Komik Indonesia Serbu Pameran Retrospektif Komik Indie

komik indonesia (9)

Komik indie ramaikan komik Indonesia di Pameran Retrospektif Komik Indie

Kamu penggemar komik? Berapa banyak komik karya anak Indonesia yang kamu punya? Kenyataannya banyak orang lebih mengenal komik luar dibandingkan komik Indonesia. Persaingan industri dan bisnis komik membuat komik Indonesia saat ini masih tenggelam jika bersaing dengan komik luar negeri. Namun bukan berarti membenarkan kita untuk mengenal karya-karya anak negeri, karena saat ini para kreatif tetap berjuang mengekspresikan kreativitasnya untuk dikenal publik.

komik indonesia (8)

Ada dua jalan dalam publikasi komik di Indonesia yaitu komik industri dan komik indie (independen). Komik indie inilah yang coba diangkat kembali oleh Akademi Samali. Dalam rangka memperingati 10 tahun perjalanan Akademi Samali, selaras dengan 20 tahun perjalanan komik indie Indonesia, Bentara Budaya Jakarta bekerja sama dengan Akademi Samali menyelenggarakan pameran Retrospektif Komik Indie. Pameran Retrospektif Komik Indie adalah sebuah pameran yang menampilkan 20-an karya komikus Indonesia yang berkarya dalam komik indie. Selain pameran, juga ada lokakarya, bincang-bincang, pemutaran film, dan bazar komik. Semua ini diadakan agar masyarakat lebih mengenal karya-karya komik indie Indonesia yang tidak kalah dengan komik industri, bahkan dengan komik luar negeri sekalipun.

komik indonesia (4)

Komik indie Indonesia muncul dan dikenal sejak 1995 dan sering disebut sebagai komik alternatif, komik gerilya, komik underground, hingga kemudian muncul istilah indie, kependekan dari kata independen. Dua puluh tahun perjalanan komik indie melahirkan banyak komikus yang saat ini menjadi pelaku industri komik di Indonesia. Tumbuh pula produksi komik, sumber daya, penerbitan, dan aktivitas pendukung komik indie.

komik indonesia (12) komik indonesia (5) komik indonesia (3)

Volt dan Valentine Ramaikan Booth Skylar Comics

Skylar Comics, kembali membuka Booth di Jakarta Toys & Comics Fair 2015. Ada meet & greet serta signing session Marcelino Lefrandt bersama Aswin MC Siregar
Baca Juga

Pameran dibuka oleh Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf pada Kamis 7 Mei 2015. Dalam pembukaannya, Bapak Triawan Munaf mengungkapkan bahwa ia telah mengenal komik sejak masih kecil. Bahkan ia mengakui bahwa anaknya, Sherina Munaf, senang menggambar, dan bisa jadi bakatnya itu akan dilanjutkan ke sekolah yang lebih tinggi. Pada dasarnya Beliau menyambut baik keberadaan komik industri dan komik indie di Indonesia, yang terpenting adalah semangat anak-anak muda berkreasi dalam dinamika komik di Indonesia.

komik indonesia (1) komik indonesia (11) komik indonesia

Pameran Retrospektif Komik Indie akan berlangsung dari 7 Mei – 16 Mei 2015 di Bentara Budaya Jakarta, Jl Palmerah Selatan No 17 Slipi – Jakarta Selatan.

Komikus:

komik indonesia (2) komik indonesia (7)

komik indonesia (6) komik indonesia (13)


SHARE
Previous article10 Hal Baru Yang Kita Dapatkan dalam One Piece 785!
Next articleIngin Dapat G-Cash Gratis? Ikuti Event May Parade dari Gemscool!
Toto yang merupakan pemerhati dunia komik dan game ini pernah menjalani karier sebagai editor buku anak selama 3 tahun. Bekerja dalam dunia anak membuat jiwa mudanya selalu ada dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini, orang yang melanjutkan karier nya sebagai perancang pameran ini suka bereksplorasi seni melalui tulisan dan gambar (desain), yang kebanyakan terinspirasi dari berbagai komik dan game kesukaannya.