Siapa Saja Pembicara yang Bakal Hadir dalam Casual Connect Asia 2015?

casual connect asia 2015

Puluhan pembicara dari industri game kasual dunia siap membagikan ilmu, tips dan triknya dalam Casual Connect Asia 2015 di Singapura

Kurang dari satu bulan lagi, konferensi game kasual terbesar di dunia, Casual Connect 2015 akan kembali digelar di Singapura. Sama seperti perhelatan tahun-tahun sebelumnya, Casual Connect Asia 2015 akan diselenggarakan selama tiga hari, mulai tanggal 19 Mei 2015 hingga 21 Mei 2015 bertempat di Shangri-La Hotel, 22 Orange Grove Road, Singapura. Casual Connect adalah sebuah event yang diadakan oleh Casual Games Association (CGA) empat kali di empat tempat berbeda di setiap tahunnya, dan penyelenggaraan di Singapura ini adalah kali kedua untuk tahun 2015 ini setelah sebelumnya Casual Connect Eropa 2015 diselenggarakan di Amsterdam, Belanda pada 4 sampai 6 Februari 2015 lalu.

Casual Connect Asia 2015, Konferensi Game Kasual Terbesar di Asia Ini Siap Kembali Digelar!

Konferensi game kasual terbesar di Asia, Casual Connect Asia 2015 siap kembali digelar di Singapura. Sudah siapkah dirimu untuk mengikutinya?
Baca Juga

Mungkin banyak diantara kalian yang penasaran, ada apa saja sih di Casual Connect Asia 2015 nanti? Satu hal yang menjadi menu utama dalam Casual Connect 2015 adalah sesi sharing dari para pakar industri game kasual mengenai tantangan yang dihadapi selama terjun di industri tersebut dan bagaimana solusi untuk memecahkan masalah yang dihadapi. Sesi sharing ini akan terbagi menjadi tiga ruangan berbeda sesuai dengan tema yang akan dibawakan. Dalam Casual Connect Asia 2015 ini ada beberapa tema yang sudah disediakan seperti Industry Insights, Next Gen Design & Research, dan Game Development & Productions

casual connect asia 2015
Suasana salah satu ruang konferensi dalam Casual Connect Asia 2014 lalu

Panitia Casual Connect Asia 2015 sendiri sudah mengkonfirmasikan puluhan pembicara yang akan hadir dan menyampaikan materi yang dibawanya selama tiga hari penyelenggaraan Casual Connect. Siapa dan apa saja materi yang akan dibawakan? Berikut ini adalah beberapa materi yang mungkin akan sangat menarik untuk diikuti untuk masing-masing harinya.


1

Selasa, 19 Mei 2015


casual connect asia 2015

Di hari pertama ini, tiga ruangan yang tersedia akan membahas Industry Insights: Overview, Next Gen Design& Research, dan Game Development & Productions.

  1. Crossy Road-Something for Everyone: Siapa yang tidak tahu tentang Crossy Road, game yang sempat memuncaki daftar app store sejak dirilis pada November 2014 lalu? Nah dalam sesi ini co-founder dari Hipster Whale sang pengembang, Matt Hall akan membagikan resep game design dan juga marketing dari game ini.
  2. Trends and Evolution of Mobile Gaming: Dalam sesi ini, Sergio Salvador dari Google akan membagikan insight mengenai tren mobile game dan juga bagaimana dampak dari menjamurnya konsol mikro terhadap pertumbuhan sektor ini.
  3. Protips on Pitching to Western Press: Ingin game buatanmu di-review oleh media dari luar negeri, utamanya media-media barat? Nah, dalam sesi ini Spencer Yip dari Siliconera akan memberikan tips dan trik yang benar untuk melakukan hal tersebut.
  4. Worldwide and Asia Mobile Gaming Trends: Ingin tahu seperti apa tren mobile game di Asia dan dunia? Junde Yu dari App Annie akan membeberkan data dan statistik akurat sehingga kamu bisa menentukan game seperti apa yang akan kamu buat agar sukses di pasaran!
  5. Bad Monetization Mechanics and How to Fix Them: Mungkin kamu pernah merasa sudah membuat game yang bagus, namun dalam segi revenue kurang memuaskan? Teut Weidemann seorang konsultan game akan membeberkan beberapa kesalahan monetisasi yang sering dilakukan oleh developer, dan bagaimana cara untuk memperbaikinya.

2

Rabu, 20 Mei 2015


casual connect asia 2015

Di hari kedua Casual Connect Asia 2015, Industry Insight akan membahas tema mengenai Market Navigation. Selain itu ada juga dua tema lain di dua ruangan berbeda, yaitu Growth Expansion Strategy Research, Funding & Capital, serta Game Development & Production.

  1. Publishing Panel: Beberapa publisher mulai dari PlayLab, Quest Drop, dan Yodo1 akan duduk bersama dan berdiskusi mengenai permasalahan-permasalahan yang kerap dihadapi dalam hal publishing game.
  2. Emerging Markets – How to Win Your First Billion Players: Lebih dari satu milyar mobile gamer baru diprediksikan akan muncul dalam kurun waktu lima tahun ke depan. Kamu tidak ingin ketinggalan untuk “memperebutkan” atensi mereka terhadap game yang kamu kembangkan? Oliver Jones dari Moonfrog Games akan memberikan tips dan triknya berdasarkan pengalamannya saat mengembangkan beberapa judul yang sempat masuk top 5 di app store seperti Teen Patti Gold.
  3. How to Monetise Indonesia/Solving Indonesia’s Monetisation Woes: Sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia, tentu Indonesia menjadi pasar yang menggiurkan. Namun masih banyak diantara jumlah tersebut yang tidak melakukan pembelian game maupun in app purchase karena keterbatasan opsi seperti tidak memiliki kartu kredit. Nah di sini Anton Soeharyo dari Touchten Games dan Elaine Huang dari E27 akan memberikan tips bagaimana menghadapi permasalahan tersebut.
  4. Chasing Investment – Is It Right For Your Studio?: Banyak studio baru yang mungkin masih bingung untuk menentukan, apakah menerima investor untuk memperbesar skala bisnisnya atau tidak? Apakah perlu publisher atau tidak? Dalam sesi ini, Andrew Walker dari GameFounder akan memberikan solusi untuk mengambil keputusan yang tepat.
  5. Funding Source for Game Development: Ada banyak cara mendapatkan pendanaan untuk mengembangkan game, mulai dari crowdfunding, angel investor hingga publisher. Bagaimana cara memilih funding yang tepat? Daniel Bernstein dari Corum Group akan membahasnya dalam sesi ini.

3

Kamis, 21 Mei 2015


cascon-4

Di hari terakhir Casual Connect Asia 2015 ini materi Industry Insights yang diberikan adalah bertema Self Publishing dengan menghadirkan beberapa pelaku suksesnya. Selain itu, dua ruangan lainnya akan membahas tema Growth: Platforms & Distribution serta Game Development & Production.

  1. 5 Best Practices for Cost-Efficient User Acquisition: Di sesi ini, Scott Yoo dari Chartboost akan membahas tips marketing yang efisien, tanpa harus mengeluarkan banyak biaya dan juga bagaimana memanfaatkan tool-tool marketing tersebut dengan baik.
  2. Indie Game Studio Survival Panel: Apa yang harus dilakukan developer indie untuk menghadapi tahun 2015? Game seperti apa yang harus dibuat? Panel ini mungkin akan sangat menarik bagi para developer indie karena akan menghadirkan beberapa developer indie veteran untuk membagikan pengalamannya.
  3. Running a Successful Business on Google Play: Di sesi ini, Kunal Soni dari Google Play akan memberikan tips dan trik bagaimana memaksimalkan keuntungan yang didapatkan saat merilis sebuah game di Google Play Store.
  4. What the Top 50 Do with In-App Purchasing That the Rest of Us Don’t: Dalam sesi ini, Mike Hines dari Amazon akan membeberkan “rahasia” yang dilakukan oleh para developer game Top 50 dalam hal mengimplementasikan in app purchase di dalam game-nya.
  5. Keeping It Indie-How We Bootstrapped a Game Company and Survived: Kamu seorang developer yang saat ini masih menggunakan kantong pribadi untuk beroperasi alias bootstrapping? Nah, dalam panel ini Allen Tan dari White Widget akan membeberkan tips dan trik bagaimana bertahan hidup dalam kondisi tersebut sesuai dengan pengalamannya.

Duniaku Menjadi Media Partner Resmi Casual Connect Asia 2015!

Untuk ketiga kalinya secara berturut-turut, Duniaku menjadi media partner resmi dalam Casual Connect Asia 2015 bulan Mei mendatang!
Baca Juga

Selain sesi sharing di tiga ruangan berbeda, Casual Connect Asia 2015 juga akan dimeriahkan dengan ajang Indie Prize Showcase yang merupakan tempat para developer game indie di seluruh Asia (termasuk Indonesia) untuk memamerkan karyanya. Siapa saja developer dari Indonesia yang akan ikut serta? Ikuti terus beritanya di Duniaku yang kembali menjadi media partner resmi Casual Connect Asia 2015!


SHARE
Previous article“Bane” Pun Ikut Bertarung di Arena Tekken 7! Mad Dog Kapan?
Next articleGame Fighting Final Fantasy XIV Ini Lebih Keren Dari Dissidia Final Fantasy!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.