Impresi Demo Winterflame: The Other Side, Hadirkan Pondasi Gameplay yang Kuat

demo winterflame: the other side

Demo Winterflame: The Other Side sudah dirilis oleh Artoncode Indonesia. Simak impresi perdana kami!

Seminggu berlalu sejak memulai kampanyenya di Kickstarter, Artoncode Indonesia dan Vandaria Saga akhirnya merilis sebuah playable demo Winterflame: The Other Side. Artoncode sendiri bukan kali pertama ini saja merilis demo untuk game Winterflame. Kilas balik pada perhelatan Indonesia Game Show (IGS) 2014 tahun lalu, Artoncode juga pernah membawa sebuah demo game Winterflame. Namun ada banyak hal yang membedakan antara demo versi IGS 2014 lalu dengan demo yang baru saja dirilis. Apa saja?

Artoncode dan Vandaria Saga Resmi Memulai Kampanye Kickstarter Winterflame: The Other Side!

Artoncode Indonesia dan Vandaria Saga resmi memulai kampanye Kickstarter Winterflame: The Other Side dengan target pendanaan 68,000 CAD.
Baca Juga

Perbedaan pertama terletak pada platform-nya. Pada saat demo Winterflame pertama di IGS 2014 lalu, Artoncode merilisnya untuk platform mobile. Namun dengan perubahan rencana perilisan game ini menjadi untuk PC, maka demo ini pun dirilis untuk Windows PC dan Mac. Perbedaan selanjutnya terletak dari segi grafis dan gameplay. Tampak grafis dalam demo kali ini lebih menawan dan gameplay lebih dipoles dengan baik dibandingkan demo pertamanya lalu. Dalam demo yang bertajuk Flemo Gameplay Demo ini, kamu akan mengendalikan Lev untuk memanipulasi objek yang ditemui dengan menggunakan kekuatan elemen api dari gauntlet yang ada di tangannya.

Mengintip Persiapan Artoncode Jelang Kampanye Kickstarter Winterflame: The Other Side

Kurang sehari lagi, Artoncode Indonesia akan menggelar kampanye Kickstarter dari Winterflame: The Other Side. Bagaimana persiapannya? Simak di dalam!
Baca Juga

Elemen puzzle langsung tersaji saat kamu memulai demo ini, sebagai contoh kamu bisa menggunakan api untuk membengkokkan metal yang membuat box di sebelahnya terjatuh sehingga bisa kamu panjat. Di awal permainan, mungkin kamu akan bingung dengan objek mana saja yang bisa kamu manipulasi dengan gauntlet-mu, dan dalam demo ini Artoncode tidak memberikan tutorial apapun ataupun memberikan tanda pada objek yang bisa dimanipulasi. Untuk sementara ini kamu hanya bisa mengandalkan instingmu dan mencoba-coba mana objek yang bisa dimanipulasi dan mana yang tidak bisa. Demo ini juga menyediakan tombol play again di pojok kiri atas yang bisa membawamu kembali ke awal checkpoint jika kamu stuck dalam sebuah puzzle.

demo winterflame: the other side

Antusiasme Pemain dan Developer Game dalam Peluncuran Kampanye Winterflame di Kickstarter!

Untuk menandai dimulainya kampanye Winterflame: The Other Side di Kickstarter, diadakan sebuah launch party yang seru. Bagaimana suasananya? Simak di dalam!
Baca Juga

Untuk mengendalikan Lev, kamu bisa menggunakan keyboard untuk bergerak dan melompat, serta menggunakan mouse untuk menembakkan gauntlet. Dalam demo kali ini, penulis masih merasa ada kekurangan di bagian pergerakan karakternya. Pergerakan karakter Lev terkesan terlalu “licin” dan mudah jatuh apabila sedang berada di atas sebuah box. Selain itu, untuk melompat juga masih terkesan berat dan terkadang Lev tidak mau melompat meskipun kamu sudah menekan tombol spasi berkali-kali. Untuk melompat ke depan pun kadang penulis merasa kesulitan, karena jika menekan tombol arah setelah melompat, Lev tidak bisa melompat ke depan. Mengingat ini masih demo, tentunya masih banyak waktu bagi Artoncode untuk memperbaiki mekanisme pergerakan Lev ini sehingga lebih nyaman dan mudah dikendalikan.

Artoncode juga sudah memberikan sedikit elemen fisika dalam game ini, yang sangat berpengaruh dalam puzzle-nya seperti kotak yang terjatuh dan bisa kamu panjat, ataupun jungkat-jungkit yang bisa membantumu untuk mencapai tempat yang lebih tinggi. Namun ada beberapa elemen fisika yang masih terkesan aneh, seperti kotak yang bisa terlempar jauh ketika terkena tubuh Lev. Selain itu, beberapa bug juga masih ditemukan dalam versi demo ini, seperti kepala Lev yang terkadang bisa “menembus” objek tertentu, sedangkan tubuhnya tidak.

demo Winterflame: The Other Side
Concept art Gauntlet dari Lev

Meskipun demo ini masih memiliki beberapa kekurangan, namun penulis merasa demo ini sudah menyajikan pondasi yang kuat dan menjanjikan untuk dikembangkan lebih lanjut, baik dari segi puzzle maupun gameplay secara umumnya. Selain itu, gaya art yang menawan serta musik yang enak didengar juga menjadi nilai tambah dari game ini. Semoga saja, beberapa kekurangan ini bisa dibenahi dalam versi demo selanjutnya dan juga bisa dipoles lebih baik lagi dalam produk finalnya nanti.

Dukungan untuk Kampanye Kickstarter Winterflame: The Other Side Terus Berdatangan!

Seminggu melalui masa kampanye di Kickstarter, Winterflame: The Other Side dari Artoncode dan Vandaria Saga terus kebanjiran dukungan!
Baca Juga

Sampai saat ini atau memasuki hari kesepuluh kampanyenya, Winterflame: The Other Side sudah mengumpulkan 15,909 CAD (Canadian Dollar) dari total 68,000 CAD yang ditargetkan. Rencananya, kampanye Winterflame: The Other Side di Kickstarter ini akan berjalan selama 39 hari hingga tanggal 29 Mei 2015 mendatang. Jika kamu tertarik untuk mencicipi demo Winterflame: The Other Side ini, kamu bisa men-download-nya melalui tautan di bawah ini. Demo Winterflame: The Other Side ini tersedia untuk PC dan Mac.

Download Demo Winterflame: The Other Side


SHARE
Previous articleSeperti Inilah Nightcrawler Yang Baru Dalam X-Men: Apocalypse!
Next articleKamu Bisa Memerankan Robin dan Nightwing dalam Batman Arkham Knight!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.