4 Petunjuk Phase 3 Marvel Cinematic Universe di Age of Ultron!

Apa saja petunjuknya? Mari kita analisa satu persatu!

4 Petunjuk Phase 3 Marvel Cinematic Universe di Age of Ultron!

4 Petunjuk Phase 3 Marvel Cinematic Universe di Age of Ultron!4 Petunjuk Phase 3 Marvel Cinematic Universe di Age of Ultron!

SPOILER ALERT!

Salah satu daya tarik, dan juga kelemahan, dari Avengers: Age of Ultron adalah betapa banyaknya benih konflik yang ditebar sepanjang filmnya. Hitung saja konflik dengan Hydra, sub-plot si kembar Maximoff, konflik dengan Ultron, penemuan Helen Cho. Cukup ajaib Josh Whedon mampu memasukkan semua unsur itu ke dalam filmnya dan tidak membuat film blockbuster yang satu ini menjadi bencana layar lebar seperti Spider-Man 3. Apa lagi mengingat bukan hanya sub-plot tadi saja yang ada di film ini, melainkan petunjuk phase 3 Marvel Cinematic Universe!

Ya, seperti yang penulis sajikan di review Age of Ultron, ada sejumlah petunjuk phase 3 Marvel Cinematic Universe yang disajikan di Age of Ultron, di antaranya untuk Captain America: Civil War dan tentunya Avengers: Infinity War. Sekarang, mari kita coba analisa lebih mendalam setiap petunjuk phase 3 Marvel Cinematic Universe ini dan kaitannya dengan film-film yang akan datang.

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/04/22/review-age-of-ultron/" title="Review Age of Ultron: Memang Sekeren Hype-nya!"]

Dan tentunya, pembahasan ini akan menyentuh banyak plot SPOILER. Jadi, kalau kamu masih belum menonton, sebaiknya berhenti membaca di sini.


[page_break no="1" title="Black Panther"]


Petunjuk Phase 3 Marvel Cinematic Universe - Ulysses Klaue

Salah satu petunjuk phase 3 Marvel Cinematic Universe di Age of Ultron adalah keberadaan pedagang senjata, Ulysses Klaue. Penonton awam mungkin tidak tahu, tapi Ulysses adalah salah satu musuh bebuyutan Black Panther di komik. Dan Black Panther adalah salah satu lini yang disiapkan untuk phase 3.

Saat Avengers menyadari peran Klaue, mereka bahkan mendapatkan sejumlah temuan yang pasti berkaitan dengan Black Panther. Pertama, Tony Stark menyebut Wakanda - negara kekuasaan Black Panther - setelah menyelidiki bekas cap di leher Klaue, yang berarti "pencuri" di negara itu. Kedua, dari dialog singkat Steve Rogers dengan Tony Stark, ada indikasi Howard Stark memperoleh vibranium dari Wakanda, namun jumlah yang ia ambil hanya cukup untuk membuat perisai. Dari ucapannya di Captain America, tampaknya Howard Stark mengira memang hanya segitu vibranium yang tersisa, entah karena dikelabui oleh penduduk Wakanda atau ia berbohong karena ia ingin melindungi Wakanda dan vibranium yang dikandungnya.

Kamu kira lengannya diputus oleh Ultron akan membuat Klaue lebih enteng dihadapi? Jangan yakin dulu. Justru di komik Klaue mengganti lengannya yang hilang dengan senjata sonik. Tak salah lagi, di Marvel Cinematic Universe pun Klaue malahs akan mengatasi cacatnya dengan upgrade. 

Melihat vitalnya peran vibranium dalam rencana Ultron, juga kemunculan salah satu musuhnya, cukup mengherankan akhirnya Black Panther tidak tampil langsung di Age of Ultron. Tapi mungkin itu yang terbaik. Kalau film ini kepenuhan cameo, sub-plot yang sudah cukup menumpuk itu akan semakin kusut.


[page_break no="2" title="Thor: Ragnarok"]


Masa Depan Marvel Cinematic Universe

Petunjuk phase 3 Marvel Cinematic Universe yang lain adalah visi Thor. Di saat rekan-rekan Avengersnya memperoleh visi masa lalu, yang membantu pengembangan karakter mereka, Thor justru disuguhi visi yang berbeda. Lebih terlihat seperti petunjuk masa depan ketimbang halusinasi untuk menyiksanya. Dan benar saja, saat Thor berendam di kolam misterius yang ditunjukkan Dr. Selvig, dia bisa tahu kalau Vision adalah tokoh vital untuk mengalahkan Ultron, sehingga visi yang diperolehnya memang petunjuk masa depan.

Namun apa sebenarnya arti dari visi abstrak ini? Sulit untuk menerjemahkannya, apa lagi mengingat bagian ini sepertinya banyak dipotong. (Masih ingat wanita botak di trailer? Dia seharusnya masuk ke adegan ini. Loki juga sempat dirumorkan ada di Age of Ultron, sehingga ia pun seharusnya punya peran di sini.). Yang jelas, Heimdall di visi ini mengatakan kalau Thor menyeret Asgard menuju kehancuran. Selain itu, tampaknya Thor akan mengunjungi Hel, neraka Asgardian, di Ragnarok. Apakah ini karena ia meninggalkan Asgard, tanpa menyadari Loki telah menggantikan Odin? Ataukah kembalinya ia ke Asgard justru akan memicu event Ragnarok?


[page_break no="3" title="Captain America: Civil War"]


Captain America - Civil War Cover2

Scarlet Witch mungkin sudah "bertobat" sejak pertempuran terakhir Age of Ultron, tapi efek sihirnya ke Tony Stark berpotensi memicu konflik yang lebih besar. Ya, petunjuk phase 3 Marvel Cinematic Universe berikutnya adalah visi kematian yang ia bangkitkan di kepala Tony Stark. Kita bisa melihat betapa Tony terobsesi untuk menghindari kejadian itu, hingga ia sampai mengambil risiko mengembangkan artificial intelligence menggunakan teknologi Asgard. Hasil akhirnya? Ultron.

Walau dia keluar dari Avengers di akhir film, bisa ditebak kenapa Tony akan ikut kubu Pro-Registrasi di Civil War versi MCU. Ciptaannya lah yang menyebabkan pemerintah dunia merasa superhero perlu dibatasi! Ya, karena konflik Ultron inilah pemerintah dunia menetapkan undang-undang registrasi, atau yang sejenis. Bisa diduga kalau rasa bersalah ini, dan sisa visi pemberian Scarlet Witch, akan mempengaruhi Tony Stark dalam konfliknya dengan Steve Rogers nanti.

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/03/16/masa-depan-marvel-cinematic-universe/" title="Mengintip Masa Depan Marvel Cinematic Universe"]

Petunjuk phase 3 Marvel Cinematic Universe lain yang berhubungan dengan Civil War? Ulah Avengers sepanjang film. Benih rasa curiga pemerintah dunia terhadap superhero sudah bisa dilihat sejak di Agent of S.H.I.E.L.D., dan tampaknya akan meledak karena event Age of Ultron. Meski niat mereka baik, aksi Avengers seenaknya memasuki negara orang itu bisa dianggap sebagai pelanggaran. Apa lagi mengingat mayoritas dari anggota original Avengers adalah hero Amerika. Kalau dilihat baik-baik, kehancuran-kehancuran besar pasca pertempuran di awal semuanya bisa dilimpahkan ke Avengers. Tony Stark menciptakan Ultron, sehingga dia bisa dianggap bersalah atas semua yang robot itu lakukan. Hulk pun membuat kemunculan non-heroiknya yang pertama, setelah sekian lama, di Afrika. Dan keduanya bermuara ke Scarlet Witch. Wanda Maximoff punya alasan untuk kebenciannya terhadap Avengers, khususnya Stark, namun tampaknya ia harus bertanggung jawab pada banyak hal nanti.


[page_break no="4" title="Avengers: Infinity War"]


Avengers Infinity War - Cover

Tidak terlalu sulit menebak petunjuk phase 3 Marvel Cinematic Universe apa yang berhubungan dengan Infinity War. Peran Infinity Stones telah terungkap. Thor menerangkan empat yang telah muncul di Marvel Cinematic Universe ke rekan-rekannya. Dan, yang paling berbahaya, adalah adegan ekstra di mid-credit. Thanos akhirnya memutuskan untuk berhenti berleha-leha di singgasana terbangnya. Dia mengenakan Infinity Gauntlet yang masih kosong, dan tampaknya - akhirnya - bertindak sendiri untuk berburu batu akik... atau mungkin lebih tepatnya infinity gems... yang ia butuhkan. Tak hanya itu, visi yang ditunjukkan oleh Scarlet Witch ke Tony Stark mungkin tidak terjadi di Age of Ultron namun bisa jadi visi itu justru akan terwujud di Infinity War gara-gara Thanos.

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/04/23/spider-man-muncul-di-age-of-ultron/" title="Apa Spider-Man Muncul Di Age of Ultron? Jawabannya…"]

Dengan bergeraknya Thanos, dan preview teaser Infinity War sudah menunjukkan Thanos mengenakan Infinity Gauntlet dengan batu lengkap, maka para pemegang batu akik sakti ini (Vision, Nova Corps, Asgard) kemungkinan tidak akan selamat di Phase 3.

Itulah petunjuk phase 3 Marvel Cinematic Universe yang bisa ditemukan di Age of Ultron. Menemukan yang lain? Silakan sampaikan di kolom komentar!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU