Tiny Guardians: Beginilah Jadinya Jika Game Strategi Tower Defense Tanpa Fitur Tower

DP

Tiny Guardians

Developer: Kurechii
Genre: Strategi
Harga: Rp 45.000
Download:
iOS iTunes
Android Play Store

Sebuah inovasi game strategi Tower Defense, tanpa menggunakan Tower sebagai senjata utama mengalahkan kumpulan musuh!

Tampaknya game Tower Defense memang sangat digemari pengguna smartphone iOS dan Android. Hal ini dimulai dari kesuksesan serial Kingdom Rush. Gambar yang simpel, penuh warna inilah yang menarik perhatian para gamer. Hal inilah yang mendorong Kurechii untuk menciptakan dengan karakter dan grafis yang mirip, tetapi gameplay-nya beda. Dan akhirnya Tiny Guardians menjadi sebuah game tower defense terobosan baru, tanpa menggunakan tower.

Prekuel Tower Defense Terbaik: Kingdom Rush Origins

Ada banyak hero baru, yang sayangnya, harus bayar...
Baca Juga

Sebelumnya, ide game TD tanpa menggunakan tower ini sudah muncul setahun lalu, dimana Noodlecake Studios Inc merilis game berjudul Tower Dwellers. Hanya saja, untuk permainannya masih sama persis dengan serial Kingdom Rush, musuh akan datang dalam bentuk wave, dan tujuanmu adalah membunuh mereka sebelum mereka menyentuh garis finish dengan membangun tower yang mampu men-summon penjaga sesuai class mereka. Sedangkan untuk Tiny Guardians ini merubah seluruh gameplay permainannya. Bahkan game strategi ini tidak menggunakan fitur tower sama sekali.

game strategi

Jika tak menghadirkan tower, lalu apa donk? Jawabannya adalah ksatria pelindung, guardian! Kamu akan menjadi seorang penyihir berkerudung putih bernama Lunalie yang melakukan perjalanan berbahaya mencari bibinya. Ia memiliki kemampuan untuk men-summon para guardian untuk melindungi perjalannya. Guardian sendiri berbentuk kartu, untuk men-summon-nya kamu harus memiliki cukup “Mana” dan juga ruang summon (berbentuk bintang, yang jumlah ruangnya bisa kamu upgrade sejalan petualanganmu).Mana sendiri bisa kamu dapatkan ketika kamu berhasil membunuh monster. Terkadang mereka juga akan men-drop “Mana Potion” yang memberikan jumlah Mana lebih banyak jika kamu mengambilnya.

game strategi

Tujuan utamamu adalah melindungi Lunalie agar selamat pada tujuan. Akan ada banyak musuh yang akan menyerang, kamu harus mengalahkan mereka semua. Para Guardian bisa bergerak sesuai instruksimu, tetapi tidak bisa terlalu jauh dari Lunalie. Kamu bisa menavigasikan mereka untuk melindungi dari berbagai arah serangan, atau untuk menyelamatkan diri dari kerumunan musuh (karena jika bergerak, musuh akan mengganti target serangan). Mereka juga dapat  di-Upgrade menggunakan bintang yang kamu kumpulkan setelah menyelesaikan misi. Ketika dalam pertarungan, mereka juga bisa kamu tingkatkan level-nya untuk bertambah kuat sekalius memiliki skill baru. Oh ya, ketika kamu meningkatkan level Guardian, HP mereka akan kembali menjadi full. Jadi kamu harus membaca situasi dengan tepat kapan kamu harus menaikan level mereka.

game strategi

Beragam jenis musuh akan menyergap Lunalie. Mulai dari musuh yang menyerang frontal dari jarak dekat, memiliki jarak serang jauh, hingga mampu memberikan status negatif para Guardian-mu (racun, stun, dan sebagainya). Mereka memiliki kelemahan tersendiri, kamu bisa membaca detailnya ketika mereka muncul pertama kali dengan menekan notice yang muncul di kiri atas layar.

Tak hanya variasi jenis musuh saja, dibeberapa stage tertentu, kamu juga akan menghadapi Boss yang memiliki HP dan kekuatan lebih mematikan. Biasanya para boss mampu men-summon pengikutnya, juga mengeluarkan serangan area mematikan. Ketika ia akan mengeluarkan serangan mematikan tersebut, biasanya akan muncul tanda Area of Effect berwarna merah di sekitarnya. Kamu harus memindahkan para Guardian, sebelum serangan mematikan itu dikeluarkan.

game strategi

Tak hanya Guardian, kamu juga akan dibekali 3 kartu magic: Regen, Starfall, dan Trap. Regen merupakan skill area untuk meng-heal para Guardian. Starfall adalah skill ofensif untuk menyerang banyak musuh sekaligus dengan menjatuhkan bintang kearah mereka. Bentuk sihirnya adalah lingkaran yang bisa kamu tentukan arahnya. Terakhir adalah Trap, butuh waktu untuk memasang Trap setelah diletakan. Ketika sudah menyala, musuh yang berjalan menginjaknya akan memicu Trap tersebut untuk meledak. Memberikan serangan yang sangat besar ke semua musuh yang berada di area ledakannya.

game strategi

Terdapat 12 Guardian yang diwakili dengan beragam Class. Namun mereka sebenarnya hanya terbagi menjadi 4 Job utama yaitu: Warrior yang memiliki HP terbanyak, sangat cocok untuk menjadi tanker dalam perjalanan. Lalu ada Range yaitu mereka adalah single damage dealer dalam game ini, mampu membunuh musuh dengan cepat. Untuk mereka yang kebal terhadap serangan fisik maka Magic menjadi Job paling tepat, mereka juga mampu meng-cast sihir untuk menyerang musuh secara area. Terakhir adalah Stealth, mereka memiliki kecepatan bergerak paling gesit dan mampu menyerang baik dari jarak dekat maupun jauh.

Tiny Guardians: Beginilah Jadinya Jika Game Strategi Tower Defense Tanpa Fitur Tower

Mimin awalnya bingung, bagaimana cara main game Tower Defense kalau nggak pake Tower.. Terus musuhnya harus ditembak pakai apa coba? Temukan jawabannya disini..

Abaikan


SHARE
Previous articleIde Gemilang Lintas Promosi Touchten dan Re:ON dalam Target Acquired
Next articleDukungan untuk Kampanye Kickstarter Winterflame: The Other Side Terus Berdatangan!
Pembaca Omega-Zigma di zaman pembahasan DOTA. Tertarik dalam dunia game, mencoba mencari guide game Online sebelum main. Suka mencoba character build sendiri, hingga pernah mengikuti event Dragonica Online dan berhasil menang. Saat ini bekerja di Zigma-Omega karena referensi dari teman kuliah. Selain bekerja saat ini sibuk dengan kuliah juga.