GOG Galaxy, Ini Dia Penantang Baru Steam dan Origin!

GOG Galaxy

Kehadiran GOG Galaxy dengan berbagai fiturnya ini bisa memberikan sinyal “bahaya” untuk Steam, Origin dan portal sejenis di ranah game PC.

Selama ini, kita mengenal CD Projekt RED sebagai developer di balik layar The Witcher 3. Namun dalam beberapa tahun terakhir, CD Projekt RED memiliki satu “cabang” baru yang akhirnya menelurkan portal baru untuk game PC bernama Good Old Games atau yang lebih dikenal dengan GOG. Nah, setelah beberapa tahun hanya menjadi store dari game PC saja, kali ini GOG pun serius menantang Steam dan Origin lewat layanan GOG Galaxy!

Rencana pengembangan GOG Galaxy sendiri sudah dihembuskan sejak tahun lalu, dan di awal Mei ini GOG Galaxy sudah bisa dinikmati publik. Saat ini, GOG Galaxy masih dalam tahap open beta dan installer-nya bisa kamu download melalui tautan di bawah ini.

Download GOG Galaxy

Sama seperti Steam dan Origin, GOG Galaxy adalah sebuah layanan PC gaming lengkap dengan achievement dan friend list-nya. Dan GOG Galaxy ini pun masih tetap mempertahankan “janji” GOG dengan tidak mengimplementasikan DRM apapun dalam game-game yang masuk layanannya. GOG Galaxy juga menjanjikan beberapa fitur menarik seperti fitur update otomatis yang opsional, kemampuan rollback apabila patch terakhir dalam sebuah game mengalami masalah, hingga backup game yang lebih aman untuk setiap game-mu.

GOG Galaxy

Beberapa fitur yang ditawarkan GOG Galaxy juga membuatnya tampak bakal menjadi penantang kuat untuk Steam dan Origin. Berikut adalah penjelasan beberapa fitur lain dari GOG Galaxy seperti dikutip dari pernyataan resminya, termasuk fitur multiplayer cross-play antara pengguna GOG Galaxy dengan Steam.

GOG Galaxy offers friends list, game time tracking, achievements, and chat. Gamers can now talk to each other, connect with their group of friends, and see what their friends are playing. GOG Galaxy is also an online multiplayer & matchmaking solution that, in select titles, includes cross-play: platform-independent multiplayer between gamers on GOG.com and Steam.

GOG Galaxy

Memang masih terlalu dini bagi GOG Galaxy untuk sekedar menyamai jumlah pengguna di Steam. Namun dari versi open beta ini, dapat dilihat bahwa GOG memang serius untuk menjadi penantang kuat bagi monopoli Steam di PC gaming. Yang patut ditunggu juga adalah bagaimana kiprah GOG selanjutnya dalam “memanjakan” developer game indie. Meskipun GOG juga memiliki program indie yang memungkinkan para developer untuk men-submit dan menjual game-nya di GOG, Steam dengan program Steam Greenlight-nya tampak masih menjadi pilihan utama bagi developer indie untuk memasarkan game-game mereka di platform PC.

Sumber: GOG/Kotaku


SHARE
Previous articleVideo Promosi Anime God Eater Pertama Ini Ungkap Protagonis Baru
Next articleTeaser Digimon Adventure Tri Akhirnya Dirilis, Umumkan Seiyuu Baru dan Format Anime-nya!
Gamer. Otaku. Suka film. Suka melakukan hal-hal yang baru.