Quicksilver Vs Quicksilver: Siapa yang Akan Menang?

Satu dari Age of Ultron, satu dari Days of Future Past. Siapa dari kedua superhero ini yang lebih kuat?

Quicksilver Vs Quicksilver: Siapa yang Akan Menang?

Quicksilver Vs Quicksilver - Cover

SPOILER ALERT

Dengan dirilisnya Age of Ultron di Indonesia, fans Marvel sudah bisa menyaksikan aksi Aaron Taylor-Johnson sebagai Quicksilver. Dengan begitu, kita bisa mulai menjawab pertanyaan yang sempat membara di sejumlah forum saat diumumkan Quicksilver akan muncul di Age of Ultron: Quicksilver Vs Quicksilver. Siapa yang akan menang dalam duel? Apakah Quicksilver versi X-Men Days of Future Past? Atau Quicksilver versi Age of Ultron?

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/05/05/rahasia-dibalik-gambar-konsep-captain-america-civil-war/" title="Rahasia Dibalik Gambar Konsep Captain America: Civil War!"]

Kita misalkan setelah [outbound_link text="Age of Ultron" link="http://marvelcinematicuniverse.wikia.com/wiki/Avengers:_Age_of_Ultron"] berakhir, [outbound_link text="Pietro Maximoff" link="http://marvelcinematicuniverse.wikia.com/wiki/Quicksilver"] tiba-tiba berpindah ke Amerika tahun 1970, di mana ia bertemu dengan [outbound_link text="Peter Maximoff" link="http://xmenmovies.wikia.com/wiki/Quicksilver"]. Keduanya lalu bertarung untuk membuktikan siapa speedster terbaik. Nah, kalau skenarionya sudah begini maka kita harus mengadu masing-masing kelebihan Quicksilver untuk melihat siapa yang bisa menang dalam duel Quicksilver Vs Quicksilver ini.  Hanya ada dua kategori yang perlu dipikirkan dalam duel speedster: kecepatan mereka, serta pengalaman mereka menggunakan kekuatan itu. Kalau ternyata hasilnya seri dalam kedua kategori itu, akan ditambahkan pertimbangan ketiga sebagai tie breaker. Jadi, siapa yang akan menang?


[page_break no="1" title="Kecepatan"]


x-men-days-of-future-past-quicksilver-character-bio-600x357

Hal pertama, dan paling jelas, yang harus kita tinjau dalam duel Quicksilver Vs Quicksilver adalah kecepatan. Jelas, karena dua-duanya adalah speedster, superhero dengan kekuatan utama bisa bergerak dengan sangat, sangat cepat.

Sebagai patokan, Duniaku akan mempertimbangkan satu faktor dalam mengukur kecepatan masing-masing Quicksilver: reaksi mereka terhadap peluru. Quicksilver Age of Ultron memang sangat cepat, dan dapat mengantisipasi serta menghindari kedatangan peluru bila dia sadar. Tapi dia masih dapat tergores oleh peluru, seperti yang terjadi saat lengannya tergores peluru polisi Sokovia.

Di sisi lain, Quicksilver versi Days of Future Past terlihat jelas memiliki kecepatan yang jauh mengungguli peluru. Dalam aksinya di Pentagon, dengan kecepatan penuh ia dapat menanggulangi semua peluru yang ditembakkan oleh penjaga, sekaligus para penjaga di ruangan itu, sebelum Magneto, Wolverine, dan Xavier mampu bergerak. Tak salah kalau Quicksilver Days of Future Past dianggap sebagai speedster tercepat di layar lebar! (untuk serial TV, Flash dari serial TV Flash terbaru bisa menandinginya).

[youtube_embed id="1NnyVc8r2SM"]

Dengan kecepatan supernya, Quicksilver versi Age of Ultron minimal bisa mengikuti gerakan Quicksilver versi Days of Future Past. Tapi saat Quicksilver DoFP menggunakan kecepatan penuh, Quicksilver AoU bisa dibuat kelabakan.

Ronde 1 Quicksilver Vs Quicksilver dimenangkan oleh: Quicksilver Days of Future Past


[page_break no="2" title="Pengalaman"]


aksi Quicksilver dan Scarlet Witch Avengers Age of Ultron Thumbs

Faktor penting kedua dalam duel Quicksilver Vs Quicksilver adalah pengalaman. Percuma kamu punya kekuatan luar biasa kalau kamu menggunakannya seperti anak-anak melawan seorang petarung pro. Masalahnya? Quicksilver versi DoFP juga lebih berpengalaman dalam menggunakan kekuatannya!

Lihat saja aksi Quicksilver DOFP saat dia dikunjungi Wolverine dan Xavier. Kecepatan yang ia tunjukkan di sana, termasuk main ping pong dengan dirinya sendiri, menunjukkan ia sudah sangat terlatih menggunakan kemampuannya. Poin pertimbangan lain adalah, sekali lagi, saat Quicksilver tak sengaja tergesek peluru di Sokovia. Quicksilver Age of Ultron terkesan masih belum sepenuhnya menguasai kemampuannya, hingga ia kadang kurang awas terhadap sekeliling.

[youtube_embed id="ynVjLyepYfg"]

Tak heran tentunya. Quicksilver DOFP adalah seorang mutant. Dia telah memiliki kekuatannya sejak lahir, dan tampaknya kekuatan ini sudah bangkit dari usia muda, hingga ia mampu memanfaatkannya dengan baik di kejadian DOFP. Di sisi lain, Quicksilver Age of Ultron adalah seorang enhanced/mutates, ia baru memperoleh kekuatan di usia dewasa akibat penelitian Baron Strucker. Ia masih butuh waktu untuk mengetahui batas dan tingkat kemampuannya sendiri.

Ronde 2 Quicksilver Vs Quicksilver dimenangkan oleh: Quicksilver Days of Future Past! Lagi! Kita bahkan tak butuh tie breaker karena Quicksilver DOFP mengungguli Quicksilver Age of Ultron jauh sekali dari segi kemampuan!


[page_break no="" title="Kesimpulan"]


Quicksilver Muncul Kembali dalam X-Men Apocalypse

Mungkin suatu saat nanti, kalau dia diberi kesempatan, Quicksilver versi Age of Ultron dapat mengimbangi kekuatan yang ditunjukkan Quicksilver DOFP dalam pertarungan Quicksilver Vs Quicksilver. Namun kalau mereka dipertemukan sekarang, Quicksilver DOFP akan memenangkan duel Quicksilver Vs Quicksilver ini dengan mudah!

Yang jadi masalah adalah: kekuatan Quicksilver DOFP ini dibangun dengan begitu luar biasa hingga penulis bingung siapa di dunia properti Marvel milik 20th Century Fox yang mampu mengimbangi dia! Seakan ingin menunjukkan kalau karakter mereka lebih superior dari yang akan diciptakan Marvel Studio, Fox menggenjot kekuatan Quicksilver DOFP ke batas absurd.

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/05/07/spoilers-betulkah-quicksilver-mati-di-avengers-age-of-ultron/" title="SPOILERS!! Betulkah Quicksilver Mati di Avengers Age of Ultron?"]

Karena dia diciptakan masih memiliki batasan, lebih mudah membayangkan Quicksilver Age of Ultron bekerja di dalam sebuah tim, seperti yang dia lakukan di pertempuran Sokovia. Memang secara teknis Quicksilver DOFP pun beraksi dalam satu tim di kemunculannya, namun tak bisa dipungkiri dia begitu kuat hingga dia menyelesaikan sendiri mayoritas hambatan di Pentagon! Film Days of Future Past bisa berakhir dengan cepat gara-gara dia, karenanya dia disingkirkan oleh pembuat film setelah membebaskan Magneto.

[youtube_embed id="hzr9340h1fo"]

Memang, Quicksilver DoFP jauh mengungguli saingannya dari segi kemampuan. Namun, bila penulis memproduksi sebuah film, di antara kedua Quicksilver ini yang akan penulis pilih jelas adalah versi yang lebih balance, yakni Quicksilver Age of Ultron. Kalau tidak nanti penulis harus dengan aneh menyingkirkan Quicksilver sebelum klimaks, seperti yang dilakukan Brian Singer di DoFP.

Kita lihat saja bagaimana nanti karakter super kuat ini ditampilkan di Age of Apocalypse, saat dia seharusnya sudah lebih tua!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU