jejak suara kaki pun sangat berpengaruh. Ambient, footstep, dan voice over harus bisa dibedakan dengan baik. Suara yang dihasilkan game bisa sangat presisi (tergantung dari engine game-nya juga) tanpa ada interferensi suara lain, yang biasanya terjadi pada perekaman musik atau film yang biasanya suara pelan akan terganggu dan tak terekam.

Karena itu sering TS temukan kenapa ada yang bilang dia mengeluh ga enak buat denger musik


2

Kenyamanan Nomor 1.5!


gaming headphone

Tahu kan kalau gaming gadget selalu keren-keren bentuknya. Tapi tahu ga berapa banyak gaming gadget yang ringkas/portable banget, kecuali earphone dan mouse pad? Jawabannya sedikit, dan kalaupun ada, sebagian darinya mahal minta ampun. Lihat harga headphone gaming wireless dan mouse/keyboard gaming wireless jauh lebih mahal dari yang biasa, bisa sampai jutaan.

Gaming headphone mengedepankan kenyamanan. Karena bermain game, terutama Pro Gamer, akan bermain dalam waktu lama, dan JARANG BERGERAK! Kalau bermain game mobile mungkin kurang optimal pakai gaming headphone, meski tetep keren sih :D Berbeda dengan headphone non gaming yang juga menawarkan fleksibilitas dan portable, karena memang penggunaan nya masih memungkinkan dengan melakukan aktivitas lain.

Dalam memilih headphone, kalau memungkinkan coba dulu. Bisa pinjam teman atau coba di tokonya kalau ada produk demo. Jangan sampai memakainya malah membuatmu tersiksa. Pilih yang spon dari bagian atasnya cukup nyaman. Setiap kepala berbeda-beda, jadi bisa jadi selera masing-masing berbeda juga. Ataupun kalau bukan spon tidak masalah yang penting tidak mengganggu kenyamanan kamu.


3

Surround Sound


gaming headphone

Selain itu game juga bisa memberikan surround sound yang realistis, jauh lebih baik dari film. Karena itu gaming headphone ada yang menawarkan virtual surround atau bahkan real surround. Bedanya virtual dengan real adalah di jumlah speaker-nya. Real surround punya speaker yang sesuai dengan spesifikasinya. Sedangkan virtual surround punya speaker 1-2 saja, tapi disimulasikan seakan surround.

Menurut pengalaman TS, virtual surround yang dibawa headphone ini sebenarnya sudah lumayan bagus simulasinya. Bahkan bisa kerasa suara itu masih jauh di belakang atau sudah dekat, meski ga seakurat real surround. Semua pasti ada trade off nya. Real surround karena banyak speaker yang dimasukkan dalam headphone, maka kualitas masing-masing speaker nya tidak bisa dijamin.


4

Ga Cuma Dengerin, Tapi Juga Ngomong


gaming headphone

Di Indonesia mungkin ga seberapa populer bermain menggunakan voice over, tapi di luar sana fitur voice over sangatlah penting, terutama jika bermain sebagai tim. Karena itu keberadaan microphone juga penting. Jangan sampai adanya microphone itu malah mengganggumu dalam bermain. Dan juga jangan sampai microphone-mu tidak bisa menyampaikan suaramu yang semangat (atau mengumpat).

Penggunaan voice over memang tidak menggunakan kualitas yang sangat bagus agar tidak memakan bandwidth yang banyak, akan tetapi microphone harus bisa menangkap suara dengan baik, jangan sampai “gremesek” atau noise yang malah dikirimkan. Ada beberapa headphone yang cukup canggih dalam noise-cancelling, meskipun tidak perlu sampai seperti itu karena siapa juga yang main game di trotoar. Ada juga microphone yang cukup fleksibel bisa dilipat atau dimasukkan, bahkan ada juga cuma lubang di headphone-nya tapi bisa menangkap baik suaranya seperti Bluetooth handsfree.


5

Sound Card? Kabel?


gaming headphone

Jika ingin suara yang keluar maksimal, sound card yang bagus sangat berpengaruh. Hal ini karena sound card bisa mensimulasikan dengan baik detail suara dan surround sound. Justru headphone sangat bergantung dari sound card yang ada. Pada pengguna konsol tidak ada pilihan lain selain mempercayakan pada bawaan konsol yang sebenarnya cukup bagus juga untuk konsol current gen (ga tau untuk yang generasi lama).

Beberapa headphone mempunyai fitur sound card inside. Dan jika memang ada fitur ini, maka biasanya bentuk colokannya adalah USB, sehingga tidak bisa dipakai di gadget atau auxiliary umum biasanya. USB ini dimungkinkan penggunaan headphone secara maksimal, yang tidak bisa dilakukan oleh kebanyakan sound card internal mainboard PC. Ada juga headphone yang kabel nya ada beberapa, karena mendukung real surround jadi kabelnya sesuai dengan spesifikasinya. Headphone ini tentu butuh sound card yang mendukung surround sound juga, yang jarang ditemui di sound card internal umumnya.


SHARE
Previous articleDalam Mad Max, Tikus dan Belatung Menjadi Makanan Favorit di Masa Depan!
Next articleDLC Kedua The Evil Within Dirilis, Penentuan Nasib Si Polisi Cantik!
Menghabiskan waktu lebih banyak dengan menulis untuk membuat program daripada untuk manusia. Pengguna Linux/Ubuntu untuk bekerja cukup lama, dan kini juga untuk bermain game. Blizzards Fanboy here